PPK HMP Pendidikan Geografi Atlantis Gelar Peningkatan Kapasitas Desa Paseduluran Melalui Digitalisasi Sistem Evakuasi Bencana Erupsi Merapi Ramah Difabel

Tim Progam Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) HMP Pendidikan Geografi Atlantis Universitas Muhammadiyah Surakarta mengadakan sosialisasi program “Peningkatan Kapasitas Desa Paseduluran Melalui Digitalisasi Sistem Evakuasi Bencana Erupsi Merapi Ramah Difabel di Desa Demakijo”.

Yang dilakukan di Balai Desa Demakijo Desa Demakijo Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten, Minggu (31/Juli/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh 14 peserta terdiri dari para aktivis relawan bencana erupsi Merapi yaitu perwakilan dari BPBD Kabupaten Klaten, ULDPB BPBD Kabupaten Klaten, Relawan Aries, Relawan Desa Tegalmulyo, Perangkat Desa Demakijo, dan Perangkat Desa Tegalmulyo dengan antusiasme peserta yang tinggi.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca juga: Dampak Erupsi Gunung Semeru terhadap Masyarakat Sekitar

Para peserta sosialisasi.

Kegiatan Sosialisasi ini merupakan program kerja pertama dari Tim PPK ORMAWA yang diketuai oleh Syilvia Mildiana Ningrum mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2019, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Ibu Siti Azizah Susilawati, S.Si., M.P.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Tim PPK ORMAWA bersama dengan Mitra Tim PPK ORMAWA yakni Desa Demakijo. Sosialisasi Program Kerja dilakukan untuk mengenalkan program kerja yang akan berjalan selama kegiatan PPK ORMAWA berlangsung kepada para aktivis relawan bencana.

Yang nantinya akan menjadi pengguna aplikasi sistem evakuasi bencana yang akan dibuat pada program kerja selanjutnya guna memudahkan pengguna dalam mengevakuasi teman difabel pada saat terjadi erupsi Gunung Merapi.

Aktivis relawan bencana yang menjadi peserta dilakukan pre-tes oleh Tim PPK ORMAWA UMS sebelum mengikuti sosialisasi progam “Peningkatan Kapasitas Desa Paseduluran Melalui Digitalisasi Sistem Evakuasi Bencana Erupsi Merapi Ramah Difabel di Desa Demakijo”.

Pemaparan sosialisasi.

Tim PPK ORMAWA membagikan angket online terkait survei tentang Pengetahuan Bencana Erupsi untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta sosialisasi terhadap bencana erupsi.

Baca juga: Teknologi Kemasan Self Heating: Menjawab Permasalahan Pangan untuk Korban Bencana Alam

Kegiatan yang dilaksanakan Tim PPK ORMAWA selain sosialisasi juga untuk mengetahui kebutuhan lain dalam melakukan evakuasi teman difabel pada saat terjadi erupsi Merapi.

Program dari PPK ORMAWA ini terkait dengan aplikasi layanan evakuasi bencana erupsi Merapi berupa Sistem Informasi Evakuasi Bencana Erupsi Merapi Ramah Difabel berbasis web dan android di Desa Demakijo agar mempermudah evakuasi teman difabel pada saat terjadi erupsi Merapi.

Pada sosialisasi kali ini, peserta diberi gambaran apa itu PPK ORMAWA dan juga seperti apa program-program yang akan dijalankan selama periode waktu kegiatan.

Peserta sosialisasi sangat antusias dan menyambut baik kegiatan ini sehingga memberikan masukan-masukan untuk program yang akan berlangsung dan berharap program ini dapat memberikan manfaat dalam proses evakuasi erupsi Merapi terutama bagi teman difabel.

Penulis: PPK ORMAWA UMS
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi, Pendidikan Teknik Informatika, dan Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI