Strategi Jitu Media Relations dalam Membangun Citra ala Hotel Gunawangsa

Strategi Jitu Media Relations
Dokumentasi Acara Media Relations (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menyelenggarakan acara praktikum Media Relations. Acara tersebut diselenggarakan di Hotel Gunawangsa Merr Surabaya pada hari Jum’at (15/12/2023).

Kegiatan yang digelar ini mengangkat tema “Strategi Media Public Relations” yang memiliki tujuan untuk meningkatkan citra perusahaan dengan bekerja sama melalui media-media.

Acara tersebut menghadirkan Dimas Aditya Fernanda sebagai pemateri sekaligus Public Relations atau humas dari Hotel Gunawangsa.

Pemateri tersebut yang juga merupakan alumni mahasiswa ilmu komunikasi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya angkatan 2017 menjelaskan materi tentang implementasi di sebuah perusahaan.

Tak hanya itu, pemateri tersebut juga membagikan cara menyelesaikan masalah dengan melakukan beberapa tahap, memberikan cara bagaimana membranding sebuah hotel serta cara menjadikan hotel bisnis ke hotel liburan.

Tahap pertama yaitu mencari masalahnya dulu yang diambil yaitu dari review pengunjung Hotel Gunawangsa. kedua yaitu planning dan programming jadi mereka melakukan strategi dan merancang seperti meningkatkan pelayanan hotel caranya mencari komen-komen positif, kemudian memudahkan tamu untuk memberi review lalu memberikan benefit seperti mendapat tambahan point/koin dan program yang paling terakhir adalah evaluasi,” ucap Dimas.

Selain itu, pemateri juga membahas kerja sama dengan KOL (Key Opinion Leader) untuk meningkatkan insight dan membahas konsep Hotel Gunawangsa yang ada di beberapa tempat seperti di jalan Manyar, Merr, Tidar, dan Gresik.

Caranya bekerja sama dengan KOL yang kita maksud jadi ngundang orang yang suka review-review staycation seperti konten creator, jadi di lantai 5 punya infinity pool,” ujar Dimas.

Serangkaian acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa ilmu komunikasi kelas B dan kelas D mata kuliah Media Relations. Ketua pelaksana mengungkapkan keuntungan mahasiswa yang berpartisipasi dalam acara ini.

Benefit yang diperoleh pada acara praktikum ini mahasiswa tidak hanya mendapatkan ilmu yang bermanfaat, tetapi juga mendapatkan pengalaman untuk menjadi seorang Public Relations yang baik dan professional yang dapat diterapkan di dunia kerja mendatang,” ungkap Almira.

Praktikum Media Relations ditutup dengan penampilan band akustik dari mahasiswa kelas Ilmu Komunikasi Untag Surabaya.

 

Penulis: Hilmy Maulana Muhibin
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI