Kolaborasi BTS dan McDonald’s Melalui Produk BTS Meal

BTS Meal McD

McDonald’s menjual menu BTS McDonalds dengan sebutan BTS Meal di 50 negara. Di Indonesia menu ini dirilis pada Rabu, 09 Juni 2021 (Pardiana, 2021). Strategi Marketing ini bisa dibilang merupakan strategi kolaborasi brand tahun ini yang paling sukses. Dilihat dari banyak berita dan sosial media Facebook, Instagram, TikTok bahwa McDonalds di seluruh Indonesia lagi super-duper kebanjiran orderan kolaborasi BTS x Mcd dengan menu BTS Meal.

Kolaborasi dengan BTS Ini sebenarnya bukan gandengan pertama McD. Tahun 2020, McD menggandeng Travis Scott dan membuat Travis Scott Meal yang hype-nya juga luar biasa. Efek ekonomi BTS nggak main-main. Di tahun 1990an, McD juga pernah menggandeng Michael Jordan dan membuat Mcjordan Burger, hype-nya? ya tidak perlu dipertanyakan. Pakar branding Subiakto menyebut, peristiwa tersebut merupakan bukti dari fenomena marketing yang telah memasuki era 4.0 (Pandamsari, 2021).

Baca Juga: Cara Menarik Minat Pelanggan Melalui Sebuah Branding

Bacaan Lainnya
DONASI

Marketing Konsumen Evangelist

Marketing 4.0 hasilnya adalah evangelist. Jadi kalau yang tadinya inovasi itu pada produk, sekarang pada konsumen. Evangelist merupakan dedikasi atau antusiasme konsumen terhadap suatu brand sehingga konsumen dengan sukarela mempromosikan brand tersebut. Dengan begitu, marketing 4.0 mengandalkan crowd atau kerumunan konsumen sebagai kekuatan utama.

Dalam konteks BTS Meal, yang dimanfaatkan oleh McD bukan peran BTS sebagai endorser, melainkan peran ARMY (fans BTS) sebagai promotor. Hal tersebut disebabkan kekuatan ARMY di lingkup digital, kekuatan McD di dunia digital tidak sekuat evangelism marketing yang dilakukan ARMY. Apalagi, BTS memiliki sebaran penggemar di berbagai penjuru dunia sehingga kekuatan digital ARMY mencakup ranah global (Pradipta, 2021).

Kolaborasi untuk Keuntungan Dua Pihak

Kolaborasi antara BTS dan McD sebagai brand, keduanya sama-sama diuntungkan. Alasannya, kedua brand ini memiliki nilai yang sama-sama besar dan sama kuatnya. Punya kesan yang berbeda, kolaborasi kedua brand ini pada akhirnya saling melengkapi satu sama lain. Seperti diketahui, McD menyandang gelar sebagai sebuah brand lawas dibidang makanan cepat saji yang sudah dikenal di seluruh dunia dan bersegmen pada keluarga. Sedangkan BTS merupakan brand baru yang lebih fresh dan menyasar pada kaum muda dan lebih dinamis dan individual. Sehingga dari kolaborasi ini, baik McD dan BTS telah mendapat keuntungan sendiri (Pardiana, 2021).

BTS dikenal sebagai Bangtan Boys, adalah sebuah boyband beranggotakan tujuh orang asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan Big Hit Entertainment. Nama 3 tersebut kemudian berakronim menjadi Beyond the Scene pada bulan Juli 2017. BTS telah menerima banyak penghargaan atas karya musik mereka. Salah satunya, BTS memenangkan penghargaan Top Social Artist di Billboard Music Awards (BBMA) 2017 setelah menerima lebih dari 300 juta dukungan dan menjadi grup Korea pertama yang memenangkan sebuah BBMA (id.wikipedia.org/wiki/BTS).

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendukung Produk Lokal?

Potensi Konsumen di Indonesia

Di Indonesia sendiri penggemar BTS ada sekitar 48,5 juta dari jumlah total penayangan video musik saat ini. Sebagai negara yang memberikan angka viewers terbanyak saat ini, enggak salah kalau ARMY Indonesia punya andil besar dalam pencapaian MV “Dynamite” BTS memecahkan rekor Youtube. MV BTS ini juga resmi menjadi video paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam dengan total 101 juta views (Pemita, 2017).

Antusiasme ARMY dalam mendapatkan BTS Meal sangat tinggi, membuat banyak gerai McD kebanjiran pesanan. Pemesanan dilakukan melalui layanan ojek online, hingga mengakibatkan antrean ojol mengular di banyak gerai McD. Paket menu BTS Meal memiliki makna spesial bagi ARMY atau penggemar BTS, packaging menu BTS Meal McD lebih spesial karena berwarna ungu dan ada logo BTS serta hangul (aksara Korea) BORAHAE yang sangat identik dengan BTS ARMY (Rizal, 2021).

Menu BTS Meal

Menu BTS Meal Tersedia Mulai Hari Ini, Berikut Harga dan Cara Memesannya! -  Parapuan
Sumber: shorturl.at/IJ158

Paket BTS Meal, ada 9 potong McNuggets, medium fries, medium Cola, dan yang spesial adalah saus sweet chili & saus cajun. Ini 2 saus yang menunya ada di Korea. Selain rasanya yang enak, BTS Meal juga dihadirkan dengan kemasan khusus untuk penggemar BTS. Di indonesia, Menu BTS Meal dibanderol dengan harga Rp 51.000. Pengumuman rilis BTS Meal disambut oleh ARMY di jagad Twitter. Hal itu dibuktikan dengan Tagar #BTSMeal dan #BTSxMcD yang menjadi trending topik Twitter beberapa waktu lalu. Tagar #BTSMeal menduduki peringkat tiga trending topic di seluruh dunia dengan total lebih dari 21.000 tweets (Nafasya, 2021).

BTS Meals hanya bisa dibeli lewat aplikasi pesan antar baik milik McDonalds hingga aplikasi layanan pesan antar makanan lainnya seperti Go Food, Grab Food, dan Shopee Food.
Selain layanan pesan antar, jika ingin membeli langsung pembeli hanya diperbolehkan membeli dengan metode drive-thru. Jadi pembeli tidak diperbolehkan untuk membeli secara take away di restoran atau pun makan di restoran (Nafasya, 2021).

Baca Juga: Adopsi Digital Marketing Guna Pulihkan Ekonomi Masyarakat di Kala Pandemi

Opini Penulis

Opini saya dengan adanya kolaborasi antara BTS dengan McD lewat menu BTS Meal merupakan salah satu strategi marketing yang paling bagus, karena menghasilkan fenomena antusiasme yang luar biasa dari konsumennya. Fenomena tersebut seharusnya dapat menjadi sesuatu yang perlu ditiru juga oleh perusahaan-perusahaan yang lain, karena marketing yang dilakukan McD dapat dikatakan sebagai marketing era 4.0 yang menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

Bicara hasil kolaborasi atau benefit yang didapat akan beragam. Bagi brand seperti McDonalds sudah pasti akan mengalami peningkatan penjualan (sales) sehingga mendatangkan trafik yang banyak (lead). Sedangkan, bagi BTS tentunya bisa mempererat jaringan ARMY di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Bahkan informasi di berita pun para ARMY sedang melakukan penggalangan dana untuk ikut menyumbang bagi para abang-abang ojol yang telah berkontribusi. Kolaborasi McD dengan BTS ini menunjukkan adanya pergeseran strategi marketing yang umumnya dari atas ke bawah (vertikal) namun juga digabung dengan kekuatan konsumen dengan konsumen.

Opini saya mengenai kemasan dari BTS Meal yang berwarna ungu dan mencantumkan logo BTS. Terdapat tiga kemasan utama dalam sepaket menu tersebut, yaitu kotak nugget, cup minuman, dan brown bag. Kita semua tahu, menu BTS Meal yang baru rilis kemarin di McDonald’s Indonesia menjadi buruan penggemarnya, ARMY Indonesia. Ternyata, para ARMY ini hanya mengincar bungkus dari BTS Meal saja. Sehingga kehebohan ini sampai ada yang memanfaatkannya dan menjual bungkus bekasnya di e-commerce.

Daftar Pustaka

https://id.wikipedia.org/wiki/BTS_(grup_musik) Diakses pada Kamis 08 Agustus 2019 18:14

Nafasya, Meuthia N. 2021. BTS Meal Rilis di McDonald Hari ini, Tagar #BTSMeal Trending Topic di Twitter. Bisnis.com.  https://lifestyle.bisnis.com/read/20210609/220/1403109/bts-meal-rilis-di-mcdonald-hari-ini-tagar-btsmeal-trending-topic-di-twitter

Pardiana, Eva. 2021. Kolaborasi BTS dan McD berhasil viral, siapa yang diuntungkan. Kabarsiger.com. https://kabarsiger.com/read/kolaborasi-mc-d-dan-bts-berhasil-viral-siapa-yang-diuntungkan

Pemita, Desika. 2017. Indonesia tercatat punya jumlah fans BTS terbanyak. Liputan6.com. https://www.liputan6.com/showbiz/read/3169056/indonesia-tercatat-punya-jumlah-fans-bts-terbanyak

Pradipta, Galih. 2021. kolaborasi BTS dan McD bukti marketing sudah masuk era 4.0. republika.co.id. https://republika.co.id/berita/ekonomi/fintech/qukcjz3217000/pakar-sebut-kolaborasi-bts-dan-mcd-bukti-marketing-sudah-masuk-era-40

Rizal, Jawahir G. 2021. BTS Meal ramai diburu, ini kata penggemar BTS dan McD di Indonesia. Kompas.com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/09/203700965/bts-meal-ramai-diburu-ini-kata-penggemar-bts-dan-mcdonalds-indonesia?page=all

Nabila Shafa
Mahasiswa Digital Public Relations
Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University

Editor: Diana Pratiwi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI