Instagram sebagai Proses Media Komunikasi Pemasaran

Sumber Ilustrasi: www.unsplash.com

Seiring dengan perkembangan internet yang meningkat cepat, maka arus penukaran berita juga semakin cepat serta praktis. Orang-orang dapat berkomunikasi melalui media sosial, internet, termasuk Instagram. Instagram menyediakan  fitur yang bermanfaat untuk promosi pemasaran serta memiliki akun usaha atau akun bisnis.

Pasar bisnis di Indonesia kini sangat diuntungkan serta didukung dengan hadirnya Instagram. Aplikasi instagram ini mudah dipahami serta banyak diminati di daerah serta di berbagai kalangan. Baik untuk pertukaran informasi harian maupun untuk usaha.

Saat ini sedang dikembangkan sebagai media bagi para pelaku bisnis untuk mengkomunikasikan bisnisnya melalui kegiatan promosi di aplikasi Instagram. Sudah banyak sekali perusahaan yang menggunakan aplikasi Instagram untuk mempromosikan produk yang mereka jual, sehingga mempermudah menawarkan produk mereka kepada konsumen.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Bandwagon Effect pada Challenge ‘Add Yours’: Fitur Baru Instagram yang Menjadi Modus Penipuan Baru

Menurut data yang dirilis oleh Napoleon Cat bahwa pada bulan Januari-Mei 2020, pengguna instagram khususnya di Indonesia berjumlah 69,2 juta pengguna. Tidak heran bahwa pengguna Instagram di Indonesia berada pada tingkat ketiga dunia.

Banyak para pelaku bisnis yang memanfaatkan fitur yang ditawarkan oleh Instagram dalam mempromosikan bisnisnya, salah satunya dengan cara melakukan Instagram ads. Pengguna dari Instagram atau konten yang ada pada Instagram adalah konten visual.

Banyak dari para pengguna Instagram khususnya pelaku bisnis yang berlomba-lomba membuat konten visual yang menarik untuk meningkatkan daya tarik konsumen.

Instagram lebih dipilih dibandingkan marketplace-marketplace yang sedang berkembang seperti Tokopedia, Shopee, Buka Lapak, dan lain sebagainya, karena cara penggunaan Instagram lebih mudah dan simpel untuk digunakan diberbagai kalangan.

Baca Juga: Untuk Apa Scroll Instagram Berjam-jam?

dibandingkan berjualan melalui marketplace online meskipun marketplace mempunyai jaminan keamanan yang lebih tinggi dibandingkan hanya melalui Instagram. Jadi, bagaimana menggunakan teknik pemasaran di instagram agar konsumen tertarik pada produk yang ditawarkan? Untuk itu, yuk simak untuk mengetahuinya!

Bermitra dengan Influencer

Menggunakan influencer sosial untuk mempromosikan merek, produk, dan layanan  adalah strategi Instagram marketing yang sangat efisien. Kita tahu bahwa 82% orang cenderung mengikuti rekomendasi yang dibuat oleh influencer atau selebgram, dan 94% konsumen percaya bahwa influencer ini sangat luas. Pada dasarnya, jika Anda bisa mendapatkan influencer untuk mempromosikan merek Anda, Anda akan mendapatkan penjualan. Instagram adalah platform sosial utama untuk influencer di seluruh dunia. Dan ini adalah strategi pemasaran yang hemat biaya.

Jalankan iklan yang Ditargetkan

Bagaimana Anda dapat menjangkau orang-orang di Instagram yang tidak mengikuti akun Anda? Beberapa strategi, seperti penandaan lokasi, menjalankan campaign, dan bekerja dengan influencer sosial dapat mencapai ini. Namun, strategi itu tidak selalu mengekspos merek kepada orang-orang di dalam target pasar Anda. Menjalankan iklan tertarget akan melakukan ini.

Instagram telah diakuisisi oleh Facebook. Anda dapat mengatur iklan dengan cara yang sama di kedua jaringan. Anda dapat menggunakan parameter seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi untuk memilih audiens iklan Anda. Anda bahkan dapat mengambil satu langkah lebih jauh dan menargetkan pengguna berdasarkan minat mereka.

Baca Juga: Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa UTM Adakan Pendampingan Promosi Wisata Bukit Anjhir Melalui Sosial Media

Buat Konten yang Berkualitas

Dalam menjalankan Instagram marketing, konten adalah unsur utama yang wajib Anda perhatikan. Konten ini tidak hanya tentang foto produk saja, tapi juga hal-hal lainnya yang bisa membuatnya menjadi konten yang menarik seperti membuat konten untuk feeds, isi konten tidak harus selalu berbentuk foto produk, tapi bisa juga slideshow tentang pengetahuan dari produk ataupun infografis.

Memperingati Hari-Hari yang Penting

Contohnya seperti pada hari besar, seperti Idul Fitri, Natal, kemerdekaan, dan sebagainya. Cara ini akan mempengaruhi minat konsumen terhadap penawaran yang Anda tawarkan khusus pada hari tersebut.

Baca Juga: Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Strategi Bisnis Sosial Media

Membuat Kampanye

Anda bisa berkreasi pada konten ini, sebagai contoh, Anda dapat menampilkan video singkat tentang inspirasi dalam membuat produk terbaru yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Kesimpulannya yaitu para pebisnis memanfaatkan Instagram sebagai media pemasaran online dengan menentukan  tujuan  komunikasi pemasaran melalui model komunikasi pemasaran modern.

memanfaatkan fitur yang ada di Instagram, serta mengenali sifat konsumen untuk pemeliharaan media pemasaran yang tepat. Para pebisnis memanfaatkan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran onlinenya sesuai dengan beberapa fitur yang ada pada Instagram.

Baca Juga: Pemanfaatan Strategi Marketing melalui Media Sosial untuk Mengembangan Kesenian Kuda Lumping di Desa Minggirsari

Para pebisnis juga memanfaatkan fitur terbaru Instagram yaitu dengan mengubah ke akun bisnis untuk memfokuskan target dan rutin memanfaatkan fitur iklan setiap hari.

Penulis: Luthfiyah Jamilah
Mahasiswa Jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka

Editor: Ika Ayuni Lestari

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI