Manajemen Waktu Ala Mahasiswa Kreatif

Manajemen waktu mahasiswa

Sulit bagi para mahasiswa mengimbangi kebutuhan waktu antara penting dan wajib, begitupun dengan penting namun tidak wajib.

Setiap orang memiliki waktu yang sama yaitu sehari 24 jam yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Namun dalam mengelola waktu ini supaya bermanfaat dengan ideal seringkali kita membuang-buang waktu untuk hal-hal sepele.

Contohnya, makan itu penting dan wajib namun seringkali para mahasiswa mengabaikan ini yang mengakibatkan dampak buruk bagi mahasiswa seperti susah berkonsentrasi, gampang kelelahan, membuat anda makan lebih banyak, meningkatkan risiko tukak lambung, memperparah gejala sindrom iritasi usus, meningkatkan risiko diabetes, menambah berat badan dan menjadi lebih gampang sakit.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca juga: Manajemen Waktu antara Organisasi dan Akademik

Sehingga itu akan merambat dan mengganggu aktivitas lainnya seperti proses belajar. Contoh lain untuk penting namun tidak wajib seperti main gadget untuk buka Instagram, FB, Googgle, You-tube, Game online, Shopee, Tokopedia dan lain-lain. Itu memang penting untuk menghilangkan stress dan rasa bosan namun itu tidak wajib.

Sehingga penting untuk mengatur waktu agar bisa menyelesaikan semua tugas dengan baik dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Dilansir dari Harvard Business Review, managemen waktu adalah proses pengambilan keputusan yang menyusun, melindungi, dan menyesuaikan waktu dengan perubahan kondisi lingkungan.

Mark Zuckerberg  

Mark Zuckerberg

Mari, kita mengacu dari Kisah Sukses Mark Zuckerberg dalam “Mengatur Waktu” Salah satu tokoh yang disiplin dengan waktunya ialah Mark Zuckeberg seorang programmer dan pengusaha yang bergerak di internet.

Berkat kepiawaiannya mengelola waktu, ia masuk dalam nominasi 5 besar orang tersukses di dunia. Aktivitas Zuckerberg setiap harinya terjadwal dengan baik. Pada saat kuliah, ketika waktu kosong digunakan oleh teman-temannya untuk tidur atau bermain.

Zuckeberg malah mencoba menciptakan sesuatu dari dalam kamarnya dan ketika menginjak umur 20 tahun ia sudah memiliki kekayaan sebesar 4 milliar dollar. Sistem manajemen waktu yang diterapakannya ini merupakan keberhasilan tersendiri.

Oleh karena ini apa pun prioritas yang dimiliki, mempelajari cara mengatur hidup dan belajar akan membantu kita semua mencapai tujuan hidup untuk menjadi seseorang yang sukses.

Baca juga: Manajemen Waktu pada Keluarga dengan Ibu Bekerja

Beberapa hal berikut dapat menjadi cara mengatur waktu yang dapat dijadikan acuan:

1. Memiliki Mentalitas Pengembara atau Perantau

Jalani waktu seolah-olah anda sedang merantau, posisikan diri anda hanya memiliki waktu yang terbatas ditempat lain, namun anda harus pulang membawa kabar gembira. Hidup adalah merantau, meskipun dari lahir sampai mati tak beranjak dari kampung halaman sendiri sebab itu buatlah daftar, jadwal target yang jelas untuk aktivitas anda.

2 Memiliki Sikap Penyeberang Jalan

Anda harus menyeberang demi melanjutkan perjalanan, kedua mata anda harus jeli melihat situasi di kanan kiri anda. Pendengaran harus siaga dalam menangkap arah suara kendaraan karena ketika terlambat sedikit saja maka kesempatan dapat hilang seketika dari pandangan.

3 Jangan Pernah Menunda-nunda Pekerjaan

Pekerjaan pagi hari selesaikan di pagi hari, pekerjaan sore selesaikanlah sore hari. Tidak ada pagi dan sore yang sama dalam satu hari. Menunda pekerjaan sama halnya seperti menumpuk beban.

4. Manfaatkan Kesempatan Sekecil Apa pun Demi Kebaikan

5. Membagi Tugas yang Panjang Dalam Kegiatan yang Lebih Kecil

Memecah tugas panjang dapat menjadi teknik yang membantu anda dalam memanajemen waktu. Mungkin anda biasanya enggan mengerjakan tugas yang terlihat banyak dan sulit, namun dengan Teknik pembagian ini akan banyak membantu anda dalam mengelola waktu.

Baca juga: Menyeimbangkan Waktu antara Kerja dan Anak bagi Single Parent, Berikut Penjelasannya

Alasan pentingnya mengatur waktu dalam kehidupan sehari-hari:

1. Mengurangi Stress

Dikutip dari The Stress Management Society, manajemen waktu membantu seseorang mengurangi stress jangka panjang dengan memberikan arahan ketika seseorang memiliki terlalu banyak pekerjaan.

Manajemen waktu yang buruk menyebabkan pekerjaan jadi menumpuk, menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan tidak selesainya suatu pekerjaan. Hal tersebut dapat menyebabkan stress jangka panjang maupun angka pendek.

2. Lebih Fokus

Mengatur waktu sangat penting ketika seseorang memiliki banyak tugas. Pengaturan waktu mengatur tugas mana dahulu yang harus dikerjakan, sehingga seseorang bisa lebih fokus terhadap satu pekerjaan dibanding mengerjakan semuanya dalam waktu yang sama.

Manajemen waktu yang buruk dapat mengakibatkan stress juga kecemasan. Berdasarkan situs dari Healthline, kecemasan meningkatkan risiko mata kering yang dapat menyebabkan pengelihatan kabur. Pengelihatan kabur, membuat seseirang tidak fokus terhadap apa yang dikerjakan.

3. Meningkatkan Produktivitas

Pengaturan waktu yang baik dapat meningkatkan produktivitas dalam tugas atau pekerjaan. Hal tersebut karena pengaturan waktu memberi daftar tugas yang harus dikerjakan beserta waktu pengerjaannya berdasarkan prioritas tugas yang harus dikerjakan.

4. Mengurangi Sifat Menunda-nunda Pekerjaan

Jadwal yang jelas membuat seseorang terhindar dari menunda-nunda pekerjaan. Dibandingkan hanya bermain ponsel atau bermalas-malasan, mengatur waktu membuat seseorang lebih semangat untuk mengerjakan tugas. Sehingga waktu yang dimiliki dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih banyak dan juga berkualitas.

5. Mengurangi Penundaan

Mengatur waktu memberikan jadwal tugas apa saja yang harus selesai pada tenggat waktu sekian. Hal tersebut membuat seseorang cenderung mengerjakan tugas untuk memenuhi target dibanding menunda-nunda tugas tersebut. Karena ia sadar, jika menunda pekerjaa, tugas tersebut tidak akan selesai dan akan memengaruhi keseluruhan jadwal yang telah dibuat.

6. Meningkatkan Keterampilan Kerja

Alasan terakhir pentingnya mengatur waktu adalah karena mengatur waktu dapat meningkatkan keterampilan kerja. Dilansir dari The Balance Small Business, manajemen waktu meningkatkan keterampilan dalam penetapan tujuan, perencanaan, penentuan prioritas, pengambilan keputusan, juga pembuatan jadwal.

Penulis: Siska Renia Silitonga
Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Binawan

Dosen: Apriani Riyanti, S.Pd., M.Pd.

Referensi

https://www.kompas.com/skola/read/2021/09/21/120000669/alasan-pentingnya-mengatur-waktu?page=all#:~:text=Mengatur%20waktu%20sangat%20penting%20ketika,dapat%20mengakibatkan%20stress%20juga%20kecemasan.
http://warungcurhat.com/2017/09/kisah-sukses-mark-zuckerberg-mengatur-waktu/
https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/akibat-telat-makan/

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI