KKN UNTAG Surabaya Edukasi Covid-19 dan 5M: Menerapkan ProKes Kepada Masyarakat Perumahan Gunung Sari Indah

KKN UNTAG Edukasi Covid-19

Memasuki masa Vaksinasi dalam kondisi pandemi yang kembali mengalami peningkatan selepas libur nasional membuat Indonesia harus bersabar untuk lebih lama untuk dapat lepas dari pandemi yang berkepanjangan ini. Dalam masa Vaksinasi ini masyarakat diharuskan untuk mematuhi protokol kesehatan 5M. Meningkatkan protokol kesehatan yang ketat dan meningkatkan kewaspadaan tinggi agar tidak tertular Covid-19.  Kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya tetap melakukan kegiatan pengabdian KKN mahasiswanya dengan sedikit penyesuaian. Kegiatan KKN dilakukan oleh mahasiswa di tempat tinggal masing-masing dengan tema yang telah ditentukan.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa sebagai peserta dan dosen sebagai pembimbing yang berfokus pada tema vaksinasi . Kegiatan KKN di perumahan gunung sari indah RT 8 RW 8, Kec. Karang pilang kota Surabaya. selama 12 Hari memfokuskan pada penyuluhan tentang bahayanya covid-19, agar selalu menjaga kebersihan. Permasalahan yang ditemui sebagian di perumahan gunung sari indah terutama di RT 8 kurangnya kesadaran diri warga dalam keluar rumah memakai masker dan masuk rumah untuk mencuci tangan.

Baca Juga: Mahasiswa UNTAG Surabaya: Lakukan KKN Mandiri dengan Mengedukasi dan Sosialisasi

Bacaan Lainnya
DONASI

Sehingga perlu dimotivasi agar masyarakat mempunyai kesadaran yang tinggi akan menjaga kesehatan. Tujuan Sosialisasi adalah memberikan pemahaman, bimbingan dan seminar kepada masyarakat terkait bahayanya covid-19 untuk pentingnya menjaga kesehatan. Rekomendasi yang dapat kami berikan kepada masyarakat perumahan gunung sari indah terutama RT 8 adalah pemanfaatan internet guna memahami betapa bahayanya covid-19 beserta penularannya.

Dalam keadaan tersebut saya salah satu mahasiswa fakultas teknik Universitas Tujuh Belas Agustus (UNTAG) Surabaya bernama Gifanda Nadila Anasyah melakukan pengabdian kepada masyarakat KKN yang dilakukan di desa sendiri berinisiatif untuk memberikan edukasi tentang bahayanya Covid-19 di pandemi ini dan mengajak para warganya untuk memutus rantai penularan dengan selalu menerapkannya Protokol Kesehatan (ProKes).

Baca Juga: Sosialisasi Vaksinasi dan Penerapan Pola Hidup Sehat Menghadapi Covid-19 di Desa Gringging, Grogol

Gifanda Nadila Anasyah
Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945

Editor: Diana Pratiwi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI