PMKM Mahasiswa Universitas Pamulang Berkreasi Membuat Kerajinan Mozaik

PMKM Mahasiswa Universitas Pamulang

Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa Al-Ikhwaniyah, Pamulang Bar. Kec.Pamulang , Kota Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu (10/10/2021). PMKM (Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Akuntansi Universitas Pamulang yang diketuai oleh Liana Apriliana dan tiga anggota kelompok yaitu Arvenia Roly, Ayu Lestari dan Nuryati Apridah. dibimbing langsung oleh Bpk Rananda Septanta S.E.I., M.Ak., selaku Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang bersama anak asuh Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa Al-Ikhwaniyah.

Kegiatan ini disambut dengan baik oleh pengurus Yayasan dan anak-anak asuh Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa Al-Ikhwaniyah. Kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini dilakukan bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas anak-anak di masa adaptasi kebiasaan baru dengan membuat kerajinan mozaik dari bahan daur ulang. Kegiatan yang diawali dengan sambutan dari Ketua tim Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat kemudian dilanjutkan dengan Pengenalan kerajinan mozaik sederhana.

Baca Juga: Komunitas Penerima Beasiswa LPDP Gelar Pelatihan Teknik Fotografi

Bacaan Lainnya
DONASI

Bahan yang digunakan:

  1. Kertas origami
  2. Daun kering
  3. Karton
  4. Lem
  5. Gunting
  6. Pensil untuk menggambar pola.

Proses pembuatan:

 Dilanjutkan dengan proses pembuatan, cara membuat kerajinan mozaik dimulai dengan menggambar pola di kertas. Lalu memotong bahan untuk di tempel dengan berbagai macam bentuk, Seperti bentuk segitiga, persegi atau lingkaran. Selanjutnya di lem menggunakan lem Fox atau lem keras dan di tempel pada pola yang sudah ada, lalu menggunakan karton untuk memajang karya mozaiknya.

Baca Juga: Hak Kekayaan Intelektual di Bidang Industri

Pembuatan kerajinan mozaik oleh anak asuh

Selanjutnya membuat kerajinan mozaik sederhana oleh anak-anak dibantu oleh anggota PMKM. Mereka mengikuti pola yang sudah ada dan ada juga yang berkreasi dengan pola buah-buahan. Pola yang di contoh oleh anggota kelompok adalah pohon yang di hiasi oleh potong kertas berwarna.

Anak-anak sangat antusias dengan kegiatan ini dilihat dari cara mereka menggambar pola dan bertanya mengenai apa saja pola yang dapat di buat. Setelah membuat kerajinan mozaik anggota kelompok melakukan penilaian dari hasil karya anak-anak. Anak yang membuat pola yang rapih dan unik mendapatkan hadiah.

Akhir kegiatan PMKM

Dan diakhiri dengan sedikit Quis berhadiah dan foto bersama dengan Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa Al-Ikwaniyah. Perwakilan Yayasan mengapresiasi kegiatan PMKM yang dilakukan oleh mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Akuntansi Universitas Pamulang. Dengan harapan, semoga dengan adanya kegiatan PMKM ini, dapat menumbuhkan rasa empati dan memberikan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga: Kesiapan E-Commerce Industri Kreatif selama Pandemi COVID-19 di Indonesia

Para mahasiswa juga berterima kasih kepada anak – anak asuh yang sudah menyediakan waktu untuk terlaksananya Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini. Dan juga kepada pengurus Yayasan Cinta Yatim dan Dhuafa Al-Ikwaniyah yang telah mengizinkan acara ini berlangsung di tempat yang sangat hangat dan menyenangkan.

Dalam melaksanakan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat ini para mahasiswa/i sudah divaksinasi dan peserta mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga kebersihan. Semoga dengan adanya kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Akuntansi Universitas Pamulang dapat memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan negara Indonesia.

Arvenia Roly
Ayu Lestari
Nuryati Apridah
Liana Apriliana
Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Pamulang

Editor: Diana Pratiwi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI