Participatory Design: Bagaimana jika Diterapkan pada Sebuah Workshop?

Binis
Participatory Design Workshop.

Participatory Design (PD) atau desain partisipatif merupakan suatu pendekatan desain produk yang melibatkan partisipasi aktif, baik dari peneliti, pengguna akhir, mitra, masyarakat, desainer, karyawan, hingga pemangku kepentingan lainnya.

Memahami Participatory Design Workshop

Inovasi desain dari sebuah produk perusahaan seringkali hanya terbatas pada hasil penelitian saja, sehingga terkadang ide-ide yang dihasilkan hanya berasal dari satu sudut pandang saja, tanpa stakeholder lain.

Dalam proses inilah partisipatory desain yang dikolaborasikan dalam sebuah workshop dibutuhkan, sehingga tidak hanya ide-ide inovasi yang datang dari internal perusahaan saja yang diperoleh, namun juga bisa menjaring ide-ide dari berbagai kalangan. Kegiatan ini juga bisa membantu perusahaan untuk:

Bacaan Lainnya
DONASI
  • Menghasilkan sesuatu yang lebih inovatif dan berpusat pada konsumen;
  • Lebih memahami sudut pandang konsumen mengenai permasalahan atau daya tarik tertentu;
  • Menentukan apakah ada kontradiksi antara keinginan konsumen, keinginan perusahaan, dan apa yang sedang dilakukan;
  • Dapat melihat lebih jauh dari sudut pandang budaya dan politik.

Strategi Participatory Design

Bagaimana cara perusahaan mengungkap kebutuhan yang tidak terpenuhi selama proses desain produk dalam kegiatan workshop? Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan:

Melakukan Pemetaan Perjalanan (Journey Mapping)

Dalam workshop, beberapa peserta diminta untuk menceritakan pengalaman mereka terkait produk, merek, atau layanan dari perusahaan yang telah mereka gunakan. Cara ini dapat menjadi pendekatan alternatif untuk menjawab permasalahan yang ada.

Beberapa perusahaan telah menerapkan metode ini dan hasilnya, dengan menghimpun informasi dalam konteks seluruh pengalaman dari konsumen, menghasilkan hasil yang lebih baik daripada berfokus pada masalah yang ada dan hanya sibuk mencari jalan keluar sendiri.

Magic Button

Magic button merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan untuk mendorong peserta atau konsumen untuk membayangkan pengalaman dambaan mereka ketika menggunakan produk, merek, atau layanan dari perusahaan mereka. Magic button ini membantu para peseta atau konsumen untuk fokus pada kebutuhan “saat ini” mereka.

Brainstorming

Kegiatan brainstorming merupakan cara yang efektif untuk menghasilkan ide-ide segar dan kreatif. Dalam kegiatan workshop, brainstorming dapat dilakukan dengan membuat kelompok acak dan membuat bentuk melingkar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menghasilkan banyak ide dalam waktu singkat.

Keuntungan dari Participatory Design Workshop

Terdapat banyak manfaat dari participatory design workshop, meliputi:

Mengurangi Risiko Kegagalan

Semakin banyak stakeholder yang berpartisipasi dalam proses desain, maka semakin banyak orang yang ikut memeriksa setiap langkah proses dan menemukan kesalahan, sehingga tingkat kegagalan yang dihasilkan akan semakin kecil.

Inovasi

Partisipasi dari lebih banyak stakeholder dapat memperbanyak inovasi dari berbagai sudut pandang. Hal ini kemudian dapat membantu perusahaan, khususnya tim desain untuk mempertimbangkan ide-ide yang sudah dihimpun dan dikolaborasikan dengan hasil akhir yang akan dirancang.

Penulis: 
1. Davin Jonathan Kaba
2. Hans Taffy Putra Hia
3. Josevas Anugrawan Rantelobo Palayukan

Mahasiswa Teknik Sipil, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Editor: Ika Ayuni Lestari     

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI