Pentingnya Organisasi bagi Manajemen

Pentingnya Organisasi bagi Manajemen

Organisasi merupakan alat untuk mencapai tujuan yang dicapai. Sebagaimana alat, organisasi bersifat statis yang menghimpun orang-orang yang mengadakan Kerjasama. Untuk itu perlu digerakkan oleh suatu fungsi atau proses yang disebut manajemen. Jadi jelasnya bahwa dalam setiap kerja yang ingin mencapai suatu tujuan tertentu atau tujuan bersama diperlukan adanya manajemen, karena dengan adanya manajemen itulah yang membantu atau memudahkan tercapainya tujuan.

Jadi, fungsi pengorganisasian sangat diperlukan dalam manajemen karena adanya system pengorganisasian, maka akan dengan mudah bagi pihak manajemen untuk melakukan pengendalian serta pengawasan dan mengetahui letak kekurangan manajemen sehingga dapat diperbaiki, dan tujuan manajemen dapat tercapai dengan mudah.

Mengapa manajemen memegang peranan penting bagi sebuah organisasi?

Jadi setiap perusahaan pasti membentuk sebuah organisasi dimana dalam bentuk organisasi terdapat orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan agar usaha pencapaian tujuan menjadi lebih mudah dan lebih baik kedepannya.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Pentingnya Sistem Informasi Manajemen bagi Perusahaan

Manfaat organisasi dalam suatu manajemen

  1. Mencapai tujuan yang diinginkan bersama.
  2. Membantu setiap anggota bekerja sama dalam menghadapi masalah yang ada di dalam organisasi
  3. Perkembangan organisasi yang abik akan membawa dampak yang bagus untuk semua anggotanya.

Berdasarkan hal tersebut dalam suatu pengorganisasian terdapat tiga unsur/elemen yang saling berhubungan, yaitu:

1. Sekelompok orang

Adanya sekelompok orang yang membentuk kelompok dalam suatu organisasi, yang dimana ada peraturan, ketentuan, dan kebijakan yang telah dirumuskan dan masing-masing pihak siap untuk menjalankan dengan penuh rasa tanggung jawab.

Baca Juga: Peran Sistem Pengendalian Manajemen dalam Perusahaan

2. Interaksi dan kerja sama

Dalam suatu organisasi yang terdiri atas sekelompok orang tersebut saling mengadakan hubungan timbal balik, saling memberi pendapat dan menerima, dan juga saling bekerja sama untuk merealisasikan maksud sasaran  dan tujuan.  

3. Tujuan bersama

Dalam suatu organisasi yang terdiri atas sekelompok orang yang saling berinteraksi dan bekerja sama tersebut dan ingin dicapai bersama-sama oleh sekelompok orang yang diarahkan pada suatu titik tertentu, yaitu tujuan bersama dan ingin maju membangun.

Raihan
Mahasiswa Universitas Pamulang

Editor: Diana Pratiwi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI