Optimalisasi Pelayanan KTP di Kelurahan Medokan Semampir Kota Surabaya

Ruang Pelayanan Administrasi
Ruang Pelayanan Administrasi Kelurahan Medokan Semampir Kota Surabaya (Sumber: Gambar dari Penulis)

Pelayanan administrasi adalah pelayanan yang berhubungan dengan surat menyurat, administrasi keanggotaan dan perpustakaan gratis.

Pelayanan administrasi adalah pelayanan yang menghasilkan berbagai bentuk dokumen dinas yang dibutuhkan oleh masyarakat, misalnya status kewarganegaraan, sertifikat kompetensi, kepemilikan atau penguasaan suatu barang dan sebagainya.

Salah satu nya yaitu KTP sebagai dokumen administrasi kependudukan yang wajib dimiliki okeh warga negara Indonesia yang telah berusia 17 tahun. Setiap warga negara yang telah cukup umur untuk memiliki KTP di haruskan mengurus pembuatan KTP.

Bacaan Lainnya
DONASI

Pengajuan KTP baru rekam atau KTP baru untuk usia 17 tahun dilakukan di kecamatan untuk melakukan rekam foto.

Sedangkan untuk yang melakukan pengajuan KTP dengan alasan hilang, rusak, perubahan elemen bisa dilakukan di kelurahan dan akan diajukan cetak ulang. Waktu dalam pengajuan KTP sekitar kurang lebih satu bulan.

Namun, pelayanan KTP juga kerap dinilai kurang optimal. Salah satu halnya menilai dari pelayanan terkait KTP di Kelurahan Medokan Semampir Kota Surabaya.

Pelayanan pengambilan KTP di nilai masih belum optimal yaitu di karenakan harus menginput terlebih dahulu data diri warga yang mengambil KTP melalui aplikasi takon id yang mana berisikan NIK, nama, dan juga foto warga Bersama KTP yang baru.

Dengan demikian, bertujuan agar data dapat tervalidasi dan jika di lain waktu dapat melakukan cetak lang KTP dengan mudah.

Namun, jika data tidak divalidasi maka jika warga tersebut tidak dapat melakukan pengajuan untuk cetak ulang KTP baru.

Hal tersebut dinilai tidak optimal dikarenakan banyaknya warga yang melakukan pengambilan KTP dan harus divalidasi, namun pihak kelurahan yang memiliki akses aplikasi takon id hanya beberapa petugas saja.

Selanjutnya, data warga yang mengambil KTP tidak terdeteksi di aplikasi takon id, akibatnya data warga yang mengambil KTP tidak dapat divalidasi.

Juga Ketidaksesuaian data KTP yang lama dengan KTP yang terbaru sedangkan pengajuan yang dilakukan bukan pengajuan perubahan elemen.

Beberapa hal tersebut yang harus lebih dioptimalkan lagi terkait pelayanan administrasi kependudukan berupa KTP di Kota Surabaya.

Dengan membenahi aplikasi Takon id agar lebih efektif dan juga seluruh petugas di kelurahan Medokan Semampir Kota Surabaya diberi akses Takon id agar mempermudah dan menghindari data yang terlewat untuk validasi.

Hal tersebut guna untuk mengoptimalisasi pelayanan administrasi kependudukan khususnya KTP di Kota Surabaya.

Penulis: Wahyu Arpa Ramayanti
Mahasiswa Administrasi Negara, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI