Program Bimbingan Belajar Ceria Sukses Membuat Anak-anak Menur Pumpungan Produktif di Hari Libur

Anak-anak Menur Pumpungan
Dokumentasi Kegiatan bersama Anak-anak Menur Pumpungan (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Pendidikan merupakan hal yang penting untuk semua orang, dengan pendidikan kita dapat melahirkan generasi yang cerdas dan dapat di banggakan. Untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berakhlak baik, para warga Menur Pumpungan juga bekerja sama dengan karang taruna dengan mengadakan bimbingan belajar untuk anak anak warga Menur Pumpungan.

Program Bimbingan Belajar Ceria yang diadakan oleh Ketua RW 09 Kelurahan Menur Pumpungan Kecamatan Sukolilo (Nasrudin Hamzah) telah berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat. Program ini telah meningkatkan akses pendidikan, partisipasi masyarakat, keterampilan dan juga kemampuan, serta mencegah kenakalan remaja dan menjadikan anak-anak mempunyai kegiatan produktif di hari libur.

Bacaan Lainnya
DONASI

Bimbingan Belajar Ceria yang dilaksanakan di balai RW 09 terselenggarakan secara gratis. Agar semua anak-anak di wilayah Menur bisa mendapatkan pembelajaran yang sama.

Kegiatan ini sangat bagus. Selain itu, kegiatan ini bertujuan agar anak-anak di wilayah RW 09 lebih produktif dan mengurangi bermain hp di setiap akhir pekannya“, tanggapan ketua koordinator bimbingan belajar ceria.

Materi bimbingan belajar yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan dan jenjang pendidikan peserta, meliputi mata pelajaran umum seperti Bahasa Indonesia, Matematika, PKN, dan juga mata pelajaran muatan lokal.

Dirilis mulai tanggal 1 Juni 2024, di balai RW 09 Kelurahan Menur Pumpungan telah me-launching Progam Bimbingan Belajar Ceria secara gratis. Kegiatan ini selenggarakan oleh Bapak Nasrudin Hamzah selaku ketua RW 09 di Menur Pumpungan dengan pemuda-pemudi Kkarang Taruna.

Masyarakat setempat sangat antusias dengan program tersebut dan juga turut dihadiri oleh para warga Menur Pumpungan. Ada sebanyak 25 anak yang mengikuti kegiatan ini sebagai awal di launching-nya program bimbingan belajar. Nantinya kegiatan bimbingan belajar akan dibagi sesuai dengan tingkat kelas mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 Sekolah Dasar.

Baca juga: Melalui Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa UTM Adakan Pendampingan Kegiatan Belajar Mengajar dengan Menggunakan Media Pembelajaran Tiga Dimensi di Kelas 3 UPT SDN 236 Gresik

Bimbingan Belajar Ceria ini dilakukan setiap hari sabtu dan minggu, ada sesi untuk setiap kelasnya untuk sesi 1 (kelas 1-2) pukul 09.00 – 10.30, sesi 2 (kelas 3-4) pukul 10.30 – 11.30, sesi 3 (kelas 5-6) pukul 11.30-13.00 kegiatan ini dilaksanakan selama 1,5 jam di Balai RW 09.

Adanya berkolaborasi dengan Karang Taruna membuat anak-anak semangat belajar karena pembelajaran menjadi asik dan seru. Karang Taruna berperan aktif dalam program ini dengan menjadi mentor. Bapak Nasrudin melibatkan Karang Taruna dalam program ini agar kegiatan Karang Taruna bertambah tidak pada kegiatan agustusan saja.

Kegiatan ini diadakan supaya anak-anak bisa lebih produktif dan juga dapat disimpulkan bahwa memberikan bimbingan belajar pada anak-anak di Menur Pumpungan sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman belajar anak.

Selain itu, dengan adanya bimbingan ini anak-anak dapat dengan mudah mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru karna dibimbing oleh para remaja Karang Taruna juga aktif dalam menjawab pertanyaan -pertanyaan yang di ajukan oleh anak-anak yang tidak memahami materi yang diberikan. Sehingga, dalam hal ini bimbingan belajar dapat meningkatkan pemahaman belajar anak-anak di Menur Pumpungan.

 

Penulis:

  1. Adis Dewanti Rachmanda
  2. Nur Aziizah Ramadani
  3. Alicia Indriani P
  4. Anindya Gustria Nirwasita
  5. Tanaya Kirana P

Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.