Optimalisasi Gen-Z dalam Pengembangan UMKM dan Upgrading SDM Pakisrejo

Program PMM UMM.
Program PMM UMM.

Mahasiswa PMM (program pengabdian pada masyarakat oleh mahasiswa) suatu program kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa terutama di Universitas Muhammadiyah Malang.

Kegiatan PMM ini dilakukan oleh kelompok 13 Gelombang 7 yang dimulai pelaksanaannya pada tanggal 20 Januari 2024, PMM ini telah dibagi beberapa kelompok yang terdiri dari 5 anggota yaitu yang Melda Apriliana, Achmad Ridlo Saputro, Betran Fafarik Ramadhan, Nadyya Fatimatul Kholifah, dan Maharani Rossa Andini yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen serta di bimbing oleh Bapak Muhammad Khoirul Fuddin,SE.ME, selaku dosen pembimbing (DPL).

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi Hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang dibentuk untuk menyalurkan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat setempat yang berada di Desa Pakisrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Serangkaian kegiatan ini diikuti oleh Guru, Siswa-Siswi, Karang Taruna, UMKM dan Masyarakat Desa setempat.

Bacaan Lainnya
DONASI

Berhubung kami dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis program studi Manajemen yang dikenal dengan mempelajari bagaimana cara mengoperasikan, mengelola, dan mengembangkan usaha yang dirintis maka kelompok kami membuat program kerja mengaktifkan kembali karang taruna untuk mengembangkan UMKM di Desa Pakisrejo yang bekerja sama dengan ibu dusun, memberi arahan terkait SDM kedisiplinan guru di SDN 4 Pakisrejo dan memberikan materi pelatihan kepemimpinan.

Terdapat beberapa rangkain jenis kegiatan dalam program kerja sebagai berikut yang pertama, Seminar kedisiplinan guru, pada seminar ini mahasiswa memberi arahan kepada bapak dan ibu guru mengenai pentingnya tingkat  kedisiplinan waktu.

Kedua, Penambahan ekstra pelatihan kepemimpinan diluar jam sekolah, yang dimana anggota PMM kelompok 13 memberikan materi, kuis  tentang kepemimpinan serta melatih siswa – siswi untuk belajar mengkoordinir anggota kelompoknya.

Ketiga, Seminar  dengan karang taruna yang dimana anggotanya kebanyakan Gen-Z atau anak muda yang dimana pada seminar ini anggota PMM memberikan materi tentang bisnis penjualan online serta membahas serangkaian kegiatan yang akan dilakukan beberapa pekan yang akan datang.

Keempat, Berkerja sama karang taruna dengan ibu dusun dan UMKM untuk penjualan keripik setempat.

Kelima,  Selama kegiatan penjualan berlangsung anggota PMM kelompok 13 mengajarkan tentang digital marketing dan membantu produksi keripik (berikut link penjualan melalui sosial media https://www.instagram.com/pisang.sang_keripik?utm_source=ig_web_button_share_sheet&igsh=ZDNlZDc0MzIxNw==), mendata pengeluaran dan pemasukan barang serta mengalokasikan dana untuk berjalanya bisnis ini.

Keenam, Membantu mengurus struktur kepengurusan karang taruna mulai dari Ketua, Wakil, Bendahara, Sekretaris dan divisi-divisinya. Selain itu, ada lagi kegiatan diluar program kerja seperti membantu mengajar ngaji di TPA terdekat dan membantu beberapa kegiatan warga sekitar salah satunya adalah membantu di kandang ternak warga.

Setelah program kerja anggota PMM selesai kegiatan bisnis penjualan kripik tersebut dilanjutkan oleh karang taruna kelancaran kegiatan ini tidak lepas dari dukungan serta kesempatan yang diberikan oleh pihak karang taruna, guru, siswa-siswi dan warga sekitar.

Maka dari itu, tidak lupa ucapan terimakasih kepada pihak yang bersangkutan yang telah mendukung serta memberikan kesempatan untuk diselenggarakannya serangkaian kegiatan ini. Dengan diadakan kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan wawasan dan manfaat bagi warga sekitar di Desa Pakisrejo yang berada di Kabupaten Tulungagung.

Penulis:
1. Nadyya Fatimatul Kholifah
2. Melda Apriliana
3. Achmad Ridlo Saputro
4. Betran Fafarik Ramadhan
5. Maharani Rossa Andini

Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI