Magang MBKM UM di DP3A Kabupaten Malang oleh Mahasiswa PLS

Magang
Magang MBKM UM di DP3A Kabupaten Malang

Melalui kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa memiliki kesempatan untuk memenuhi hak belajar dengan memilih kegiatan belajar yang salah satunya adalah magang/ praktik kerja.

Magang MBKM adalah Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) yang memberikan wawasan dan pengalaman praktis kepada mahasiswa mengenai kegiatan riil di dunia kerja yang dilaksanakan selama 1 semester (setara 20 SKS).

Melalui magang mahasiswa diharapkan memperoleh hard skills (keterampilan, complex problem solving, analytical skills, dan sebagainya), maupun soft skills (etika profesi/ kerja, komunikasi, kerjasama, dan sebagainya).

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Mengulas Kegiatan Magang MBKM Batch 4 Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur di Kantor Lembaga Amil Zakat Nasional Lembaga Ukhuwah Islamiyah Kantor Pusat

Pada kegiatan Magang MBKM UM ini departemen PLS telah membagi mahasiswa secara berkelompok berdasarkan peminatan yang telah dipilih oleh mahasiswa itu sendiri. Peminatan yang ada terdiri dari Pendidikan Keluarga, Pemberdayaan Masyarakat, dan Pelatihan Kursus.

Melalui ketiga peminatan tersebut mahasiswa PLS nantinya akan ditempatkan pada lokasi magang yang sesuai dengan peminatan yang dipilih, tujuannya mahasiswa PLS dapat mengimplementasikan mata kuliah PLS yang telah dipelajarinya selama perkuliahan di dalam dunia kerja.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Malang menjadi salah satu lokasi magang yang telah ditentukan oleh departemen PLS untuk mahasiswa PLS angkatan 2020, dikarenakan sesuai dengan peminatan beberapa mahasiswa pada pendidikan keluarga.

Pada kegiatan Magang MBKM UM, tahap awal yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu dengan datang ke DP3A Kabupaten Malang untuk memberikan surat permohonan izin magang. Mahasiswa diterima dengan baik tanpa persyaratan tertentu. Sehingga hal ini sangat mempermudah kegiatan magang mahasiswa.

Setelah diterima oleh lembaga, mahasiswa magang mengurus beberapa persuratan yang dibutuhkan sebelum mulai masuk magang. Setelah itu, mahasiswa mulai masuk magang pada tanggal 6 Februari 2023.

Mahasiswa terbagi dalam beberapa bidang di antaranya Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kualitas Keluarga, Bidang Pemenuhan Hak Anak, Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak, UPTD PPA, dan Sekretariat.

Selama proses pelaksanaan magang mahasiswa berjalan satu bulan, mahasiswa magang diserahterimakan oleh dosen pembimbing lapangan kepada lembaga, serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan mahasiswa selama magang berjalan satu bulan tersebut.

Baca Juga: Magang MBKM di Kantor BRI KK Chevron Rumbai, Ilmu dan Manfaatnya Banyak Banget loh!

Berikut adalah foto serah terima mahasiswa magang oleh dosen pembimbing lapangan yaitu Dr. Ica Purnamasari, M.Pd. kepada Ibu Wenny Wijayanti, S.S. selaku pamong mahasiswa magang. 

Selama pelaksanaan magang, mahasiswa beradaptasi dengan lingkungan magang dan pegawai-pegawai yang ada di DP3A. Pegawai-pegawai DP3A Kabupaten Malang sangat baik dan ramah sehingga mahasiswa mudah dalam berbaur dengan mereka.

Hal ini mempermudah mahasiswa dalam mengidentifikasi akan kebutuhan lembaga, yang akan dijadikan perencanaan program kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa. 

Berikut merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa PLS selama pelaksanaan magang di DP3A berdasarkan bidang yang ditempatinya seperti:

Sekretariat, mahasiswa membantu pengarsipan surat-menyurat, penyusunan SPJ mulai dari pembuatan kwitansi perjalanan dinas, daftar penerima perjalanan dinas, surtug, SPPD, pengarsipan data-data pegawai DP3A, dan lain sebagainya. Mahasiswa dalam kegiatan ini mendapat pengalaman baru untuk nantinya menghadapi dunia kerja di sebuah lembaga.

Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Kualitas Keluarga, mahasiswa mampu mempelajari dan berpartisipasi penuh dalam kegiatan bidang, serta pelaksanaan program pelatihan berbasis keluarga. Di sisi lain juga mendapatkan ilmu pengetahuan bagaimana menciptakan keluarga yang indah.

Baca Juga: Mahasiswa UMRI Laksanakan Program Magang MBKM di BRI KCP Senapelan Pekanbaru untuk Bekal Ilmu Memasuki Dunia Kerja

Bidang Pemenuhan Hak Anak, mahasiswa mengikuti berbagai kegiatan Zoom Meeting seperti sosialisasi, webinar, dan pelatihan. Di mana kegiatan-kegiatan Zoom Meeting tersebut memberikan pemahaman baru kepada mahasiswa terkait berbagai pemenuhan hak anak. 

Selain itu mahasiswa juga membantu dalam pengarsipan SK, data, kerjasama, dan lain sebagainya. Kegiatan pengarsipan ini memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa dalam dunia kerja. Kemudian kegiatan editing pembuatan leaflet dan buku yang membuat mahasiswa mampu berpikir kreatif dan inovatif.

Ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan bidang seperti program podcast dan rapat koordinasi KLA. Dengan berbagai kegiatan yang telah dilakukan, mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja secara langsung yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa.   

Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak, mahasiswa magang membantu dalam merencanakan program program yang akan dilakukan. Melakukan persiapan untuk program yang akan dilaksanakan sesuai tanggal yang telah ditentukan.

Membuat media pendukung seperti leaflet atau buku saku, membantu mencari data data yang dibutuhkan sebagai referensi, membantu dalam berlangsungnya program. Selalu berpartisipasi setiap kegiatan kegiatan internal seperti koordinasi dengan pihak lain atau rapat internal.

UPTD PPA, mahasiswa mampu belajar dan berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan kasus kekerasan pada perempuan dan anak, mahasiswa juga diajarkan dan diberikan kesempatan untuk dapat berkomunikasi dengan korban dan memberikan solusi dari kasus kekerasan yang dialami oleh korban.

Baca Juga: Pengalaman Kerja Mahasiswa Akuntansi UMRI melalui Magang MBKM di Fox Hotel Pekanbaru

Selain itu mahasiswa magang juga melaksanakan program kegiatan kelompok yang berkolaborasi dengan Laskar Anak Kabupaten Malang. Laskar anak ini merupakan forum anak di bawah naungan DP3A Kabupaten Malang. Program kegiatan yang dilakukan adalah podcast.

Podcast ini bernama “LACAST” yang merupakan Laskar Anak Podcast. Podcast ini dibuat dan dikemas sedikit berbeda dari podcast-podcast sebelumnya yang telah berjalan. Di mana sebelumnya podcast laskar anak hanya didengarkan atau dipublikasikan di Spotify dengan nama Podcast Laskar Anak.  

Kali ini Laskar Anak Kabupaten Malang berkolaborasi dengan mahasiswa magang Universitas Negeri Malang dalam menginovasikan kegiatan podcast lebih berkembang lagi dengan membuat video podcast yang dipublikasikan di Youtube Laskar Anak Kabupaten Malang. Hal ini dilakukan agar podcast laskar anak juga dapat menarik perhatian masyarakat.

Podcast menjadi ajang diskusi yang menarik menyangkut permasalahan yang sedang tren atau informasi-informasi yang memberikan edukasi. Artinya pembicaraan tersebut menjadi bahan bahasan oleh berbagai kalangan terutama pemuda, remaja dan pelajar.

Oleh karena itu pada program kegiatan podcast ini dibuat dengan dua tema yaitu kenalan bareng laskar anak dan kesehatan mental. Sehingga dalam pembuatan podcast ini dapat menghasilkan dua video podcast sekaligus dengan tema yang berbeda.

Tujuan dari kedua tema tersebut adalah untuk memperkenalkan laskar anak ke masyarakat luas khususnya anak pada usia sekolah di Kabupaten Malang yang masih belum tahu atau mengenal laskar anak.

Selain itu tema kesehatan mental yang diambil ini juga masih berkaitan dengan permasalahan anak-anak dan remaja. Sehingga tujuan dari diangkatnya tema kesehatan mental tersebut, remaja dapat mengenali gangguan kesehatan mental, cara mengatasinya, dan lain sebagainya.

Berikut adalah foto setelah kegiatan podcast bersama bapak ibu dinas, narasumber, dan laskar anak.

Banyaknya aktivitas kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa di tempat magang memberikan pengalaman yang luar biasa bagi mahasiswa. Banyak hal yang dipelajari oleh mahasiswa khususnya pengalaman magang di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Malang.

Baca Juga: Memperdalam Ilmu Auditing Melalui Program Magang MBKM di Kantor Akuntan Publik Khairul

Mahasiswa secara langsung merasakan dunia kerja, tentunya hal ini bermanfaat bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja sesungguhnya.

Berikut adalah foto penjemputan mahasiswa magang oleh dosen pembimbing lapangan yaitu Dr. Ica Purnamasari, M.Pd. sekaligus penyerahan kenang-kenangan. Penyerahan kenang-kenangan diterimakan oleh Ibu Lani Masruro, S.E., M.Si. selaku sekretaris dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dan Ibu Wenny Wijayanti, S.S. selaku pamong mahasiswa magang.

Pengalaman dan pelajaran yang didapat selama magang di DP3A Kabupaten Malang sangat berkesan bagi mahasiswa. Sehingga mahasiswa PLS mengucapkan banyak terima kasih terhadap DP3A Kabupaten Malang telah memberikan izin mahasiswa untuk belajar dan berkembang di lembaga.

Penulis: 
1. Arsyllah Wulandari
2. Dhea Oktavia Salsa Billa
3. Laila Nur Azizah
4. Nasywa Nurlia Ramadiana
5. Nilla Aryani
6. Nova Yunita Anggreani
Mahasiswa Departemen Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang

Editor: Ika Ayuni Lestari     

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI