Bazar Mengedukasi, HMJ Jurnalistik UINAM Pasang Lapak Baca dan Pameran Foto

Makassar – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar tahun ini kembali mengadakan kegiatan Pekan Raya Jurnalistik (PRJ) dirangkaikan dengan milad jurusan yang ke-14. Kegiatan ini diadakan selama 4 hari, tepatnya pada tanggal 11 sampai 14 November 2019.

PRJ tahun ini dirangkaikan dengan beberapa kegiatan, mulai dari Opening, Talkshow, Pelatihan Jurnalistik, Lomba, Bazar, Akuistik, dan puncak PRJ sekaligus Closing kegiatan.

Dalam bazar PRJ tahun ini yang bertempat di pelataran fakulas dakwah dan komunikasi UIN Alauddin Makassar, HMJ Jurnalistik khususnya pada Divisi Penelitian dan Pengembangan mengadakan lapak baca selama bazar berlangsung.

Upaya Pengembangan Literasi ini merupakan inisiatif Divisi Litbang HMJ Jurnalistik yang dikoordinir oleh Nur Fadli.

“Sebenarnya pengadaan lapak baca merupakan kegiatan bulanan kami di HMJ, namun karena adanya kegiatan PRJ, kami berpikir saja untuk memasukkan kegiatan yg lebih mengedukasi pada bazar PRJ tahun ini,” tutur Indah selaku Mahasiswi Jurnalistik, Selasa tanggal 12 November 2019.

Indah Kurnia Lestari yang juga merupakan pelayan di lapak baca buku menerangkan bahwa kegiatan ini hanya diadakan sehari atau sekali dalam sebulan. Namun karena adanya PRJ, hanya pada bulan ini HMJ membuka lapak baca selama hari-hari kegiatan berlangsung.

“Perbedaan suasana lapak baca dalam kegiatan ini dengan hari-hari biasanya, hanya terletak pada kefektifannya saja. Pembaca di lapak kali ini  mungkin merasa kurang fokus, karena tempat bacanya dekat dengan akuistik, tapi kita kemblikan lagi dari pengunjung lapak. Ini hanya pendapat pribadi,” tambah Indah.

Di samping pengadaan lapak baca, PRJ juga dirangkaikan dengan kegiatan pameran foto yang bertempat di lantai dasar FDK UINAM.

Pameran foto ini adalah salah satu program yang tidak pernah absen dalam kegiatan PRJ. Desain ruangan pameran foto serta pernak-perniknya yang

 

lain selalu memberikan kesan terhadap siapapun yang melewatinya.

“Pertama kali liat suasana FDK, agak sedikit terkejut, karena mulai dari pintu gerbang sampai masuk ruang lantai dasar desainnya berubah. Untuk Jurnalistik, saya salut atas kreativitas dan inovasinya membuat acara ini lebih terkesan. Setiap tahun ada perubahan baru terutama desain ruang pameran fotonya yg tidak sama dengan tahun lalu. Mudah-mudahan di tahun berikutnya semakin meningkat kegiatan PRJ ini,” tutur Efi Kurnia, Mahasiswi Jurusan Manajemen Haji dan Umrah FDK semester 3.

Foto-foto yang ditampilkan dalam pameran ini merupakan hasil jepretan kamera mahasiswa Jurnalistik yang kesemuanya sarat akan makna. Namun menurut Efi Kurnia, ada sedikit kekurangan pada salah satu foto yg diamatinya, yakni caption yang kurang sesuai dengan foto yang dipajang.

Walaupun demikian, Efi Kurnia tetap memberikan tanggapan yang sangat positif pada kegiatan PRJ dan berharap kegiatan ini banyak memperoleh apresiasi dari berbagai pihak sebagai bentuk dorongan adanya peningkatan kegiatan yang serupa kedepannya.

Amaliah Arwini

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI