Stop Judging TikTok, Manfaatkan Peluang Bisnis di Dalamnya

Peluang Bisnis TikTok

Seperti yang kita ketahui, TikTok merupakan sebuah aplikasi media sosial yang akhir-akhir ini sangat populer dikalangan masyarakat. Aplikasi ini berbasis video pendek dengan tambahan special effect yang unik dan menarik. Pembuatan video dalam aplikasi ini juga terbilang mudah sehingga semua kalangan masyarakat bisa menggunakannya. Selain efek video yang unik, TikTok juga memberikan fasilitas editing video lainnya, seperti: editor musik, editor suara, dan lain sebagainya. Video pendek dalam TikTok ini umunya hanya berisi tentang pengguna TikTok yang menyalurkan hoby nya dengan performa tarian, gaya bebas, dance dan lainnya. Yang nantinya video ini akan di upload pada setiap akun TikTok milik pengguna sehingga dapat dipamerkan kepada teman-teman atau pengguna TikTok yang lainnya.

Apa itu Self-Serve TikTok for Business?

Baru-baru ini TikTok mengembangkan performanya dengan menambahkan platform pendukung perkonomian yang dinamakan Self-Serve TikTok for Business. Platform ini bertujuan untuk mendukung perekonomian masyarakat terutama para pelaku UMKM untuk mempromosikan dan membantu masyarakat mendapatkan pendapatan yang meningkat dari usaha mereka. Hal ini tentu disambut baik oleh masyarakat, baik dari pengguna TikTok maupu non-pengguna TikTok. Dengan platfrom terbaru yang dikembangkan TikTok ini diharapkan para pelaku UMKM semakin mudah dalam memasuki dunia digital pemasaran, terutama pada saat pandemi Covid-19 ini, banyak pelaku UMKM yang mengeluhkan menurunnya pendapatan pokok mereka karena terbatasnya proses promosi dan pengenalan produk mereka kepada masyarakat.

Apa Saja Vitur yang dapat Dimanfaatkan dalam  Self-Serve TikTok for Business?

Pengembangan aplikasi TikTok dengan mengusung platform Self-Serve TikTok for Business ini juga turut membawa beberapa vitur yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya, antara lain:

Bacaan Lainnya
DONASI
  1. Flexibel Budgets, sebuah vitur dalam TikTok yang dirancang untuk menyesuaikan pengeluaran sebuah toko atau perusahaan berdasarkan pendapatan yang didapat.
  2. Bussines Account, TikTok juga menambahkan akun bisnis yang dapat digunakan sebagai alat untuk merancang kebutuhan perusahaan dalam setiap kegiatan atau performa perusahaan tersebut.
  3. Creative Tools, vitur ini beguna dakam pembuatan video pemasaran yang menarik dan kreatif, salam vitur ini disediakan berbagai tools yang dilengkapi dengan Video Creation Kit, Smart Video Soundtrack dan TikTok Adstudio.

Lalu, Bagaimana Cara Menggunakannya?

Dalam TikTok for Business ada tiga struktur dalam pembuatan promosi pemasaran sebuah produk. Struktur pertama yaitu kampanye, kemudian di dalam kampanye terdiri beberapa grup iklan dan di dalam grup iklan ini berisikan kumpulan iklan.

Cara membuat kampanye, yaitu:

  1. Langkah pertama, buat akun melalui https://www.tiktok.com/business/id.
  2. Kemudian klik jangkauan iklan, tujuan iklan, konversi iklan sampai dengan menetapkan budget untuk pengeluaran perusahaan.

Iklan kreatif bermanfaat untuk mencapai target pemasaran yang tepat yang nantinya akan berimbas pada pendapatan perusahaan. Untuk itu berikut adalah cara membuat iklan kreatif dengan metode ABCDE, yaitu: 

A (Activate): fitur interaktif TikTok untuk mengaktifkan interaksi pengguna.

B (Bridge): bangun komunikasi antara perusahaan dengan konsumen melalui konten pemasaran yang unik dan menarik.

C (Collaborate): berkolaborasi dengan pengguna TikTok lainnya untuk membangun jaringan dan memasarkan produk di banyak kalangan pengguna.

D (Draw):  menarik perhatian pengguna TikTok dengan pesan dan kesan yang menarik.

E (Evolve): pertahanan sebuah perusahaan yang berusaha beradaptasi dengan perubahan dan berkembang terhadap inovasi yang telah direncanakan.

Dengan berkembangnya aplikasi TikTok for Business ini diharapkan dapat membantu pendapatan para pelaku UMKM dan mempermudah proses digitalisasi pelaku UMKM di Indonesia supaya dapat berkembang dengan baik.

Syntya Ayu Ananda
Ekonomi Syariah
UIN Sunan Ampel Surabaya

Editor: Diana Intan Pratiwi

Baca Juga:
Generasi TikTok di Era Pandemi
Transformasi dan Peluang Baru Pariwisata di Era New Normal
Problematika Bisnis di Tengah Pandemi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI