Tahu Kuning Menjadi Ciri Khas Kota Kediri

Bagi masyarakat Indonesia, khususnya daerah Jawa pasti sudah tidak asing dengan tahu kuning. Olahan tahu ini berasal dari Kota Kediri, Jawa Timur. Terdapat di sepanjang jalan Kawasan Pattimura, Kediri, menawarkan berbagai merek dari tahu kuning ini.

Tidak hanya itu, olahan tahu ini juga sangat popular yang menjadi keripik tahu kuning, hingga botokan tahu kuning. Tahu khas Kota Kediri ini merupakan asli dari Tiongkok yang dibawa masuk sejak ribuan tahun lalu.

Istilah tahu ini berasal dari kata tauhu yang diambil dari bahasa Hokkian dengan arti kedelai yang difermentasi terlebih dahulu. Tahu sudah diperkenalkan di Tiongkok sejak zaman dahulu. Pada tahun 1900-an, migrasi besar warga Tiongkok ke Indonesia.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Wisata Kuliner Eksotis (Angkringan) di Pinggir Kali Kampung Jawi Semarang

Ribuan warga datang dan bermukim di antara Kota Kediri, sekarang warga Tiongkok ini masih menetap dan membuat pabrik tahu yang hingga kini masih berdiri kokoh di Kota Kediri. Warga Tiongkok merasa menemukan kesamaan tekstur air Tiongkok dengan Kediri, yang membuat mereka tertarik untuk memproduksi tahu di Kediri.

Tahu sendiri merupakan tradisi bagi etnis Tionghoa yang bermigrasi ke Kediri. Yang membedakan tahu kuning asli Kediri ini adalah dari segi tekstur dan isinya. Tahu takwa memiliki tekstur yang lebih kenyal dan padat. Saat dimasak, tahu ini akan tetap kenyal dan lebut pada isi dari tahu tersebut.

Warna kuning pada tahu ini diambil dari pewarna alami yaitu kunyit. Warna alami ini tentunya lebih sehat dan menambah rasa yang sangat khas dari tahu ini. Saat kita ingin membelinya, tahu-tahu ini akan dibungkus megunakan ‘besek’ yang terbuat dari bambu yang dianyam dan dibentuk menjadi sebuah wadah.

Pedagang tahu kuning di kota ini cukup banyak, terutama di tempat wisata. Lokasi penjualan tahu kuning yang sangat sering di kunjungi adalah Kawasan Jalan Yos Sudarso. Lantaran jalan tersebut menjadi jalur utama antar kota yang sangat sering dilalui oleh pengendara luar Kediri.

Tahu kuning atau tahu takwa ini menjadi pusat oleh-oleh bagi orang yang mengunjungi Kota Kediri. Dengan harga yang bisa dibilang murah, tahu ini dengan satu besek-nya seharga Rp25.000 atau lebih. Tergantung dari tempat produksinya. Biasanya keunggulan produk yang dijual ini terlihat lebih elegan dan tentunya bersih.

Baca Juga: Mirip Soto dan Rawon, Nasi Grombyang Kuliner Khas Pemalang

Jika harga tersebut membuatmu kaget, tak ada salahnya untuk mencari tempat lain yang lebih murah. Ada salah satu kampung tahu yang berletak di Kelurahan Tinalan Kota Kediri menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan tahu bermutu dengan harga yang sangat miring.

Rata-rata tahu di tempat ini dibandrol Rp16.000 saja untuk setiap besek berisi 10 tahu. Di sepanjang Jalan Tinalan Gang IV ini Anda akan dijumpai dengan deretan pembuatan tahu kuning dan putih. Mereka adalah pusat sekaligus penjual yang menyiapkan tahu kuning langsung dari tempat pengelolahan.

Salah satu tempat pembuatan tahu kuning yang kerap disambangi pembeli adalah tahu takwa merek Populer. Di sini anda bisa menanyakan apa saja tentang semua produksi tahu kepada pemiliknya yang ikut serta turun ke lapangan untuk mengolah makanan tersebut. Mulai dari menyaring kedelai, memasukan adonan ke atas tungku api, hingga mencetak tahu berbentuk kotak.

Penulis: Adianto Nugroho 
Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang 

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI