Bridging Success: Mengembangkan Usaha UMKM Lewat Pemahaman Perizinan Usaha di Desa Tegalgondo

PMM UMM
Dokumentasi Kegiatan PMM UMM (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Kelompok 76 Gelombang 9 PMM Universitas Muhammadiyah Malang melakukan PMM di Desa Tegalgondo Kabupaten Malang dengan Dosen Pembimbing Lapang Bapak Wahyudi Kurniawan, S.H., M.H.Li. Sebagai upaya mengukuhkan komitmennya dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui kegiatan sosialisasi perizinan usaha di Desa Tegalgondo.

Program yang diberi judul “Bridging Success: Mengembangkan Usaha UMKM Lewat Pemahaman Perizinan Usaha di Desa Tegal Gondo” ini merupakan bagian dari Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) UMM, yang bertujuan untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Desa Tegalgondo dipilih sebagai lokasi pelaksanaan program ini karena memiliki potensi UMKM yang cukup besar namun masih terkendala dengan pemahaman yang kurang mengenai proses perizinan usaha.

Bacaan Lainnya
DONASI

Melalui “Bridging Success: Mengembangkan Usaha UMKM Lewat Pemahaman Perizinan Usaha di Desa Tegal Gondo”, Kelompok 76 Gelombang 9 PMM Universitas Muhammadiyah Malang dengan anggota M. Rasyid Eriansyah, Mamuatus Sa’adah, Divka Sekar Bening, Silviyana Woroayu.K, dan Fina Zuhrotul Atiqoh yang kesemuanya dari program studi Ilmu Hukum berupaya menjembatani kesenjangan ini dengan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang proses perizinan usaha kepada para pelaku UMKM di desa tersebut.

Tanggal 1 Februari 2024 Kegiatan sosialisasi dilaksanakan secara interaktif dan partisipatif, melibatkan pemilik UMKM serta pihak terkait seperti perangkat desa dan instansi terkait di tingkat kabupaten.

Berbagai materi disampaikan mulai dari jenis-jenis perizinan yang dibutuhkan, prosedur pengajuan, hingga pentingnya memiliki perizinan usaha dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membuka peluang kerjasama dengan pihak lain.

Selain itu, dalam acara tersebut juga disediakan sesi tanya jawab dan diskusi kelompok kecil untuk memperkuat pemahaman peserta serta memecahkan berbagai permasalahan yang mungkin dihadapi dalam proses perizinan usaha.

Para mahasiswa PMM UMM turut aktif dalam memberikan bimbingan dan dukungan kepada peserta untuk mengatasi hambatan-hambatan yang muncul.

Sebagai bagian dari upaya Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), “Bridging Success: Mengembangkan Usaha UMKM Lewat Pemahaman Perizinan Usaha di Desa Tegal Gondo” juga diharapkan dapat menjadi model yang dapat diterapkan di berbagai desa lainnya, tidak hanya di wilayah Malang namun juga di seluruh Indonesia.

Dengan demikian, UMM terus berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM sebagai salah satu pilar ekonomi yang penting bagi kemajuan bangsa.

 

Penulis: Silviyana Woroayu Kumalawati
Mahasiswa Hukum, Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI