Pola Hidup Sehat dengan Berolahraga dalam Ilmu Medis dan Islam

Pola Hidup Sehat
Sumber: Digest Islam

Menerapkan pola makan sehat, bergizi dan seimbang dalam kehidupan sehari-hari sangat penting bagi tubuh. Pola makan adalah kebiasaan makan seseorang setiap harinya. Jadi makanan sehat adalah makanan yang mengandung beragam nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh, didalam tubuh memerlukan banyak nutrisi agar dapat tetap menjaga daya tahan tubuh dan pertumbuhan dapat berjalan dengan optimal.

Sedangkan makanan yang bergizi yaitu makanan yang cukup memiliki kandungan protein, vitamin, karbohidrat, lemak, mineral dalam jenis dan jumlah yang sesuai dan di padukan secara seimbang sesuai dengan kebutuhan. Syarat makanan yang sehat pada umumnya 4 sehat 5 sempurna seperti nasi, lauk pauk, sayur mayur, buah-buhan, dan di sempurnakan dengan susu.

Selain itu tidur atau istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih dan gosok gigi secara teratur, kurangi asupan garam dan gula, jangan konsumsi lemak serta minyak berlebihan, mengkonsumsi vitamin atau suplemen, selalu berpikiran positif dan masih banyak lagi.

Manfaat Olahraga

Olahraga merupakan suatu kegiatan jasmani yang dilakukan untuk memelihara kesehatan, memperkuat otot-otot tubuh dan olahraga adalah cara alami untuk menjaga kesehatan dan melindungi kita dari penyakit. Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang bugar, sehat, dan indah.

Olahraga menjadi salah satu hal yang penting, jika ingin mendapatkan semua itu, tetapi makan-makanan sehat saja belum cukup untuk menjaga daya tahan tubuh, sebaiknya juga di imbangi dengan berolahraga yang teratur serta istirahat yang cukup, sebab berolahraga di luar dari pada umumnya juga rentan untuk menimbulkan penyakit.

Dengan olahraga yang teratur banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh yaitu, membantu mengendalikan berat badan, karena mampu mengurangi timbunan lemak dalam tubuh, meningkatkan tingkat metabolisme karena lebih banyak membakar kalori, memperkuat dan membuat tulang dan otot, menyerap asam amino yang membantu pertumbuhan juga perkembangan tubuh, dan dapat menghilangkan rasa stress, cemas atau depresi.

Berolahraga memang bagus untuk kesehatan jasmani dan rohani. Tetapi jika olahraga dilakukan dengan tidak benar dapat menyebabkan cedera antara lain varises, keram salah urat, atau bahkan patah tulang. Hal yang paling fatal adalah bisa mengalami kelumpuhan, kerusakan otot saraf dan bahkan kematian.

Jadi lebih berhati-hati apabila melakukan olahraga, beberapa gerakan dalam olahraga harus dilakukan dengan pengawasan profosional atau instruktur karena beresiko jika di lakukan sendiri atau tidak berhati-hati. Tetapi jika di lakukan dengan benar banyak manfaat yang dapat kita rasakan.

Jangan lupa ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berolahraga sebelum dan sesudahnya. Pertama, yang harus di ingat sebelum melakukan olahraga adalah selalu lakukan pemanasan dan pendinginan sesudah berolahraga. Kedua, jangan terlalu lama menggunakan baju yang dipakai saat berolahraga. Pakaian yang lembab akibat keringat akan menjadi tempat bagi jamur, bakteri, dan kuman untuk berkembang biak.

Pola hidup sehat dalam Islam

Jangan salah dalam islam juga menerapkan pola hidup sehat, karena islam memandang bahwa kesehatan itu sangat penting. Allah memerintah agar hambanya menjaga pola makan yang telah di tetapkan dalam ayat berikut. Artinya, ”makan dan minumlah dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”, (QS. Al-A’raf: 31).

Perintah untuk tidak berlebih-lebihan dalam makan dan minum dalam ayat di atas dijelaskan oleh Nabi Muhammad dalam sabdanya, “tidak ada suatu wadah yang diisi penuh oleh anak Adam yang lebih jelek melebihi perutnya. Cukuplah baginya beberapa suapan kecil untuk menegakkan tulang belakangnya.  Jika tidak mungkin, sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumanya dan sepertiga lagi untuk nafasnya,” (HR Imam Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu majah, Al-Hakim).

Para ulama muslim dan pakar kesehatan menyatakan, sumber dari segala penyakit yang sulit diobati adalah memasukan makanan di atas makanan. Artinya, makanan yang satu belum tercerna dengan baik di lambung, namun sudah memasukan makanan yang berikutnya. Dengan demikian mesin pencernaan terus bekerja tanpa ada waktu untuk istirahat apalagi makanan belum harus akibat makan dengan tergesa-gesa.

Riyadhah atau olahraga dalam islam merupakan anjuran dari Rasulallah SAW. Olahraga dalam islam yaitu berenang, berkuda, dan memanah, setiap masing-masing olahraga tersebut mempunyai manfaat bagi setiap yang melakukannya.

Mar’atus Sholihah
Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

Editor: Muflih Gunawan

Baca Juga:
Pentingnya Menjaga Kesehatan dan Menerapkan Pola Hidup Sehat
Tips Jaga Kesehatan dalam Situasi Pandemi Covid-19
Germas: Langkah Mudah Tangkal Penyakit dan Dampaknya bagi Lingkungan

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI