Pengaruh Hypnobirthing terhadap Tingkat Nyeri dan Kemajuan Persalinan pada Ibu Bersalin

Pengaruh Hypnobirthing terhadap Tingkat Nyeri dan Kemajuan Persalinan pada Ibu Bersalin
Sumber: pixabay.com

Rasa Nyeri

Nyeri persalinan merupakan nyeri yang disebabkan oleh kontraksi rahim yang dapat menyebabkan peningkatan aktivitas sistem saraf simpatis.

Nyeri hebat saat melahirkan dapat menyebabkan perubahan fisiologi tubuh seperti peningkatan tekanan darah, peningkatan denyut jantung, dan peningkatan laju pernapasan, dan bila tidak segera ditangani akan meningkatkan kekhawatiran, ketegangan, ketakutan dan stres.

Peningkatan glukosa tubuh pada ibu hamil yang stres menyebabkan kelelahan dan pelepasan katekolamin yang menekan kontraksi uterus sehingga mengakibatkan persalinan lama (Bobak, 2005, Cuningham 2004), yang bertujuan untuk mempertahankan kontraksi uterus selama persalinan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Hypnobirthing merupakan kombinasi proses melahirkan secara alami dengan hipnosis untuk menciptakan persepsi positif dan rasa percaya diri, serta rasa takut, cemas dan tegang serta panik sebelum, saat dan setelah melahirkan.

Salah satu tekniknya adalah autohypnosis (self-hypnosis), yaitu: sugesti diri dalam menghadapi kehamilan dan persiapan persalinan, agar ibu hamil dapat menjalani kehamilan dan persalinan secara alami, lancar dan nyaman (tanpa rasa sakit) dan yang lebih penting, jiwa anak yang mereka kandung.

Ketika seorang wanita yang sedang bersalin terbebas dari rasa takut, otot-otot di tubuhnya, termasuk otot-otot rahim, akan rileks, membuat persalinan menjadi lebih mudah dan mengurangi stres. (Amru & Selvia, 2022)

Apa Manfaat Hypnobirthing

Hypnobirthing menyebabkan tubuh menjadi rileks, pikiran menjadi tenang. Ketika tubuh ibu hamil dalam keadaan rileks dan tenang, ia dapat mulai menginternalisasikan afirmasi positif baik selama maupun sebelum kehamilan. Ungkapan positif membuat ibu bersemangat menyambut kehamilannya atau sebaliknya.

Pikiran negatif meningkatkan kecemasan, ketakutan dan kekhawatiran selama kehamilan, terutama saat melahirkan. Ungkapan positif untuk diri sendiri merangsang perasaan yang berbeda.

Ketika ibu hamil menginternalisasi ungkapan-ungkapan positif, seperti apa yang diinginkannya, ingatan akan ibu kembali, sehingga kecemasan berkurang. Menurut peneliti, kecemasan menurun karena responden mampu mengendalikan pikirannya sehingga ibu menjadi rileks.

Saat ibu hamil merasa cemas, hal ini berdampak pada otot-otot tubuh, terutama otot jalan lahir. Saat keadaan rileks, tubuh menjadi rileks sehingga kalimat dan doa positif yang diinginkan ibu tersimpan di alam bawah sadar ibu.

Hal ini dapat membuat ibu menerima sugesti yang ditanamkan, sehingga dapat menimbulkan reaksi positif pada diri ibu dan dapat membuat tubuh ibu menerima ungkapan atau sugesti yang ditanamkan pada dirinya.

Berdasarkan hasil uji statistik menunjukkan bahwa hypnobirthing berpengaruh signifikan terhadap penurunan tingkat kecemasan ibu hamil. (Istikhomah & Ayu Putri Mumpuni Kementerian Kesehatan Politeknik Kesehatan Surakarta Jurusan Kebidanan, n.d.)

Baca Juga: Pengaruh Aroma Terapi Lavender terhadap Nyeri Persalinan

Cara Self Hypnobirthing

Pengaruh Hypnobirthing terhadap Tingkat Nyeri dan Kemajuan Persalinan pada Ibu Bersalin

  • Pastikan bahwa posisi anda nyaman sehingga anda dapat relax,
  • Lalu, atur napas dan fokus di nafas yang keluar dan masuk secara perlahan, ulangi dan perlahan pejamkan mata, fokus dan hilangkan beban pikiran anda,
  • Bayangkan anda berada di tempat ter-favorit anda,
  • Setelah itu ikuti langkah demi langkah dan rasakan dan nikmati serta terima sensasinya.

 

Efek Hypnobrithing Pada Ibu Bersalin

Pengaruh Hypnobirthing terhadap Tingkat Nyeri dan Kemajuan Persalinan pada Ibu Bersalin

Hal ini menunjukkan bahwa pasien yang dilakukan hypnobrithing lama persalinannya semakin cepat. Teori yang ada menyatakan bahwa lama persalinan kala I fase aktif pada primigravida yaitu berlangsung 6 jam, dibagi atas :

1) Akselerasi: berlangsung 2 jam, pembukaan menjadi 4 cm.

2) Dilatasi maksimal (stedy) : selama 2 jam pembukaan berlangsung cepat menjadi 9 cm.

3) Deselerasi: berlangsung lambat dalam waktu 2 jam pembukaan jadi 10 cm atau lengkap.

Sedangkan pada multigravida fase aktif berlangsung 2 jam, dibagi atas 3 sub fase :

  • akselerasi, berlangsung 1 jam, pembukaan menjadi 4 cm,
  • 2) Dilatasi maksimal, selama 0,5 jam pembukaan berlangsung cepat menjadi 9 cm,
  • Deselerasi, berlangsung lambat dalam waktu 0,5 jam pembukaan menjadi 10 cm atau lengkap.

Lama Persalinan kala satu dipengaruhi oleh psikologi pasien. Persalinan dapat berjalan secara wajar dan lancar apabila didukung dengan ketenangan dan relaksasi, sehingga otot rahim berkontraksi dengan baik, ritmis dan adekuat. (Istikhomah & Ayu Putri Mumpuni Kementerian Kesehatan Politeknik Kesehatan Surakarta Jurusan Kebidanan, n.d.)

Baca Juga: 5 Manfaat Meditasi untuk Ibu Hamil

Kesimpulan

Nyeri persalinan disebabkan oleh kontraksi rahim yang dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf simpatis. Nyeri hebat saat melahirkan dapat menyebabkan perubahan fisiologi tubuh. Peningkatan glukosa tubuh pada ibu hamil yang stres dapat mengakibatkan persalinan lama. Hypnobirthing merupakan kombinasi proses melahirkan secara alami dengan hipnosis untuk menciptakan persepsi positif dan rasa percaya diri.

Hypnobirthing membuat tubuh rileks dan pikiran tenang. Ungkapan positif selama kehamilan dapat mengurangi kecemasan. Kecemasan menurun karena responden mampu mengendalikan pikirannya sehingga ibu menjadi rileks. Hypnobirthing berpengaruh signifikan terhadap penurunan tingkat kecemasan ibu hamil.

Cara Self Hypnobirthing: Pastikan posisi nyaman, atur napas, fokus pada nafas, pejamkan mata, bayangkan tempat favorit, ikuti langkah demi langkah. Hypnobirthing dapat mempercepat persalinan. Lama persalinan dipengaruhi oleh psikologi pasien. Persalinan dapat berjalan lancar dengan ketenangan dan relaksasi.

 

Shamira Bakes

Penulis : Shamira Bakes
Mahasiswi Program Studi Kebidanan, Universitas Binawan
Dosen Pengampu: Apriyani Riyanti, S.Pd.,M,Pd

 

 

Daftar Pustaka

(Amru & Selvia, 2022)

(Istikhomah & Ayu Putri Mumpuni Kementerian Kesehatan Politeknik Kesehatan Surakarta Jurusan Kebidanan, n.d.)

Editor: I. Khairunnisa

Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI