Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Mengadakan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan Melalui Edukasi dan Produksi Pembalut Kain yang Aman dan Ramah Lingkungan

Pemberdayaan Masyarakat Perempuan
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya bersama Mitra Perempuan Gereja Katedral Bogor (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Sabtu, 21 Oktober 2023. Melalui upaya untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan bahaya pembalut sekali pakai dan pemberdayaan ekonomi melalui produksi pembalut kain, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya pada 16 September 2023 mengadakan seminar edukasi mengenai pola menstruasi sehat dan pelatihan pembuatan pembalut kain di Gereja Katedral Bogor.

Pelaksanaan seminar tersebut diadakan untuk mitra perempuan dengan tujuan mengedukasi dan meningkatkan pengetahuan akan organ reproduksi, siklus menstruasi, dan dampak dari pembalut sekali pakai baik pada kesehatan maupun lingkungan.

Perhatian akan bahaya pembalut sekali pakai perlu ditingkatkan untuk mencegah pencemaran lingkungan dan ancaman terhadap kesehatan organ reproduksi perempuan.

Pembalut sekali pakai yang mengandung zat karsinogenik dapat memicu terjadinya penyakit kanker rahim pada wanita dan kandungan mikroplastik dalam pembalut dapat mencemari lingkungan serta menyebabkan sampah yang menumpuk pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) karena membutuhkan ribuan tahun untuk terurai.

Sehingga seminar edukasi ini dapat memperluas pengetahuan perempuan terkait rahim, organ reproduksi, dan dampak buruk terhadap lingkungan akibat pembalut sekali pakai untuk mencegah risiko lebih lanjut.

“Sangat bermanfaat, saya mendapat pengalaman dan ilmu baru yang layak dicoba karena melihat sendiri terdapat keprihatinan terkait lingkungan akibat pemakaian pembalut sekali pakai”, ungkap Indri, salah satu anggota mitra perempuan yang mengikuti seminar edukasi dan pelatihan.

Pelaksanaan program ini mendapat antusiasme yang tinggi dari para peserta yang merupakan perempuan muda maupun dewasa yang ingin mengenal kesehatan rahimnya dan mempelajari gejala, dampak, maupun siklus menstruasi sehat untuk menjaga kesehatan tubuh terutama organ reproduksi.

Selain itu, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya juga memperkenalkan pembalut kain sebagai solusi ketika mengalami menstruasi.

Pembalut kain dapat menggantikan fungsi pembalut sekali pakai dengan lebih aman, nyaman, dan ramah lingkungan.

Pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), kami juga mengadakan pelatihan dalam membuat pembalut kain yang nantinya dapat diperjual-belikan kepada masyarakat melalui website Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi perempuan.

Sebagai bentuk arahan dan dukungan terkait kegiatan produksi, kami memberikan materi terkait teknik pemasaran dan cara pengemasan produk yang menarik namun tetap ramah lingkungan. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan dan penjualan pada saat produksi pembalut kain.

Ketua Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dalam Penyerahan Alat dan Bahan Pelatihan Pembuatan Pembalut Kain bersama Mitra Perempuan Gereja Katedral Bogor

Melalui kegiatan dan manfaat yang telah terlaksana, ketua PkM Hibah DRTPM yaitu Benedicta Evienia Prabawanti., SE., MM juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai sosialisasi kepada perempuan berusia produktif untuk lebih memperhatikan isu penggunaan pembalut sekali pakai bagai kesehatan reproduksi.

Selain itu  mendorong berbagai komunitas perempuan untuk mempelajari dan memproduksi pembalut kain untuk dipergunakan sendiri maupun komersial. Dampak yang ingin dicapai adalah keberlanjutan peningkatan ekonomi rumah tangga.

Diharapkan program ini dapat menjalin kerjasama yang berkelanjutan antara mitra perempuan dengan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dalam rangka memperluas penyebaran informasi terkait edukasi sekaligus meningkatkan kesadaran perempuan untuk beralih menggunakan pembalut kain yang lebih aman, nyaman, dan ramah lingkungan.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Kemendikbud Dikti atas dana hibah DRTPM yang telah diterima sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

Penulis:

  1. Benedicta Eviena Prabawati, SE., MM
  2. Dr. Ir. Susy Y. R. Sanie, MSi
  3. Dr. Dra. Murniati Agustian, MPd
  4. Celine Putri Wijaya
  5. Gabriella Lintang Rimananda

Dosen dan Mahasiswa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI