Pentingnya Investasi Untuk Generasi Milenial

Pentingnya Investasi

Banyak generasi milenial di zaman sekarang masih belum paham dan mengerti akan investasi. Hal ini mungkin dapat disebabkan karena tuntutan gaya hidup modern yang tinggi sehingga mereka enggan dan merasa sulit untuk menyisihkan penghasilan untuk berinvestasi.

Anda tidak akan pernah tau keadaan dimasa depan itu seperti apa. Gaji atau pemasukan yang anda peroleh sekarang memang kelihatannya besar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari anda. Tapi kedepannya pasti anda akan menikah dan tidak lama segera memiliki seorang buah hati.

Sehingga gaji yang anda peroleh sekarang belum tentu bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan anda di masa yang akan datang. Kebutuhan anda akan uang semakin meningkat beriringan dengan berjalannya fase kehidupan anda.

Bacaan Lainnya
DONASI

Maka, hal yang perlu anda siapkan adalah berinvestasi sejak usia muda. Investasi adalah kegiatan anda untuk mempersiapkan dana atau sumber daya lainnya sekarang untuk mendapatkan untung di masa depan. Sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi, maka anda harus mengetahui cara berivestasi dengan baik dan benar. Sehingga anda bisa meminimalkan persentase kerugian selama menjalankan investasi.

Manfaat Investasi Saat Usia Muda

Ada manfaat-manfaat yang dapat diperoleh jika anda menjalankan investasi saat usia muda, antara lain yaitu:

1. Persiapan Untuk di Hari Tua  Yang Sejahtera

Saat memasuki usia senja meskipun anda memiliki keinginan untuk tetap bekerja, tetapi fisik yang anda miliki tak akan lagi sama dan sekuat masa muda. Otomatis penghasilan yang anda dapatkan akan berkurang dibandingkan dengan masa usia produktif seperti sekarang ini.

Maka yang harus anda lakukan adalah melakukan investasi sejak di usia muda, untuk bisa menunjang kebutuhan di usia tua. Semakin cepat anda berinvestasi maka akan semakin baik.

2. Kebebasan Finansial Dapat Tercapai

Ini adalah keadaan dimana anda wajib lagi untuk bekerja keras, karena anda telah memiliki penghasilan pasif yang bisa terus didapatkan. Setiap orang memiliki rencana keuangan masing-masing, untuk mewujudkan hal ini maka investasi sedini mungkin pun menjadi solusinya.

3. Yang Bekerja Adalah Uang

Sudah bukan saatnya Anda hanya bekerja untuk uang, tapi biarkanlah uang yang akan bekerja untuk Anda, caranya yaitu dengan berinvestasi. Ketika anda membeli sebuah produk investasi maka nilainya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Jadi, semakin Anda cepat berinvestasi semakin cepat pula uang akan bekerja untuk Anda

4. Melatih Diri Untuk Lebih Disiplin

Anda pasti pernah berfoya-foya menghabiskan uang untuk bersenang-senang atau membeli sesuatu yang tidak berguna. Dengan Anda berinvestasi maka Anda akan terbiasa untuk menyisihkan uang Anda, sehingga Anda akan disiplin untuk selalu bijak dan cermat menggunakan uang Anda, dan menggunakannya untuk berinvestasi dari pada menggunakan uang tersbut untuk bersenang-senang atau membeli sesuatu yang tidak berguna. Anda harus bisa berpuasa dengan kesenangan demi mendapatkan kebahagiaan di usia tua.

5. Menambah Nilai Kekayaan Dan Aset Anda

Yang dimasud asset di sini tidak hanya berupa gedung atau property lainnya, tetapi juga uang yang anda miliki juga bisa disebut dengan aset, aset berupa ini jika disishkan untuk investasi tentunya akan berkembang semakin banyak dan meningkat nilainya, perkembangan aset tersebut akan berbanding lurus dengan kekayaan yang anda miliki.

Ilham Muhammad
Ekonomi Syariah
UIN Sunan Ampel Surabaya 

Editor: Muhammad Fauzan Alimuddin

Baca Juga:
Sudahkah Kamu Memilih Investasi yang Tepat Berdasarkan Profil Risikomu?
Pasar Saham Kovensional atau Pasar Saham Syariah?
Harga Emas di Indonesia Turun Ketika Permintaan Dunia Naik. Mengapa?

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI