Layanan Home Service Menjadi Solusi Baru Pelanggan Otomotif di Indonesia

Layanan Home Service

Aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kembali dikeluarkan di sejumlah wilayah Indonesia. Hal tersebut membuat aktivitas masyarakat terbatas di lingkungan rumah mereka.

Himbauan untuk tetap di rumah saja masih berjalan sampai saat ini untuk memotong rantai penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas.

Hal ini membuat pemilik kendaraan yang sudah lama tidak melakukan perawatan maupun service selama PSBB enggan datang ke bengkel untuk melakukan service kendaraan, seperti pengecekan dan perbaikan berkala. Padahal perawatan kendaraan tidak boleh diabaikan walaupun jarang dipakai.

Bacaan Lainnya
DONASI

Pengertian Home Service

Layanan Home Service menjadi pilihan bijak pemilik kendaraan untuk dilakukan di masa sekarang ini. Home service merupakan layanan dimana service dan perawatan sebuah kendaraan bisa dilakukan di rumah masing-masing pelanggan.

Sehingga kendaraan tidak perlu datang ke bengkel secara langsung. Pelayanan yang diberikan sama dengan di bengkel, pelanggan tidak perlu khawatir karena pelayanan ini selalu memperhatikan protokol kesehatan mulai penyemprotan cairan disinfektan, memakai masker, sampai menyediakan hand sanitizer sesuai dengan standar yang sudah diterapkan masing-masing pabrikan.

Baca Juga: Pengaruh Minat Konsumen Belanja Online selama Covid-19

Banyak pabrikan mobil ataupun motor yang sudah menjalankan layanan Home Service seperti contoh Toyota dengan program Toyota Home Service atau Hyundai dengan program Hyundai Datang Kemana Saja.

Umumnya program layanan ini ada tiga tahap yang dimulai dengan Pemesanan, dimana pelanggan dapat melakukan reservasi melalui Call Center atau website pada hari dan jam kerja untuk melakukan booking, layanan ini tak hanya berlaku di Jabodetabek saja, namun juga bisa dinikmati konsumen yang ada di daerah lainnya.

Tahap kedua adalah Service, dimana dealer resmi akan mengkonfirmasi permintaan pelanggan dan teknisi dapat mulai melakukan jasa service di lokasi dan waktu sesuai yang kesepakatan pelanggan.

Tahap akhir adalah Penyelesaian, dimana pelanggan akan menerima faktur digital melalui e-mail atau WhatsApp untuk pelunasan pembayaran.

Keunggulan Layanan Home Service

Tentunya layanan ini akan menjadi tren baru yang menguntungkan pabrikan kendaraan tersebut. Karena ada beberapa kelebihan yang bisa didapat lewat program ini seperti harga biaya service yang sama seperti di bengkel, tanpa biaya kunjungan dan mekanik berkualitas dengan sertifikasi dari pabrikan.

Tentunya menghemat waktu karena tidak harus keluar rumah namun memiliki standar service yang sama baiknya seperti datang ke bengkel. Kemudahan anda untuk menemukan jasa ini lewat website atau aplikasi pabrikan kendaraan.

Seperti di Google Play dan App Store juga menjadi poin lebih. Jadi, Anda tidak perlu pusing lagi mencari cara untuk ke bengkel saat PSBB deh!

Mevlana Faza Ayeztama
Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Editor: Diana Pratiwi

Baca Juga: Maraknya Belanja Online / Online Shop
5 Tips Sukses Jualan Online bagi Mahasiswa saat Pandemi Corona

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI