Optimalisasi Peran Mahasiswa KKN UPI melalui Program Kampus Mengajar di SD Negeri 03 Karang Endah

Mahasiswa KKN UPI

Saat ini, Indonesia tengah dihadapkan pada peliknya persoalan pandemi Covid-19. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap beberapa sektor kehidupan salah satunya di bidang pendidikan. Sehingga perlu dilakukan penyesuaian terhadap beberapa kebijakan yang telah ada. Atas dasar tersebut Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia mencanangkan sebuah Program Kampus Mengajar sebagai langkah untuk mengatasi kesulitan yang dialami sekolah baik yang dilaksanakan secara daring maupun luring. Tujuan diadakannya program ini sebagai upaya untuk memberdayakan mahasiswa dalam rangka membantu proses pembelajaran, adaptasi teknologi dan administrasi di sekolah daerah tempat tinggal Mahasiswa.

Baca Juga: KKN Tematik UPI 2021: Pendampingan Peningkatan Kreativitas Anak di Rumah Selama Libur

Widi Septiana Prameswari merupakan salah satu dari 15.000 mahasiswa yang terpilih menjadi bagian dari Kampus Mengajar Angkatan 1 yang berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan Prodi PGSD Kampus Sumedang. Pelaksanaan Program Kampus Mengajar ini dimulai sejak 23 Maret 2021 hingga 25 Juni 2021. Sekolah Dasar yang menjadi tempat Mahasiswa untuk melaksanakan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 adalah SD Negeri 03 Karang Endah yang bertempat di Kecamatan Semendawai Suku III, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Provinsi Sumatera Selatan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Dengan dikepalai oleh satu orang kepala sekolah, 9 tenaga pendidik, 1 operator, 1 kepala perpustakaan dan 1 orang penjaga sekolah. Sekolah ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari 6 ruang kelas, kantor, ruang kepala sekolah, perpustakaan, dapur, gudang, mushola, ruang operator, WC guru dan WC siswa.

Jika ditinjau dari segi proses pembelajarannya, sejak Maret 2021 pembelajaran di SD Negeri 03 Karang Endah dilaksanakan secara luring, hal ini selaras dengan kebijakan dari dinas pendidikan kabupaten Ogan Komering Ulu Timur yang memperbolehkan pembelajaran dilakukan secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sehingga pembelajaran dilaksanakan dengan mode ganjil genap dengan masing-masing pembagian waktu selama 2 jam pelajaran.

Baca Juga: Penguatan Pembelajaran Daring dalam Program KKN – Tematik UPI 2021

Untuk mengefektifkan waktu terkadang pemberian tugas ataupun pembahasan materi diberikan secara online melalui WhatsApp Group. Bukan hanya itu, pada pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1, Mahasiswa tentunya juga mengedukasi siswa terkait Covid-19 yang tengah melanda negeri ini, dengan harapan agar siswa merasa perhatian dan taat terhadap protokol kesehatan.

Titik yang menjadi fokus kajian adalah bagaimana optimalisasi peran mahasiswa KKN UPI melalui Program Kampus Mengajar dalam rangka membantu proses pembelajaran, adaptasi teknologi dan administrasi di sekolah.

1. Proses Pembelajaran

Pada pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021, Mahasiswa KKN UPI mengajarkan materi tentang literasi dan numerasi menggunakan buku tema yang berada di sekolah dan beberapa rujukan dari internet yang relevan dengan pokok bahasan. Selain itu, Mahasiswa juga lebih memfokuskan pada pembelajaran calistung (membaca, menulis dan menghitung) dan juga kegiatan pembelajaran yang bersifat praktik/berpraktik.

Dalam pemberian tugas dan penyampaian informasi terkait persiapan apa saja yang perlu dilakukan dan perlengkapan yang perlu dibawa oleh siswa untuk mengikuti pembelajaran pada pertemuan selanjutnya, terkadang Mahasiswa menginformasikan hal tersebut melalui WhatsApp Group.

2. Membantu Adaptasi Teknologi

Dalam kegiatan adaptasi teknologi, Mahasiswa membantu guru dalam penggunaan beberapa teknologi digital untuk membuat podcast dan menggunakan software untuk melakukan editing video seperti Kine Master, VN, Filmora Go, mengenalkan beberapa laman web seperti word search label dan TTS seperti crossword serta membantu guru membuat sekaligus menggunakan google from dan juga membantu guru dalam menggunakan aplikasi rapor sekaligus mengajarkan guru cara untuk melakukan uploading gambar ataupun video ke sosial media dan mengajarkan cara downloading video Youtube agar langsung terinput dalam handphone ataupun personal computer.

Baca Juga: KKN Tematik UPI 2020: Wadah Mengabdi Mahasiswa UPI Menghadapi Pandemi

3. Membantu Administrasi

Dalam kegiatan membantu administrasi, Mahasiswa membantu mengoreksi jawaban siswa dan mengolah hasil ujian siswa, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,Alphabet Matc, Math Worksheets, Number Flashcards, membuat media pembelajaran berupa Flipchart, membuat LKPD untuk beberapa mata pelajaran. Membuat soal-soal HOTS, membuat kunci jawaban PAS, mengoreksi jawaban siswa dan juga mengolah nilai-nilai siswa.

Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, sekolah, guru, dan juga mengasah keterampilan, pengetahuan, dan sikap Mahasiswa untuk lebih siap dan sigap dalam menjawab berbagai tantangan di masa yang akan datang. Dengan harapan bahwa Mahasiswa mampu mengubah sebuah tantangan menjadi suatu harapan. Menjadi insan yang melek sekaligus peka terhadap keadaan dan memanfaatkan segala peluang untuk menjadi agen perubahan dalam kebaikan. Bersama-sama mewujudkan insan yang berinovasi, cerdas dan unggul.

Widi Septiana Prameswari
Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Editor: Diana Pratiwi

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI