Sholat Dhuha dapat Melapangkan Rejeki?

Shalat Dhuha Melapangkan Rezeki
sumber: news.detik.com

Shalat Dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Shalat ini dikerjakan pada waktu dhuha, yakni ketika matahari naik lalu condong ke barat hingga sebelum waktu dhuhur. Jika melihat waktu Indonesia yaitu sekitar pukul 7 pagi hingga pukul 11 siang. Adapun pelaksanaannya sama dengan sholat sunnah pada umumnya, sholat dhuha dapat dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Shalat Dhuha merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah. Dengan senantiasa bersujud dan memohon ampunan kepada-Nya, Allah akan memperlancar urusan kita baik di dunia hingga di akhirat kelak. Shalat dhuha adalah sholat yang dikerjakan pada waktu dhuha. Waktu dhuha diyakini sebagai waktu yang tepat untuk berdoa. Waktu ini dinilai waktu sibuk bagi sebagian besar orang, dimana pada waktu pagi hingga siang sebagian orang pasti akan disibukkan dengan urusan masing-masing. Padahal bagi siapa saja yang menyempatkan untuk shalat dhuha serta berdoa pada waktu dhuha senantiasa Allah akan kabulkan dan beri kemudahan.

Shalat Dhuha Melapangkan Rezeki

Sholat dhuha jika dilakukan dengan rutin dapat mendatangkan manfaat yang luar biasa. Sholat ini dinilai sebagai sholat untuk melancarkan rejeki. Orang yang rutin sholat dhuha akan dijamin kecukupan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan dijauhkan dari kemiskinan. Hadist Nabi berbunyi:

Allah ‘Azza wa jalla berfirman: “Wahai Anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (salah dhuha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari).” (HR Daud, Ahmad, Tirmidzi).

Dalam hadist tersebut dijelaskan jika mengerjakan shalat dhuha di waktu pagi, maka Allah akan cukupkan kebutuhan hingga sore harinya. Hal membuktikan bahwa shalat dhuha dapat memperlancar dan menambah rejeki hingga mencukupi segala kebutuhan. Orang yang rajin sholat dhuha pasti tidak akan mengalami kemiskinan. Hidupnya sudah dicukupkan Allah. Banyak orang yang sudah membuktikan keajaiban yang bisa di dapat dengan rutin melakukan sholat dhuha. Tak hanya memperlancar rejeki, membuat hati tenang, diampuni dosanya hingga mencegah penyakit .

Shalat Dhuha Membangun Istana di Surga

sumber: teen.co.id

Karena dhuha dapat diawali di pagi hari, maka sebaiknya awali hari dengan mengerjakan sholat dhuha. Sholat sunnah ini jika dilakukan secara rutin dapat mendatangkan banyak kebaikan. Salah satunya dibuatkan istana di surga.

Rasulullah Saw bersabda “Barang siapa shalat dhuha 12 rakaat, maka Allah SWT akan membangunkan baginya istana dari emas di surga.” (HR Ibnu Majah)

Jaminan tersebut akan diberikan kepada orang yang senantiasa mengerjakan shalat dhuha secara rutin dengan jumlah rakaatnya 12. Bukan mudah bagi semua orang, karena sholat ini dikerjakan dengan rentan waktu yang mana disibukkan dengan urusan masing-masing. Maka tak jarang orang melewatkan sholat ini. Namun bagi orang yang bertakwa dan percaya akan janji Allah kelak di akhirat, mereka berlomba-lomba mengerjakannya dan selalu menyempatkan waktu di tengah kesibukan. Yuk, sholat dhuha mulai sekarang! Semoga Allah senantiasa melimpahkan keberkahan kepada kita semua. Aamiin.

Moh. Rizal Leviansyah
Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya

Editor: Rahmat Al Kafi

Baca Juga:
Hukum Shalat Berjamaah Merenggangkan Shaf di Tengah Wabah Covid-19
Fenomena “Jenuh” dalam Membaca Al-Qur’an
Menyambut Tamu Allah Dengan Suka Cita di Tengah Pandemi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI