Sistem Pengendalian Manajemen PT Unilever Indonesia Tbk

Pendahuluan

1. Latar belakang

Sistem adalah sekumpulan elemen fungsional yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pengendalian merupakan fungsi manajemen untuk memastikan apakah sumber daya manusia telah bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya sehingga tujuannya dapat tercapai.

Manajemen adalah suatu proses yang mengatur kegiatan atau perilaku untuk mencapai tujuan utama suatu organisasi melalui proses perencanaa, pengorganisasian, pengelolaan dan pengawasan sumber daya secara efektif dan efisien.

Menurut Mulyadi (2011:3), pengertian Sistem Pengendalian Manajemen adalah suatu sistem yang digunakan untuk merencanakan sasaran masa depan suatu perusahaan atau organisasi dan memantau pelaksanaan rencana yang telah ditetapkan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca juga: Cara Publikasi Artikel, Tulisan, Berita dan Opini ke Media Online: 100% Terbit

Dapat disimpulkan pengertian dari Sistem Pengendalian Manajemen adalah Suatu sistem yang digunakan untuk mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan tugas di suatu perusahaan. Sistem pengendalian manajemen ini menjadi sarana bagi pengendalian manajemen yang akan menunjang pelaksanaan pengendalian dalam perusahaan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai.

2. Tujuan

Tujuan Makalah Sistem pengendalian manajemen PT Unilever Indonesia Tbk ini untuk melihat dan memahami tingkat informasi manajemen pengendalian di PT Unilever Indonesia Tbk dan untuk memenuhi tugas ujian akhir semester.

3. Manfaat

Manfaat Sistem Pengendalian Manajemen PT Unilever Indonesia Tbk

1. Dapat mengetahui sudah sejauh mana program uang sedang dilakukanoleh perusahaan, juga dapat melihat apakah sudah sesuai dengan standar serta rencana kerja yang telah ditetapkan.

2. Dapat mengetahui jika ada berbagai penyimpangan yang terjadi dalam proses pengerjaan suatu aktivitas.

3. Dapat mengetahui bagaimana waktu serta sumber daya yang disediakan dapat tercukupi serta dimanfaatkan oleh perusahaan dengan baik.

Pembahasan

1. Pembahasan 

Unilever Indonesia Tbk merupakan perusahaan multinasional yang kantor pusatnya berkedudukan di Rotterdam, Belanda dan London, Inggris. Unilever didirikan pada 5 Desember 1933 dengan nama Lever’s Zeepfabriek N.V.

Pada 22 november 2000, Unilever Indonesia mengadakan perjanjian dengan PT Anugerah Indah Pelangi, untuk melakukan konsolidasi perusahaan dengan mendirikan perusahaan  aru yaitu PT Tecnhopia Lever hyang bergerak di bidang distribusi, ekspor, dan impor barang dengan merek dagang domestos nomos.

Baca juga: Upaya Melawan Budaya Patriarki untuk Memberikan Perempuan di Ruang Politik Indonesia

Pada November 2003, Unilever Texchem Resources Berhad menandatangani perjanjian jual beli saham dengan Texchem Resources Berhad setuju untuk menjual semua sahamnya di PT Tecnhopia Singapore Pte. Ltd. Pada 30 Juli 2004, PT Unilever Indonesia bergabung dengan PT KI.

Merger dicatat dengan menggunakan metode penyatuan kepemilikan, pada 2007 perusahaan menandatangani perjanjian bersyarat untuk membeli merek ‘Buavita’ dan ‘Gogo’, minuman Vitality berbasis buah dari Ultra. Transaksi selesai pada Januari 2008.

2.Isi

Proses Pengendalian Manajemen PT. Unilever Indonesia Tbk

1. Penyusunan Program (Programming)

Pada tahap ini perusahaan menentukan program yang akan dilaksanakan dan memperkirakan sumber daya yang akan dialokasi untuk setiap program perusahaan yang telah ditentukan dari awal.

2. Penyusunan Anggaran (Budgeting)

Perusahaan merencanakan anggaran untuk suatu periode tertentu, anggaran ini dilakukan berdasarkan kumpulan anggaran dari pusat pertanggungjawaban.

3. Pelaksanaan dan Pencatatan (Operating and Accounting)

Tahap ini dilakukan pencatatan mengenai berbagai sumber daya yang digunakan oleh perusahaan pada proses pembuatab produk serta pendapatan yang dihasilkan perusahaan.

4. Pelaporan dan Analisa (Reporting and Analysis)

Pada tahap ini, perusahaan melaporkan baik data akuntansi maupun data analisis laporan pertanggungjawaban, dengan harapan dan tujuan perusahaan dapat tercapai.

Penutup

1. Kesimpulan

Pengendalian manajemen adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan tugas di suatu perusahaan, menjadi sarana untuk pengendalian manajemen yang akan menunjang pelaksanaan pengendalian di dalam perusahaan sehingga tujuan nya dapat tercapai.

Sistem pengendalian manajemen pada PT. Unilever Indonesia Tbk, dapat dikatakan cukup baik. Hal ini terlihat dari tanggung jawab atas pengelolaannya sehingga dapat memenuhi segala tuntutan konsumen.

2. Saran

Dalam makalah ini dijelaskan bahwa Sistem  Pengensalian Manajemen PT. Unilever Indonesia Tbk sudah cukup baik, hal tersebut harus tetap di pertahankan oleh perusahaan dan melakukan perkembangan agar perusahaan bisa bertahan menjadi perusahaan nomor 1 Custumer goods di Indonesia.

Penulis menyarankan agar PT Unilever Indonesia, selalu meningkatkan Sistem Pengendalian Manajemen dan Corporate Governance karena diyakini dapat memperkuat daya saing perusahaan secara berkesinambungan.

Baca juga: Smart Home: Rumah Masa Depan dengan Konsep Teknologi dapat Memberi Kenyamanan Penghuni

Penulis: Kristina Timu Welan

Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Universitas Pamulang

Editor: Anita Said

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Daftar Pustaka

(wahjono, 2023) (anna) (anna, 2022) (darmawan, 2019) (wahyuni, 2022) (rindiasih & rindiasih, 2022) (Rachmawaty, 2022) (Telaumbanua, 2024) (Hati, 2023)

Ikuti berita terbaru di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI