Mahasiswa PLS UM Mengadakan Sosialisasi Mengenai Parenting Education dengan Melibatkan Ojek Online Perempuan dan DINSOS P3AP2KB Kota Malang

Sosialisasi Mengenai Parenting Education
Dokumentasi bersama Ibu Ojek Online Prempuan, Ibu DINSOS P3AP2KB, serta Mahasiswa Universitas Negeri Malang (Sumber: Penulis)

Kamis, 11 Mei 2023 telah dilangsungkan program dari mahasiswa magang Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang angkatan 2020.

Kegiatan magang ini dilaksanakan dengan kegiatan kajian rutin dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Malang.

Program yang dilakukan oleh kelompok magang kami yaitu sosialisasi mengenai parenting education. Program sosialisasi ini berjudul “Membangun Kedekatan antara Orang Tua Karir dan Anak melalui Gaya Komunikasi dan Bentuk Perilaku Sehari-hari”.

Bacaan Lainnya
DONASI

Acara ini berjalan sekitar tiga jam yang dimulai dari pukul 13.00 – 15.00 WIB bertepat di Gedung MCC (Malang Creative Center) lantai 5.

Penggabungan pelaksanaan dua kegiatan ini dikarenakan sasaran yang kami ambil sama dengan kegiatan tersebut, untuk peserta sosialisasi yaitu perempuan yang berprofesi sebagai ojek online.

Mereka juga sudah menjadi mitra dari Bidang Pemberdayaan Perempuan DP3AP2KB yang diberi nama GASPOL (Gerakan Sayang Perempuan Ojek Online). 

Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan DP3AK Provinsi Jawa Timur, Pengurus NU Cabang Kota Malang, serta IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia).

Adapun susunan acara pada hari itu yakni pembukaan, pembacaan Istighosah yang dipimpin oleh Pengurus NU Cabang Kota Malang, sambutan perwakilan pengurus IWAPI, serta penyampaian sosialisasi, pembagian sertifikat, pembagian nasi kotak dan snack, serta sesi dokumentasi.

Sosialisasi yang diselenggarakan oleh mahasiswa mengundang pemateri dari Mahasiswa S2 Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang yakni Ibu Savira Widya Puspitasari, S.Pd. Moderator pada sosialisasi ini yaitu Aisyah Dea Lestari, salah satu anggota kelompok magang kami.

Foto Pembukaan Kegiatan Kajian Rutin dan Sosialisasi

Setelah penyampaian materi, sesi selanjutnya yaitu tanya jawab dengan dibuka beberapa pertanyaan oleh moderator.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini dengan dibuktikan pengajuan pertanyaan yang sangat bagus dan relevan dengan materi.

Satu persatu pertanyaan dijawab oleh pemateri dengan jelas, sehingga peserta mendapat pengetahuan tambahan lagi dari pertanyaan yang disampaikan.

Foto Sesi Tanya Jawab

Sesi tanya jawab telah selesai, beralihlah kegiatan pada pemberian sertifikat kepada peserta dan pemateri. Dan tak lupa kami melakukan sesi pengambilan dokumentasi bersama dengan seluruh yang hadir pada ruangan tersebut.

Pada penghujung kegiatan, kami melakukan evaluasi dengan mewawancarai salah satu peserta yang hadir dalam ruangan. Adapun tanggapan dari salah satu peserta terkait acara yang kami lakukan yaitu Ibu Ulfa sangat positif.

Beliau mengatakan bahwa perlu diadakannya program parenting education ini untuk para perempuan berkarir yang harus juga menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga.

Beliau juga mengatakan bahwa mendapat keuntungan ikut berpartisipasi mengikuti kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas diri sebagai seorang ibu.

Foto Pemberian Sertifikat

Penulis:

  1. Aditya Nur Widi Hajizah
  2. Frita Idkhariza Abidin
  3. Poppy Sonia Rahayu

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI