Pilih Kursus atau Kuliah?

Pilih Kursus Atau Kuliah

Memahami perbandingan antara orang yang berhasil melalui pendidikan formal seperti kuliah dan orang yang berhasil melalui pendidikan non formal seperti Kursus. Terkadang membuat bingung sebagian besar orang yang ingin melanjutkan pendidikannya.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa kuliah lebih penting dibandingkan kursus dan sebaliknya ada juga pendapat yang mengatakan bahwa kursus lebih penting dibandingkan kuliah. Berbagai macam argumen mengenai perbandingan kursus dan kuliah seolah tidak ada habisnya.

Pada pembahasan ini saya akan mencoba mengulas sedikit mengenai perbandingan kursus dan kuliah, apa saja kelebihan dan kekurangan yang akan kita dapatkan ketika memilih melanjutkan pendidikan dengan kursus ataupun kuliah .

Bacaan Lainnya
DONASI

Kuliah merupakan jenjang tertinggi dari dunia pendidikan, yang di mana pada umumnya orang-orang yang berkuliah mempunyai tujuan untuk memperluas wawasan mereka. Di dalam dunia perkuliahan kita diharuskan memilih jurusan berdasarkan berbagai pertimbangan salah satunya minat dan bakat.

Untuk memulai kuliah diperlukan pengorbanan yang tidak sedikit, mulai dari menghabiskan biaya yang besar, waktu, tenaga, pikiran dan lain sebagainya. Sementara kursus merupakan pendidikan non formal yang dapat memberikan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, pengembangan diri, pengembangan profesi, modal kerja, usaha mandiri atau untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga: Kiat-kiat Menjadi Mahasiswa yang Mandiri

Selanjutnya, saya akan menjelaskan tentang bagaimana sih? Perbandingan kelebihan ataupun kekurangan dari jalur kursus maupun jalur kuliah yang saya gali dari beberapa sumber .

Pertama, saya akan membahas terlebih dahulu mengenai apa saja yang bisa kita dapatkan di dalam dunia perkuliahan. Dalam dunia perkuliahan selain bertujuan untuk memperoleh ilmu (hardskill), diharapkan juga bisa menjadi tempat pembentukan karakter (softskill), karena akan percuma apabila kita mempunyai ilmu dan wawasan yang luas tetapi memiliki karakter yang buruk.

Selain pembentukan karakter, ada juga beberapa hal yang bisa kita dapatkan dalam dunia perkuliahan, yaitu: pembentukan kemampuan berkomunikasi atau public speaking, dan kemampuan dalam membangun relasi.

1. Pembentukan Karakter

Selama berkuliah dan berinteraksi dengan lingkungan akademik, kita akan dilatih untuk menjadi pribadi yang bisa mengatur diri dan bertanggung jawab. Mahasiswa diberikan kebebasan dan keleluasaan dalam bertindak tapi ia juga harus siap menghadapi konsekuensi atas tindakan yang dilakukan.

Sebagai contoh, seorang mahasiswa bebas tidak mengikuti kuliah ataupun tidak mengerjakan tugas yang diberikan akan tetapi ia harus siap menerima konsekuensi mendapatkan Nilai E atau tidak lulus .

2. Kemampuan Komunikasi

Lingkungan kampus memungkinkan kita untuk berinteraksi secara luas dengan semua komponennya. kita dituntut untuk mengerti cara dan etika berkomunikasi dengan orang dalam lingkup berbeda, misalnya komunikasi dengan teman, dosen, dekan, rektor, Office Boy, dan lain-lain.

Baca Juga: Ingin Dapat IPK yang Tinggi? Coba Lakukan Cara Ini!

3. Membangun Relasi

Jangkauan dunia perkuliahan yang sangat luas memberikan mahasiswa kesempatan untuk dapat menjalin relasi dengan banyak orang dari berbagai pelosok Indonesia maupun mancanegara. Terutama ketika mahasiswa aktif dalam kegiatan kemahasiswaan ia bisa membangun relasi yang sangat luas, selama kegiatan mahasiswa bisa menjalin relasi dengan orang-orang dari industri, perusahaan, pemerintahan, TNI/Polri, BUMN, swasta, dan sebagainya. relasi yang terjalin selama perkuliahan dapat memudahkan mahasiswa nanti setelah lulus dan saat memasuki dunia pekerjaan.

Selanjutnya kekurangan dari memilih jalur kuliah, dalam dunia perkuliahan kita lebih banyak mendapatkan materi dan pengetahuan dibandingkan praktik.

Jadi, mungkin saja selama berkuliah kita akan cenderung diarahkan menjadi “GENERALIST” bukan “SPECIALIST”, di mana kita punya banyak pengetahuan tapi cenderung minim keahlian, hal ini menjadi cukup berbahaya apabila kita memasuki dunia pekerjaan nanti. selain itu kuliah juga membutuhkan biaya yang sangat banyak dan waktu yang tidak singkat.

Lalu bagaimana dengan jalur kursus?

man in blue jacket writing on white paper

Kursus mempunyai kelebihan tersendiri , dengan kursus kita dapat membentuk kompetensi atau skill dalam waktu yang cukup singkat, materi yang diajarkan dalam kursus juga bersifat praktis dan to the point, sehingga kita bisa langsung mempraktikkan ilmu yang kita dapat di lapangan.

Kelebihan lainnya adalah biaya yang dikeluarkan tidak banyak berbeda dengan kuliah yang harus membayar SPP dan biaya lainnya.

Sementara kekurangan dari kursus yaitu sertifikat atau ijazah yang diperoleh dari kursus tidak bisa digunakan untuk bekerja pada sektor-sektor formal seperti PNS, karyawan BUMN, dan sebagainya. Itulah sedikit penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari jalur kursus dan kuliah.

Baca Juga: Fenomena Tahunan, Mahasiswa Salah Jurusan

Menurut saya pribadi, kursus ataupun kuliah sama-sama memberikan hasil yang baik tergantung niat, usaha, dan tujuan masing-masing individu dalam menjalaninya.

Sebagai seorang yang memilih jalur kuliah atau menjadi mahasiswa alasan mengapa saya lebih memilih melanjutkan pendidikan saya lewat jalur kuliah, karena memang dari awal saya lebih tertarik ke kuliah dibanding kursus.

Selain itu saya pikir saya lebih membutuhkan ijazah kuliah untuk menunjang karier saya di masa depan, karena pekerjaan yang saya inginkan nanti tidak bisa dijangkau hanya dengan ijazah atau sertifikat kursus.

Saya juga lebih merasa cocok dengan dunia perkuliahan, walaupun memang waktu yang digunakan tidaklah singkat tapi saya dapat memanfaatkan waktu itu untuk membangun relasi sebanyak-banyaknya, mengenai biaya kuliah yang mahal, saya rasa untuk meraih kesuksesan kita memang harus rela mengorbankan banyak hal, baik itu waktu, tenaga maupun materi.

Saran saya bagi adik-adik yang baru lulus pendidikan menengah atas dan masih bingung memilih antara kuliah atau kursus. Semua itu kembali ke pribadi kalian masing-masing pilihlah apa yang memang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Jika kalian memang ingin langsung bekerja, maka saran saya kalian lebih baik mengambil jalur kursus, karena di tempat kursus nanti kalian lebih cepat mengasah skill dan kemampuan kalian dan juga bisa langsung mempraktikkan.

Tapi, jika kalian tidak terburu-buru untuk bekerja dan masih ingin membangun relasi dan mendapat banyak pengetahuan baru atau kalian ingin bekerja di perusahaan atau BUMN maka jalur kuliah menjadi pilihan yang tepat untuk kalian.

Apa pun pilihannya kursus maupun kuliah sama-sama memberikan yang terbaik semua itu kembali kepada pribadi kita masing-masing, jangan terpengaruh dengan orang luar, ataupun asal-asalan ikut teman, karena keberhasilan dan masa depan kita, ada di tangan kita sendiri.

Rahila Harningtyas M.A
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Diana Pratiwi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI