Sistem Pengendalian Manajemen dalam Perusahaan (BUMN) PT. Pertamina

PT. Pertamina
PT. Pertamina (Sumber: Penulis)

Sejarah PT. Pertamina

PT Pertamina (Persero) merupakan salah satu perusahaan besar BUMN di Indonesia. Perusahaan BUMN ini bergerak dibidang perminyakan.

Bisnis yang dijalankan oleh PT Pertamina (Persero) ialah pengolahan minyak yang dimulai dari hulu hingga hilir dan pemasaran. Oleh karena itu, PT Pertamina (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang paling berpengaruh terhadap laju perekonomian negara Indonesia.

Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang membutuhkansuatu bahan hasil dari pengolahan minyak yang dijalankan oleh PT. Pertamina (Persero) untuk menjalankan bisnisnya. Oleh karena itu, tidak jarang perusahaan-perusahaan di Indonesia melakukan kerjasama terhadap perusahaan besar ini.

Bacaan Lainnya
DONASI

Selain dalam bentuk kerjasama, ada juga perusahaan atau suatu instansi di Indonesia yang hanya membeli produk-produk yang di pasarkan oleh PT Pertamina (Persero).

Pertamina memiliki tanggung jawab besar untuk menyediakan pasokan energy yang handal dan berkelanjutan kepadamasyarakat Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut PT Pertamina perlu memiliki sistem pengendalian manajemen yang efektif.

Visi, Misi, dan Tujuan

Berikut ini merupakan visi dari PT Pertamina (Persero) Tbk. adalah:

  1. Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia.
  2. Menjalankan usaha LPG dan produk turunannya yang meliputi penerimaan, penimbunan, pendistribusian, dan pemasaran yang terintegrasi berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat.
  3. Mempertahankan posisi sebagai market leader bisnis LPG dan produkturunannya dalam negeri.
  4. Memberikan layanan dan benefit terbaik kepada stakeholder

Berikut ini merupakan misi dari PT Pertamina (Persero) Tbk. adalah:

  1. Menjalankan usaha minyak, gas, serta energi baru dan terbarukan secaraterintegrasi, berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat.
  2. Menjalankan usaha inti minyak, gas, bahan bakar nabati serta kegiatan pengembangan, eksplorasi, produksi serta niaga energi baru dan terbarukan(new and renewable energy) secara terintegrasi, berdasarkan prinsip-prinsipkomersial yang kuat.

Tata Nilai PT Pertamina (Persero) Tbk. adalah:

1. Clean (Bersih)

Dikelola secara profesional, menghindari benturan kepentingan, tidak mentoleransi suap, menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas. Berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.

2. Competitive (Kompetitif).

Mampu berkompetisi dalam skala regional maupuninternasional, mendorong pertumbuhan melalui investasi, membangun budaya sadar biaya dan menghargai kinerja.

3. Confident (Percaya Diri)

Berperan dalam pembangunan ekonomi nasional, menjadi pelopor dalam reformasi BUMN, dan membangun kebanggaan bangsa.

4. Customer Focused (Fokus Pada Pelanggan)

Beorientasi pada kepentingan pelanggan, dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

5. Commercial (Komersial).

Menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial, mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.

6. Capable (Berkemampuan).

Dikelola oleh pemimpin dan pekerja yang profesional dan memiliki talenta dan penguasaan teknis tinggi, berkomitmen dalam membangun kemampuan riset dan pengembangan.

Pengarangan dan Keuangan

Prosedur penyusunan anggaran PT. Pertamina (Persero) diawali dengan melakukan penyusun konsep anggaran oleh masing-masing asisten manajer kemudian dibahas dalam rapat divisi, hasil rapat diserahkan kepada direksi untuk disetujui, direksi melakukan rapat dan menghasilkan keputusan yang kemudian keputusan diserahkan kepada Direktorat Keuangan untuk dicairkan, Direktorat Keuangan menyampaikan dana kepada masing-masing divisi.

Baca juga: Prospek Merger 3 Bank Syariah BUMN

Perencanaan strategis

Korporasi (Corporate) PT. Pertamina (Persero) Tbk. Sering dijumpai bahwa sebuah organisasi memiliki lebih dari satu unit bisnis atau unit kegiatan. Bisnis-bisnis yang digeluti organisasi tersebut mungkin semuanya ditujukan untuk mengejar keuntungan (profit oriented) atau kegitan sosial (non profit/social oriented) ataupun gabungan keduanya.

Strategi korporasi ditentukan oleh organisasi induknya. Jadi strategi korporasi meliputi strategi yang dapat dilakukan oleh managemen dengan orientasi pengembangan strategi secara makro. Strategi korporasi terdiri dari strategi korporasi bisnis tunggal dan strategi korporasi multibisnis.

Strategi korporasi bisnis tunggal adalah strategi korporasi yang berorientasi pada pertumbuhan dan industri yang akan menjadi tempat bersaing, sedangkan strategi korporasi multibisnis tidak hanya berorientasi pada pertumbuhan dan industri yang akan menjadi tempat bersaing, tetapi juga pengelolaan unit-unit bisnisnya untuk men.

Adapun strategi dan sasaran strategi Perusahaan PT Pertamina(Persero) Tbk. adalah:

a. Strategi Perusahaana

  1. Memfokuskan pada usaha inti, di bidang minyak, gas, dan bahan bakar nabati.
  2. Meletakkan landasan komersial sebagai pertimbangan terpenting dalamsemua keputusan bisnisnya.
  3. Menerapkan prinsip-prinsip tata kelola korporasi setara dengan perusahaan publik.
  4. Mempekerjakan sumber daya manusia terbaik di bidangnya, baik dari dalam maupun dari luar negeri capai sinergi.
  5. Membangun lingkungan bisnis yang sehat bersama mitra bisnis yang profesional, terpercaya, dan berintegritas.
  6. Melakukan investasi untuk menopang pertumbuhan, dengan kemampuansendiri maupun bekerjasama dengan mitra bisnis yang terpercaya.
  7. Membangun kemampuan teknologi, riset, dan pengembangan bersamadengan perguruan tinggi dan lembaga ilmu pengetahuan lainnya.

b. Sasaran Strategi Perusahaan

Dalam lima tahun mendatang, Pertamina berkomitmen untuk mencapaisasaran strategis sebagai berikut:

  1. Menjadi produsen minyak dan gas, dan penyedia produk turunan minyakdan gas terbesar di Indonesia
  2. Memiliki unit-unit pengolahan dengan tingkat kehandalan, efisiensi, dand aya saing
  3. Merupakan pemasok bahan bakar, bahan baku, dan produk turunanminyak dan gas yang handal, menjadi pemimpin pasar, dan memiliki jaringan infrastruktur berdaya saing
  4. Menjadi perusahaan penyedia produk minyak dan gas yang menerapkan standar pelayanan tinggi kepada pelanggan.
  5. Menjadi perusahaan nasional yang menghasilkan keuntungan terbesar,yang mampu membiayai investasinya secara pruden dan memberikan kontribusi signifikan kepada keuangan negara.
  6. Merupakan perusahaan yang menerapkan sistem informasi dan teknologi mutakhir untuk mendorong efisiensi dan transparansi operasi,menerapkan sistem keselamatan dan kesehatan kerja, dan lindung lingkungan berstandar tinggi, dan menjadi tempat bekerja pilihan bagi SDM berkualitas.
  7. Menjadi pusat lingkungan bisnis yang sehat, dan pusat sumber daya minyak dan gas dengan kemampuan riset dan pengembangan yang tinggi.

Pelaksanaan Pengukuran Kinerja

Pelaksanaan pengukuran kinerja atas penerapan GCG merupakan aktivitas tak terpisahkan dalam penerapan Tata Kelola Perusahaaan Yang Baik, sejalan dengan kebijakan Pertamina (Persero). Pertamina EP Berkomitmen untuk selalu melaksanakan penilaian GCG baik yang bersifat Asesmen Mandiri maupun asesmen oleh pihak Independen.

Pertamina EP secara berkesinambungan melaksanakan uji nilai (assessment) yang dilakukan pihak independen. Assessment dimaksudkan sebagai evaluasi dalam upaya meningkatkan penerapan dan pelaksanaan tata kelola perusahaan.

Sesuai Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor: PER-01/MBU/2011 tanggal 1 Agustus 2011, assessment dilaksanakan setiap dua tahun sekali. Assessment terakhir dilakukan pada tahun 2017 oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Laporan Hasil Assessment Good Corporate Governance Pertamina EP Tahun 2017 No. LGCG-55/D404/3/2018 tanggal 12 Maret 2018 menunjukkan capaian perusahaan (skor) 84, 52 dari bobot maksimal 100. Hal tersebut masuk dalam kategori ”BAIK”.

Pengawasan dan Evaluasi kinerja

Sistem pengaduan melalui WBS ini sudah diterapkan sejak 2008 dan merupakan salah satu parameter dalam penilaian Good Corporate Government yang ditetapkan Pemerintah. Kami membuka diri menerima pengaduan publik. Masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengadukan pelanggaran yang dilihat atau didengar secara langsung, karena setiap pelaporan dapat dilakukan secara anonym tanpa publikasi identitas pelapor”.

Selain itu, evaluasi kinerja sangat penting untuk menilai akuntabilitas organisasi dalam menghasilkan layanan publik. Akuntabilitas bukan sekedar kemampuan untuk menunjukkan bagaimana uang ihasilkan belanja publik, namun juga mencakup apakah uang tersebut dibelanjakan ekonomis, efektif dan efisien

Kesimpulan

Pertamina (Persero) Tbk. sendiri merupakan salah satu perusahaan negara yang menguasai sektor penting/vital di Indonesia. Hal ini dikarenakan PT. Pertamina (Persero) Tbk. bertanggung jawab memenuhi kuota bahan bakaryang dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Selain itu, PT. Pertamina (Persero) Tbk. juga sangat bergantung kepada pemerintah karena BBM yang merupakan hajat hidup orang banyak, benar-benar harus dikelola dengan sebaik mungkin.

Tujuan perusahaan adalah mempertahankan kepemimpinan pasar dalam menyediakan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia, memperkuat posisinya sebagai perusahaan penyedia Bahan Bakar Minyak (BBM) berkelas dunia, dan menjadi pemain global dalam industri Bahan Bakar Minyak (BBM) dunia.

Strategi perusahaan dalam mengimplementasikan visi dan misinya yaitudengan melalukan strategi korporasi (Corporate) dan unit bisnis serta strategi lainnya yang mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Tanggung jawab sosial.

Perusahaan didedikasikan dalam bentuk suatu program yang disebut sebagai Corporate Social Responsibility (CSR).dalam program (CSR) tersebut termuat berbagai program sosial di antaranya adalah Pertamina dan Pendidikan, Pertamina Dansociety, Pertamina dan Kesehatan, Pertamina dan Lingkungan, Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, dan Pertamina Foundation.

 

Penulis: Titin Sutinah
Mahasiswa S1 Akuntansi Pajak, Universitas Pamulang

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI