Meningkatkan Kenyamanan Termal Masjid: Pengaruh Penggunaan Windows Film

Bandung – Masjid Jami’ Al-Ukhuwah di Bekasi telah melakukan langkah-langkah inovatif untuk meningkatkan kenyamanan termal bagi jamaah, khususnya pada waktu beribadah di siang hari. Sebuah penelitian yang dilakukan di masjid tersebut mengungkapkan upaya menggunakan windows film dan penambahan alat penyejuk ruangan sebagai solusi utama.

Jamaah  Kegerahan

“Sejumlah jamaah masjid mengungkapkan ketidaknyamanan mereka saat beribadah di siang hari, terutama terkait suhu tinggi dan kurangnya kenyamanan termal di dalam masjid yang dapat memengaruhi khusyuknya ibadah, setelah mendengar hal tersebut dengan didukung oleh program MBKM, kami inisiatif membantu masjid meningkatkan kenyamanan beribadah dengan pemasangan windows film di seluruh area jendela,” ungkap Allfi dan Teman-temannya.

Pelaksanaan Kegiatan

Salah satu Masjid di Bekasi menjadi objek utama dilaksanakannya kegiatan ini. Dengan mengangkat tema “Aksi Kolaboratif Edukasi Perubahan Iklim” sekelompok mahasiswa melanjutkan aksinya.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 Januari 2023 sampai dengan 9 Januari 2023 dengan melakukan beberapa tahapan mulai dari tahap persiapan, pengukuran temperatur dan kenyamanan termal sebelum dan sesudah pemasangan windows film. Setelah itu melakukan analisis menggunakan CBE Thermal Comfort untuk mengetahui apakah setelah pemasangan windows film berhasil mengurangi temperatur di dalam masjid apa tidak. Tenyata hasil pengukuran menunjukan bahwa penggunaan kaca film dengan 60% berhasil mengurangi silau tanpa mengurangi pencahayaan yang cukup.

Masjid Sejuk, Jamaah Khusyuk Beribadah!

Program MBKM ini memberikan dampak yang positif dan bermanfaat bagi jamaah masjid yang ada di Masjid Jami’ Al-Ukhuwah Bekasi, ungkap salah satu DKM Masjid.

“Semoga pengabdian ini memberikan syafaat untuk kita semua. Kami sangat senang dan berterimakasih atas kegiatan seperti ini. Semoga program ini bisa dilakukan di masjid atau tempat ibadah lainnya juga,” ujar jamaah masjid.

Penulis:
1. Rizki Ananda Pratama,
2. Dias Bagus Zanuar,
3. Muhammad Allfi Effendi,
4.  Sephia Isnaini Febrianty
Mahasiswa Prodi Arsitektur, Universitas Pendidikan Indonesia

 

Editor: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

 

 

 

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI