Ternyata Pandemi Memiliki Pengaruh Positif Terhadap Psikologis Seseorang, Lho!

Pengaruh Positif Pandemi

Jumlah kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir meningkat dengan pesat. Guna memutus rantai penyebaran virus, banyak daerah melakukan pembatasan sosial berskala besar. Dengan misi yang serupa, pemerintah pusat menetapkan agar beberapa jenis pekerjaan dilakukan dari rumah.

Lalu, Apa Dampak Positif dari Pandemi Ini?

Mungkin masyarakat terlalu berfokus kepada hal-hal mengenai Covid-19 yang banyak merugikan kita. Banyak juga dari kita yang mengeluh bahwa kegiatan dari rumah itu membosankan dan melelahkan. Akan tetapi, banyak hal yang belum kita sadari bahwa kegiatan work from home itu ternyata banyak manfaatnya. Artikel ini akan membahas tentang apa saja hal positif dari adanya pandemi Covid-19 ini.

Sebelum adanya pandemi, kita sering makan sembarangan dan tidak pernah memerhatikan kebersihan, terutama kebersihan tubuh sendiri. Cuci tangan dengan sabun merupakan hal sepele, tetapi sangat jarang kita lakukan. Namun saat ini, kita menjadi lebih memperhatikan kesehatan dan kebersihan diri karena takut terpapar virus korona.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Tantangan dan Peluang Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

Dari segi perekonomian, banyak sekali bisnis di luar sana yang merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Penghasilan menurun seiring dengan turunnya intensitas pembelian konsumen. Tidak hanya pedagang kecil atau bisnis rumahan saja, tetapi juga bisnis-bisnis yang memiliki nama besar juga merasakan dampak dari pandemi ini.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa terdapat bisnis yang semakin maju dengan adanya pandemi? Contohnya produksi masker, jumlah permintaan produk masker mengalami kenaikan yang cukup besar. Tidak hanya masker, produksi antiseptik dan antibakteri seperti  handsanitizer juga mengalami hal yang sama. Penjual dan distributor alat kesehatan juga merasakan dampak baiknya. Walaupun dunia kesehatan sedang mengalami krisis yang cukup besar, tetapi alat-alat kesehatan sedang sangat dibutuhkan pada saat ini.

Dampak Positif Pandemi Bagi Mahasiswa

Saat ini, banyak mahasiswa yang mulai mengeluh karena pembelajaran dilakukan secara daring. Banyak juga kegiatan perkuliahan yang akhirnya terhambat karena adanya pandemi ini. Hal itu dirasakan mulai dari mahasiswa baru hingga mahasiswa tingkat akhir.

Menurut Tallita Almira Harvy, mahasiswi tingkat akhir di Binus University, ia juga merasakan pengaruh dari pandemi ini. “Banyak kegiatan yang sudah direncanakan terhambat, seperti saya kesulitan mendapatkan tempat magang, tidak bisa bersosialisasi ke luar rumah seperti biasanya, dan saya harus mengatur ulang rencana yang tidak dapat diwujudkan saat ini akibat terhambat” ucapnya.

Baca Juga: Manfaat Berpikir Positif Bagi Kesehatan Selama Pandemi COVID-19

“Tetapi ada juga hal positif meski kita melakukan kegiatan di rumah saja. Awalnya kita mungkin merasa kesal karena pandemi dapat menghambat kegiatan kita, tapi seiring berjalannya waktu, tanpa kita sadari banyak juga kegiatan yang dapat dilakukan diluar dari rencana. Self-control pun penting untuk menerima di saat rencana kita atau sesuatu yang kita harapkan tidak bisa terwujud atau terhambat,” tambah Tallita.

Meskipun demikian, Tallita menyatakan bahwa dia juga merasakan dampak positifnya. “Akibat berada di rumah terus menerus, seketika saya bisa lebih fokus mengevaluasi dan mengembangkan diri saya melalui kegiatan-kegiatan positif diluar perkuliahan yang bisa dilakukan di rumah saja, seperti saya mengenal meditasi, bisa menyelesaikan banyak buku, berolahraga rutin, dan kursus menjahit” katanya.

Banyak cara untuk membuat kita nyaman berada di rumah dalam waktu yang lama, seperti melakukan hobi dan melakukan kegiatan baru. Tallita juga memiliki caranya sendiri untuk membuat dirinya nyaman dan betah berada dirumah. Ia rutin membersihkan dan menata ulang kamarnya. Selain itu, ia juga rajin mengelola jurnal agenda kegiatan setiap harinya karena dapat membantunya untuk tetap aware dan on track dengan kegiatannya setiap hari.

Work From Home Dapat Memengaruhi Psikologis Seseorang

Pada saat ini, selain kondisi fisik, kondisi psikologis tubuh kita juga harus diperhatikan karena pandemi Covid-19 dapat mempengaruhi psokologis seseorang. Ketika kondisi psikologis kita terganggu, imunitas tubuh kita pun dapat ikut terganggu.

“Secara umum membuat orang lebih waspada, kecemasan dan tingkat kepanikannya meningkat. Untuk orang-orang yang memiliki gangguan psikologis seperti kepanikan yang berlebih bisa nambah meningkat, sedangkan orang yang tadinya biasa-biasa saja bisa jadi paranoid” ujar Ibu Diana Marthalena Usman, M.M.Psikolog, yang merupakan seorang psikolog di PIBI Consulting. Oleh karena itu, jika kita tidak menjaga kondisi psikologis kita, bisa saja secara tidak sadar kita terpapar oleh virus korona.

Bagaimana Cara Menjaga Kondisi Psikologis Kita?

Jika kita senang, maka psikologis kita akan terjaga. Dengan melakukan kegiatan yang membuat kita senang, maka kondisi psikologis kita akan baik-baik saja selama pandemi. Tentunya, kegiatan tersebut tetap dilakukan di dalam rumah.

“Selain kita bisa meningkatkan kualitas bersama keluarga, orang tua bisa lebih kreatif seperti permainan yang anak-anak belum pernah mainkan. Mencari kegiatan yang melibatkan seluruh keluarga. Kemudian bisa juga menuangkan hobi seperti bercocok tanam atau olahraga yang belum bisa dilakukan dan hobi-hobi lainnya. Lalu bisa juga meningkatkan kualitas ibadahnya seperti khatam Al-Qur’an,” kata Ibu Diana soal kegiatan positif yang bisa kita lakukan di rumah.

Baca Juga: Pentingnya Bergaya Hidup Sehat di Masa Sekarang

Ternyata banyak kegiatan positif yang dapat kita lakukan selama di rumah jika kita bisa memanfaatkan waktu secara maksimal. Jika diperhatikan, hal ini juga merupakan dampak positif dari pandemi untuk kita. Daripada sibuk dengan berita atau hal-hal tentang virus corona yang membuat kita menjadi panik, lebih baik kita fokus terhadap sesuatu yang bermanfaat bagi kita.

Untuk melakukan stay at home tidak sulit, bukan? Ayo kita lindungi diri kita dan keluarga dari penyebaran virus corona agar pandemi ini bisa cepat berlalu.

Ayu Salsabila Putri
Mahasiswa Institut Bisnis dan Komunikasi
London School of Public Relation (LSPR)

Editor  : Kurnia Putri Mirani

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI