Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

manfaat kurma

Sudah memasuki bulan Ramadhan mudah sekali kita berjumpa dengan penjual kurma di jalan maupun di pasar.

Buah ini biasa dikonsumsi ketika kita berbuka puasa karena merupakan sunnah Rasulullah SAW yang mana dalam sebuah hadits disebutkan “Anas bin Malik berkata bahwa  Rasulullah SAW berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat. Kalau tidak ada ruthab, beliau makan tamar (kurma kering). Bila tidak ada keduanya, beliau biasanya  meminum air seteguk demi seteguk.” 

Baca juga: Ini Manfaat Besar Biji Kurma, Jangan Buang Bijinya

Bacaan Lainnya
DONASI

Banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat di buah kurma. Kurma bisa dikonsumsi  ketika masih segar atau sudah kering serta memiliki cita rasa yang manis dan legit ketika dimakan. Bersumber dari Klikdokter.com menyebutkan beberapa kandungan buah kurma  seperti berikut: 

  1. Kalori  
  2. Lemak  
  3. Karbohidrat  
  4. Serat  
  5. Gula  
  6. Protein  
  7. Vitamin  
  8. B6  
  9. Zat besi  
  10. Magnesium  
  11. Potassium 

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan 

Banyaknya nutrisi yang dikandung buah kurma membuat buah kurma juga memiliki banyak  banyak manfaat untuk kesehatan bukan saja sekedar untuk stamina tetapi juga bisa untuk  mencegah bebagai macam penyakit. 

1. Meningkatkan imunitas tubuh 

Vitamin yang terdapat dalam kurma mendukung dalam menambah kekebalan atau imunitas tubuh. Efek antimikroba dan antioksidannya, berperan penting dalam dengan sebutan lain  dates ini. Selain itu, kurma bisa menjadi sumber karbohidrat baik dan kompleks. 

2. Mencegah penyakit mata 

Jika kita tak begitu menyukai wortel, sebagai sayuran untuk mengatasi penyakit mata, maka  untuk menggantikannya makanlah kurma. Sebab, kurma kaya akan lutein dan zeaxanthin, zat  tersebut berperan mencegah kerusakan pada mata seperti katarak

3. Mencegah anemia  

Salah satu cara untuk mencegah anemia yaitu dengan memperbanyak konsumsi makanan  yang mengandung zat besi. Kurma merupakan salah satu makanan yang mengandung zat  besi. Kandungan zat besi dalam kurma bisa membantu meningkatkan sel darah merah dan mencegah anemia.

4. Baik untuk lambung  

Kurma juga sangat bagus untuk lambung karena dapat menjadi camilan sehat bersama dengan  buah sehat lainnya seperti alpukat, jagung manis, kacang kedelai, dan lain sebagainya.

dr. Annes Waren dalam alodokter.com, menyebutkan bahwa kurma menjadi salah satu buah  yang disarankan untuk dikonsumsi penderita penyakit asam lambung sebagai camilan sehat. 

5. Mencegah penyakit kronis 

Konsumsi kurma juga dipercaya bisa mencegah beberapa penyakit kronis seperti gangguan  jantung, penyakit kanker, diabetes, dan alzheimer. Hal ini dikarenakan kurma memiliki  kandungan antioksidan yang tinggi.

Penulis: Windri Yuvernanda
Mahasiswa Universitas Binawan

Dosen Pengampu: Apriyani Riyanti,S.Pd, M.Pd

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI