Manajemen Waktu?

Time Management
Ilustrasi Manajemen Waktu (Sumber: Ilustrasi dari Penulis)

Manajemen waktu ialah proses perencanaan/pengendalian waktu yang digunakan untuk melakukan aktivitas tertentu.

Praktek manajemen waktu mungkin dapat ditemukan mulai abad ke-18, ketika Benjamin Franklin, salah seorang pendiri Amerika Serikat,  yang mengembangkan kebiasaan untuk menjadwalkan aktivitas sehari-harinya.

Benjamin dikenal sebagai seoorang yang sangat produktif terkait profesinya sebagai negarawan, politisi, maupun ilmuwan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Sejarah manajemen waktu dapat disebut sebagai sebuah proses pencapaian tujuan utama kehidupan sebagai hasil dari penyampingkan kegiatan yang tidak penting.

Manajemen waktu juga memiliki peran penting di dunia, karena kemampuan manajemen waktu sangat diperlukan oleh manajer-manajer, karyawan-karyawan, hingga orang-orang yang bekerja dengan waktu.

Berikut adalah beberapa tips dan cara untuk melakukan manajemen waktu yang baik:

1. Membuat daftar tugas (to-do list)

Buatlah daftar tugas yang harus dikerjakan dan urutkan berdasarkan prioritasnya. Hal ini akan membantu Anda untuk fokus pada tugas yang paling penting juga  mendesak.

2. Menghindari gangguan

Gangguan seperti ponsel, media sosial, atau email selama bekerja. Hal ini akan membantu Anda untuk fokus pada tugas yang sedang dikerjakan.

3. Kuasai manajemen stres

Manajemen stres dapat membantu Anda untuk mengatasi tekanan dan meningkatkan kinerja. Maka Anda dapat mengelola stres dengan cara yang sehat seperti olahraga, meditasi, atau hobi yang menyenangkan.

4. Menyusun skala prioritas

Menentukan prioritas tugas yang harus dikerjakan, hal ini dapat membantu Anda untuk menghindari tugas yang tidak penting dan fokus pada tugas yang lebih penting/ mendesak.

5. Istirahat secara teratur

Istirahat secara teratur dapat membantu Anda untuk mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas. Cobalah untuk mengambil jeda istirahat setiap 15-30 Menetapkan batas waktu untuk setiap tugas:

Tetapkan batas waktu yang realistis untuk menyelesaikan setiap tugas. Hal ini sangat membantu Anda untuk menghindari penundaan dan menyelesaikan tugas tepat waktu menit untuk menghindari kelelahan.

6. Pelatihan manajemen waktu

Pelatihan manajemen waktu dapat meningkatkan kemampuan manajemen waktu dan meningkatkan produktivitas. Anda dapat mencari pelatihan manajemen waktu yang tersedia di tempat Anda tinggal atau tempat kerja.

Manajemen waktu yang baik dapat membantu kita untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Dengan menerapkan tips dan cara di atas, kita dapat mengelola waktu dengan lebih baik dan mencapai tujuan dengan lebih efektif. Yuk teman-teman mulai hidup produktif dengan memulai manajeman waktu.

 

Penulis: Yenni Grace F Butarbutar
Mahasiswa Hukum, Universitas Diponegoro

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI