Meningkatkan Aspirasi Warga Sememi Melalui Jum’at Curhat Polsek Benowo Surabaya

Mahasiswa dan Kasi Humas Polsek Benowo Surabaya (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Magang merupakan komponen kurikulum yang mengharuskan mahasiswa untuk menjalankan praktik kerja di suatu organisasi atau perusahaaan sebagai persyaratan penyelesaian studi.

Magang ini bertempatkan di Polsek Benowo Surabaya mulai pada tanggal 09 Agustus 2023 hingga 12 September 2023. Magang ini dibimbing oleh Kasi Humas Polsek Benowo Aipda Sukardi dan Bripka Leo.

Humas Polsek Benowo mempunyai kegiatan rutin yang dilakukan setiap jum’at bersama para warga daerah Sememi untuk menampung aspirasi para anak muda maupun orang lanjut usia dengan tujuan membangun daerah Sememi.

Bacaan Lainnya
DONASI

Cara yang dilakukan Humas Polsek Benowo yaitu mengadakan acara pertemuan seperti di Yayasan, rumah warga, warung kopi, maupun rumah makan.

Kegiatan Jum’at Curhat di Giras 72 Jalan Sememi Surabaya

Tim magang terdiri dari 2 orang dan bertempat di Polsek Benowo Surabaya. Kegiatan yang dilakukan selama magang meliputi melakukan editing video dan membuat kampanye, melakukan kegiatan Jum’at Curhat yang dilaksanakan setiap hari Jum’at, melaksanakan patrol rutin dengan bantuan anggota Humas Polsek Benowo.

Kegiatan magang ini meningkatkan kemampuan dan memberi kesempatan mahasiswa magang belajar hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Saat magang berlangsung saya membuat konten kampanye tentang kegiatan memperingati hari tertentu, seperti memperingati hari kemerdekaan Indonesia, memperingati hari Pramuka, dan lain lain.

Tak hanya membuat konten kampanye saja, saya melihat bagaimana kegiatan polisi dari pagi hingga sore hari.

Kegiatan yang paling saya sukai adalah kegiatan jumat curhat, karena kegiatan ini meyakinkan bahwa polisi peduli dengan Masyarakatnya.

Sebelum Saya melakukan magang di Polsek Benowo, Saya menganggap semua polisi selalu bersikap serius dan keras. Namun nyatanya disaat jam-jam istirahat Polisi juga seperti Masyarakat pada umumnya.

Masyarakat yang melihat polisi itu bersifat kaku dikarenakan polisi menjaga keprofesionalnya dalam bekerja, jika seseorang tidak berbuat salah maka sebaiknya tidak perlu takut untuk berinteraksi dengan polisi. Justru polisi menerima semua curhatan dari Masyarakat sekitar.

Dari sinilah Saya mendapatkan ilmu baru dari kepolisian dari dalam maupun luar untuk bekal kedepannya.

Saya berterima kasih kepada seluruh Pihak Kepolisian Polsek Benowo telah memberi kesempatan Saya untuk magang. Saya berharap ilmu yang Saya terima dapat berguna bagi Saya dan orang lain di sekitar.

#KomunikasiUntag

#KitaUntagSurabaya

#UntukIndonesia

#UntagSurabayaKeren

Penulis: Muhammad Fauzan Fawwaz
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI