Peluang Usaha Masa Kini, Bucket Snack Usaha Unik dan Kreatif

Snack Bouquet Kerajinan Unik Cocok Untuk Peluang Bisnis

Seni Kerajinan Bucket Snack atau Snack Bouquet sepertinya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Bucket snack telah menjadi bisnis dan hadiah unik yang mulai viral di era milenial yang digandrungi oleh banyak kalangan.

Snack Bouquet atau Bucket Snack

Sejarah bucket snack sendiri erat kaitannya dengan bucket bunga. Dengan cara pembuatan yang sama yaitu dengan merangkai kertas dan bunga. Dalam merangkai snack, menentukan pilihan warna kemasan sangat penting agar terlihat rapi dan tidak terlihat berantakan serta kesan serasi menjadi daya tarik dari bucket snack ini.

Bucket snack dirangkai untuk kebutuhan seperti kado/hadiah/bingkisan suatu acara yang dipandang istimewa/special seperti hari ulang tahun, pernikahan, acara kelulusan (wisuda), hari valentine, peringatan anniversary dan acara peringatan lainnya. Maka dari itu kami mengenalkan produk bucket snack sebagai pelengkap teman-teman yang memerlukan hadiah untuk orang-orang terkasih.

Bacaan Lainnya
DONASI
Floyarra Bouquet
Floyarra Bouquet

Floyarra Bouquet adalah salah satu jenis usaha yang berkecimpung di ranah kerajinan Bouquet. Adapun bouquet yang dibuat adalah Bouquet Snack. Floyarra Bouquet selalu berusaha untukmemberikan hasil terbaik untuk pelanggan. 

Manfaat usaha yang diperoleh dapat meningkatkan kreatifitas berinovasi dalam berbisnis, menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi seseorang yang ingin memiliki penghasilan tambahan, seperti mahasiswa, karyawan swasta, ibu rumah tangga ataupun lainnya.

Target market dalam usaha ini memfokuskan pembelian kepada para remaja dan dewasa. Pada usiausia tersebut lebih sering memerlukan produk ini sebagai hadiah untuk orang-orang terkasih.

Goal market,harapannya mampu bersaing dengan para pengusaha bucket di luaran sana, dengan nilai keunikan dari produk ini, harga jual kompetitif berdasar dari tingkat kesulitan dan ukuran produk. Tidak ada yang sempurna dalam menjalankan sebuah usaha, pastinya ada risiko usaha yang dihadapi.

Bentuk usaha dari bisnis ini adalah usaha kecil mandiri dimana modal untuk usaha berasal dari dana pribadi. Usaha ini bergerak dalam bidang seni kerajinan tangan yang menjual Bouquet Snack. Bisnis ini dipromosikan melalui media online sehingga dapat memudahkan pelanggan dari daerah lain yang ingin membeli kerajinan bouquet.

  • Visi
    Menjadikan Floyarra Bouquet sebagai usaha unik, kreatif, dan mampu bersaing di bidang usaha handmade.
  • Misi
    Melayani pelanggan dengan sepenuh hati.
    Memberikan hasil terbaik untuk kepuasan pelanggan.
    Memberikan solusi untuk moment istimewa anda.

Karya seni dan keunikannya menjadi daya tarik yang dicari banyak orang. Semakin kreatif dan unik dari hasil karya yang dihasilkan, semakin besar pula peluang kerajinan tersebut laku di pasaran. Selain itu, usaha ini tidak mengenal adanya trend sehingga dalam waktu apapun, tetap memiliki pembelinya tersendiri.

Mengapa produk dan jasa Floyyara Bouquet yang dipilih?

  • Floyyara Bouquet memberikan kemudahan untuk pelanggan dengan menerima pesanan sesuai keinginan dari pelanggan, terkait ukuran, budget, dan isian pada bouquet.
  • Floyarra Bouquet berusaha memberikan solusi terkait jenis bouquet apa yang dibutuhkan pelanggan.
  • Floyarra Bouquet menjamin kualitas dan kuantitas terbaik untuk kepuasan pelanggan.
  • Proses transaksi secara online ataupun offline.

Proses Produksi

Bahan pembuatan

  • Kertas cellophane, kertas tisu
  • Isian bouquet : Snack Ringan
  • Pita
  • Busa Oasis/Sterofoam
  • Tusuk Sate / Kawat
  • Selotip
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Cutter
  • Penggaris Proses

Pembuatan Bouquet

  1. Siapkan snack ringan yang dibutuhkan untuk bahan isian bucket jika perlu bunga artificial pun dapat ditambahkan.
  2. Siapkan busa oasis dan potong sesuai kebutuhan, setelahnya rangkai snack pada busa dalam susunan yang rapi.
  3. Siapkan kertas cellophane, lalu ukur kebutuhan kertas untuk menyusun layer pertama pada bucket.
  4. Susun layer pertama, dan rekatkan menggunakan selotip, untuk layer pertama di asumsikan sebagai frame awal.
  5. Selanjutnya susun kertas sesuai layer yg dibutuhkan tergantung dari ukuran bucket yang diinginkan, semakin besar bucket yang di bentuk semakin banyak layer kertas yang diperlukan.
  6. Setelah bucket selesai di bentuk, tahap selanjutnya adalah memberikan pita agar tampilan bucket lebih indah.

Analisis SWOT 

Keunggulan (Strength)

Produk memiliki lifetime lama, seni handmade memiliki value lebih, harga jual fleksibel, harga produk variatif serta kompetitif, produk berkualitas dengan kombinasi warna cantik serta isian snack sesuai keinginan pelanggan, produk unik dan sulit ditiru sempurna, serta pemasaran sudah melalui online dan offline.

Kelemahan (Weakness)

Kompetitor cukup banyak antara kelompok maupun individu, produk sulit dipatenkan, perang harga dengan bucket snack lainnya.

Peluang (Opportunities)

Pemasaran yang cukup mudah, dilingkungan kampus, tempat tinggal, ataupun di pinggir jalan, kreativitas dengan banyaknya variasi bouquet yang dibuat nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan untuk membeli bucket ini, menjadikan hoby sebagai sebuah bisnis.

Ancaman (Threats)

Bentuk ancaman untuk bisnis ini adalah semakin banyaknya orang yang membuka bisnis bucket, karena untuk membuat sebuah bucket snack dapat di pelajari dengan mudah.

Target Pasar

Target Pasar, dalam strategi pemasaran, makna pasar itu begitu luas sehingga pengusaha harus memilih yang tepat pasar mana yang akan dilayani. Disini kami menfokuskan pembelian ke remaja dan dewasa. Pada usia-usia ini lebih sering memerlukan produk ini sebagai hadiah. Tidak menutup kemungkinan untuk kalangan yang lain, melainkan lebih terfokus ke remaja dan dewasa.

Pengembangan pemasaran dilakukan didaerah sekitar tempat tinggal maupun kampus dan media sosial. Produk bouquet ini diharapkan mampu berkembang lebih pesat lagi dengan daya saing yang sehat, menjadikan hoby sebagai sebuah peluang usaha diharapkan dapat memberikan nilai positif untuk individu maupun kelompok. Sebuah karya seni yang memiliki nilai jual diharapkan mampu memberikan perubahan pada aspek ekonomi.

Untuk teman – teman yang ingin memiliki usaha sampingan, usaha bucket ini cocok untuk
dipasarkan, baik ke rekan, saudara, dan orang – orang yang menyukai kerajinan bucket ini. Selain pembuatan nya yang tidak sulit bahan baku nya pun juga mudah ditemukan, sehingga teman – teman dapat membuatnya sendiri dan bisa menjadi peluang usaha.

Terimakasih kepada teman – teman yang telah meluangkan waktu nya untuk membaca artikel kami, artikel ini dibuat untuk mengenalkan produk dan bisnis UMKM, diharapkan mampu memberikan perubahan pada aspek ekonomi, dengan nama produk “Floyarra Bouquet”. Serta untuk memenuhi kegiatan tugas akhir mata kuliah kewirausahaan.


Nama Kelompok 3 :
Atikah Sari – NIM 211011200054
Nur Laelatul Izza – NIM 211011200074
Zakiah Annisa Jannah – NIM 211011200613

Dosen Pembimbing :
Ibu Afridayani, S.E., M.M

Program Studi : AKUNTANSI S1
Univesitas Pamulang – Tangerang Selatan

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI