Masyarakat Desa Kedamean Gresik Belajar Bercocok Tanam di Lahan Sempit dengan Metode Hidroponik Vertikultur Bersama Dosen dan Mahasiswa Prodi Teknik Sipil UPN Veteran Jawa Timur

Belajar Bercocok Tanam di Lahan Sempit dengan Metode Hidroponik Vertikultur
Dokumentasi Pengabdian Masyarakat di Desa Kedamean Gresik (Dokumentasi Penulis)

Desa Kedamean Gresik adalah salah satu desa yang terletak di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Desa ini dikenal sebagai desa yang produktif dalam sektor pertanian, namun dengan lahan yang terbatas.

Kondisi ini membuat para petani di desa Kedamean harus kreatif dalam memanfaatkan lahan sempit yang tersedia.

Untuk membantu masyarakat desa dalam mengatasi masalah ini, Program Studi Teknik Sipil Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan workshop tentang bercocok tanam dengan metode hidroponik vertikultur (16/03/2023).

Bacaan Lainnya
DONASI

Metode hidroponik vertikultur merupakan salah satu cara bercocok tanam tanpa tanah yang sangat cocok untuk lahan sempit. Dalam metode ini, tanaman ditanam secara vertikal dengan menggunakan media seperti potongan pipa PVC atau botol bekas.

Tanaman diletakkan di dalam pipa PVC atau botol bekas dan diberi nutrisi melalui air yang mengalir pada sistem hidroponik. Kelebihan dari metode ini adalah dapat menghemat lahan, air, pupuk, serta waktu dan tenaga dalam perawatan tanaman.

Kegiatan pelatihan bercocok tanam dengan metode hidroponik vertikultur ini diikuti oleh sekitar 40 peserta dari masyarakat sekitar balai desa Kedamean Gresik yang didominasi oleh ibu-ibu PKK.

Materi diberikan oleh Bapak/Ibu dosen antara lain Ibu Nia Dwi Puspitasari, Ibu Anna Rumintang Nauli, Bapak Nugroho Utomo, Ibu Wahyu Kartini, dan Bapak Iwan Wahjudijanto. Selain itu beberapa mahasiswa Prodi Teknik Sipil juga terlibat yaitu Akhmad Wildan Mukhollad dan Rizal Gunawan.

Kegiatan ini diawali degan pembukaan oleh Kepala Desa Kedamean yang kemudian dilanjutkan oleh pemberian materi dan sesi praktik oleh Bapak/Ibu Dosen.

Sesi materi dimulai dengan sesi penyuluhan mengenai konsep dasar Hidroponik. Para peserta diberikan pengetahuan tentang cara memanfaatkan lahan sempit untuk digunakan bercocok tanam.

Setelah itu, para peserta diajarkan cara membuat dan mengelola hidroponik vertikultur yang efektif serta kiat-kiat agar dapat menghasilkan tanaman yang baik.

Setelah sesi penyuluhan selesai, para peserta diajak untuk praktik langsung membuat hidroponik vertikultur menggunakan pipa PVC yang telah disiapkan oleh panitia.

Dalam kegiatan praktik ini, para peserta diberikan bimbingan oleh dosen dan mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur.

Kegiatan pelatihan dan workshop ini juga diharapkan dapat membantu masyarakat desa Kedamean Gresik dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, melalui kegiatan ini juga diharapkan adanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan memanfaatkan sumber daya alam secara bijak.

Kedepannya, Prodi Teknik Sipil UPN Veteran Jawa Timur akan terus melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Penulis: Akhmad Wildan Mukhollad dan Rizal Gunawan
Mahasiswa Teknik Sipil, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI