Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMBY Menyelenggarakan Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Digital Marketing dan Promosi Online pada UMKM “Wayang Moeljosoehardjo”

Program Pemberdayaan Masyarakat
Program Pemberdayaan Masyarakat (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Wirobrajan, Yogyakarta – Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta telah melaksanakan program pemberdayaan masyarakat yang mengusung tema Digital Marketing untuk UMKM Wayang Moeljosoehardjo di Kecamatan Wirobrajan, Yogyakarta pada Minggu (26/05/2024) dan Selasa (28/05/2024).

Kegiatan ini dilakukan di toko Wayang Moeljosoehardjo sekaligus kediaman Ibu Luna Wulaningsih selaku pemilik dari UMKM tersebut. Lukman Hakim selaku ketua kelompok dari tujuh mahasiswa tersebut menyampaikan bahwa kegiatan yang akan berjalan adalah mengajak Ibu Luna selaku pemilik untuk meningkatkan penjualan dengan memasarkan produk wayang melalui digital marketing.

Bacaan Lainnya
DONASI

Kami ingin Wayang Moeljosoehardjo dapat memiliki pasar yang lebih luas dan kami akan melakukan pendampingan untuk melakukan promosi penjualan melalui media sosial” ujar Lukman Hakim selaku ketua kelompok pemberdayaan.

Wayang adalah sebuah warisan budaya yang seharusnya kita lestarikan dan kita jaga untuk anak cucu kita nanti. Maka dari itu, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta ingin bersama-sama menjalankan program pendampingan digital marketing ini untuk sama-sama melestarikan budaya wayang dan meningkatkan penjualan Wayang Moeljosoehardjo.

Kegiatan pendampingan ini meliputi sosialisasi dan pelatihan bagaimana cara menggunakan sosial media sebagai objek pemasaran serta pemaparan manfaat dari pemasaran produk Wayang Moeljosoehardjo. Selain itu, tujuh mahasiswa tersebut juga membantu pembuatan konten sosial media, meliputi foto produk dan pembuatan company profile dari Wayang Moeljosoehardjo.

Terimakasih ya mas mbak, soalnya saya ga ngerti instagram apa cuma taunya whatsaap saja dan semoga untuk kedepannya saya menginginkan untuk generasi muda untuk semakin menggiatkan kebudayaan dan tradisi Jawa khususnya wayang kulit dan wayang golek” ungkap Ibu Luna.

Pelatihan pemanfaatan media sosial tersebut diharapkan setelah proses pendampingan selesai, Ibu Luna selaku pemilik Wayang Moeljosoehardjo dapat melakukan proses pemasaran digital dan dapat memperluas jangkauan pasar.

 

Penulis: Thalia Widya Kinasih
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI