KKN Tematik UPI 2020: Wadah Mengabdi Mahasiswa UPI Menghadapi Pandemi

kkn tematik

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UPI tahun 2020 dilaksanakan pada tanggal 17 Juni – 17 Juli 2020 di tengah-tengah kondisi pandemic COVID-19 yang mulai merebak Indonesia pada awal Maret lalu. Persebaran virus COVID-19 yang begitu cepat meluas ke 34 Provinsi, telah berhasil mengubah tatanan masyarakat Indonesia. Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya pencegahan seperti kebijakan Work From Home, Physical Distancing bahkan hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus.

Pandemic ini tidak menyurutkan UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) untuk tetap meng-Edukasi masyarakat. Universitas dengan latar belakang ‘Pendidikan’ ini, meluncurkan program KKN yang berbeda dari biasanya, tetapi tetap memberikan wadah pengabdian bagi mahasiswa berupa KKN Tematik bertema “Edukasi Covid-19”. Jika pada tahun sebelumnya, mahasiswa terjun langsung ke masyarakat, kali ini UPI mengarahkan mahasiswa nya untuk melaksanakan KKN daring di daerah/ tempat tinggal masing-masing secara individu.

Sesuai dengan tema yang dicanangkan, Universitas Pendidikan Indonesia memberikan 1 program wajib dan menawarkan beberapa program pilihan untuk pelaksanaan KKN Tematik ini yakni; Program Pendataan Penduduk yang terkait dengan upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan sekitar (Wajib) , Program Edukasi pencegahan Covid-19 bagi Siswa TK/PAUD s/d SMA/SMK secara daring, Program Edukasi pencegahan Covid-19 bagi masyarakat, Program yang sesuai dengan kondisi lingkungan mahasiswa berada yang terkait dengan penanganan dan pencegahan Covid-19, dan Program-program yang terkait dengan kebutuhan Pemkot Bandung dan Pemkab Bandung terutama yang berkaitan dengan pendataan masyarakat untuk mendukung penanganan, pencegahan, dan dampak Pandemik Covid-19 secara daring.

Dalam program tersebut terdapat berbagai kegiatan KKN yang dapat dilaksanakan mahasiswa seperti; pembuatan dan penyaluran APD (Alat Pelindung Diri), sosialisasi pencegahan Covid-19 secara daring, membuat komunitas relawan, melakukan advokasi terhadap komunitas relawan dll dengan sasaran siswa dan masyarakat khususnya masyarakat sekitar tempat tinggal.

Universitas Pendidikan Indonesia yang kental dengan ‘Pendidikan’ nya ini, mendukung penuh pemerintah dalam penguatan program pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Bentuk pengabdian ini diharapkan mampu membantu masyarakat baik secara moril maupun materil. Dengan KKN Tematik ini, UPI berhasil menggaungkan ‘Edukasi Covid-19’ di 20 Provinsi di Indonesia. Hal tersebut membuktikan bahwa pendidikan Indonesia mampu dan harus mampu beradaptasi dengan perkembangan IPTEK.

Chandra Kurniawati Dewi
Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Baca juga:
Antusias Ibu-Ibu PKK dalam Mengikuti Sosialisasi Tanaman Obat Keluarga yang Diadakan oleh Tim KKN Unnes 2019
Mahasiswa KKN Desa Getas UNNES Adakan Sosisalisasi Anti Narkoba dan Pergaulan Bebas
Potret Budaya di Desa Ngabeyan bersama KKN Unnes 2019

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI