5 Referensi Web Kursus Online Gratis Untuk Para Mahasiswa

Sekarang, kita semua tahu bahwa manusia dituntut untuk semakin kreatif dan menguasai banyak hal. Apalagi sebagai mahasiswa, kita harus aktif untuk belajar banyak hal – hal baru agar semakin mudah mencari serta mendapatkan pekerjaan ketika lulus nanti. Tetapi untuk mengambil banyak kursus juga ternyata membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun ternyata, kini kamu tidak perlu pusing lagi karena sudah banyak web yang menyediakan kelas kursus gratis secara online dan hebatnya berbagai jenis kursus tersedia. Kursus online gratis ini, selain efisien dari segi biaya, juga dinilai efektif. Sebuah studi membuktikan kalau metode kursus online 25% lebih efektif dibandingkan metode tradisional, apalagi mengingat sekitar 34.9% masyarakat Indonesia telah mengakses internet setiap harinya. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengambil salah satu kelas kursus online, berikut 5 referensinya:
1. Coursera
Di sini kamu bisa menemukan berbagai kelas kursus online dari berbagai universitas ternama dunia karena Coursera memang menjalin kerjasama dengan mereka seperti Johns Hopkins, Stanford juga Duke University. Berbagai spesialisasi kursus tersedia, mulai dari Arts and Humanities hingga Physical Sciences and Engineering.
2. edX
Didirikan pada tahun 2012 lalu oleh Harvard University dan MIT, edX kini telah memiliki 90 partner global seperti Berkeley University, Australian National University (ANU) juga University of British Columbia (UBC) dalam menyediakan kursus online secara gratis. Tak perlu kebingungan untuk mencari kelas kursus yang diinginkan, karena kategori yang tersedia juga sangat lengkap.
3. Alison
Web ini mengklaim 14% dari peserta kursus online mereka pada tahun 2014 terbantu untuk mendapatkan pekerjaan baru, promosi dan tes masuk universitas. Sebanyak 7 juta orang telah menggunakan web ini untuk mengambil kelas kursus online mereka dan 750 kelas online terbuka untuk Anda.
4. Academic Earth
Sejak tahun 2008, Academic Earth telah didirikan dan menyediakan berbagai kelas online gratis untuk publik. Academic Earth juga bekerja sama dengan banyak universitas top dunia seperti NYU (New York University), University of Oxford serta Yale University.
5. Open Culture
Menyediakan lebih dari 1.200 kelas kursus online, Open Culture merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang mencari kursus online gratis dari universitas kenamaan dunia. Mereka juga menyediakan eBook juga textbook gratis untuk Anda.
PUTRI R. AYU

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI