Meningkatkan Daya Tahan Tubuh melalui Olahraga Senam: Mahasiswa UMM Laksanakan Senam Lansia Bersama Karang Werda dan Kelurahan Mojolangu serta Kunjungan Lapangan oleh Ketua DPRD Kota Malang

Senam Lansia Bersama Karang Werda.
Senam Lansia Bersama Karang Werda.

Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kelompok 39, Gelombang 2. Gelar Senam bersama lansia yang diikuti oleh kegiatan rutin dari Karang Werda dan Kelurahan Mojolangu, Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (17/02/2024).

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Senam lansia adalah kegiatan olahraga yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental para lansia. Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan daya tahan tubuh baik kesehatan mental dan fisik para lansia, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat program senam yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh baik kesehatan fisik yang meliputi kelenturan dan keseimbangan tubuh, kesehatan jantung dan pernapasan, serta kesehatan mental dan emosional.

Bacaan Lainnya
DONASI

Penyelenggaraan senam ini difokuskan kepada para lansia dan bekerja sama dengan Karang Werda selaku pemandu senam, serta berlokasi di Kelurahan Mojolangu.

Senam lansia ini merupakan kegiatan olahraga senam  yang diikuti oleh para lansia di Seluruh Kecamatan Lowokwaru, dengan jumlah peserta kurang lebih sebanyak 150 para lansia.

Panitia Karang Werda, selaku penyelenggara kegiatan senam lansia rutin di Kecamatan Lowokwaru menyatakan bahwa senam lansia ini merupakan kegiatan rutin yang tadinya dilaksanakan hampir setiap bulan sekali, namun karena terdapat kendala dalam pendanaan yang mengakibatkan senam lansia kini dilaksanakan setiap 2 bulan sekali.

Kegiatan senam lansia ini juga mendapatkan kunjungan lapangan oleh Ketua DPRD Kota Malang, Bapak I Made Riandiana Kartika, S.E. Dalam kunjungan tersebut, beliau memberikan apresiasi oleh panitia Karang Werda yang telah menjadikan senam lansia menjadi kegiatan rutin dan memberikan dukungan untuk terus melaksanakan senam lansia secara rutin.

Kemudian penutupan kegiatan senam lansia dilanjut oleh perwakilan panitia Karang Werda menyampaikan bahwa, “Memohon bantuan kepada Bapak Made untuk membantu dalam biaya keperluan minum saja dalam kegiatan senam lansia untuk memberikan dukungan ini tetap berlangsung yang diadakan secara rutin.”

Lebih lanjut, Bapak I Made Riandiana Kartika, S.E. mengatakan bahwa, “Mulai tahun depan jika dalam pencalonan ini berhasil akan memberikan dana sebesar 5 juta per-6 bulan atau setara dengan 10 juta setahun.”

Penulis: Anugerah Febrian Adhira Mulya
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI