Info Statistik, Cara Cek dan Cara Mencari Database Mahasiswa

database mahasiswa indonesia

Database mahasiswa merupakan kumpulan lengkap mengenai semua informasi mahasiswa yang ada pada perguruan tinggi di Indonesia.

Kemendikbud memiliki pangkalan data semua perguruan tinggi yang meliputi data para mahasiswa, jurusan, maupun pada dosen yang mengajar. Sebuah situs resmi untuk bisa menampung semua informasi mengenai semua aspek perguruan tinggi.

Sebagai bentuk dari pertanggungjawaban dari semua institusi pendidikan, setiap perguruan tinggi yang ada di Indonesia wajib melaporkan semua data mahasiswa melalui halaman FORLAP PDDIKTI.

Hal ini juga akan menyangkut semua perkembangan dan kualitas dari setiap perguruan tinggi. Mengingat PDDIKTI ini akan menjadi rujukan bagi siapa pun yang akan mengambil keputusan dengan perguruan tinggi terkait.

Setiap dari mahasiswa juga akan menjadi rujukan atas pengakuannya ketika menimba ilmu dalam sebuah institusi dan atas pencapaiannya selama menjadi mahasiswa.

Bahkan perlu penyelidikan mengenai statusnya kalau seorang mahasiswa tidak tercantum datanya di database PDDIKTI.

Cara Cek Data Mahasiswa di Data Base PDDIKTI

Untuk mencari data mahasiswa pada data base PDDIKTI, bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Silakan kunjungi halaman resmi dari PDDIKTI pada tautan berikut: Halaman Resmi PDDIKTI
  • Kemudian akan tampil halaman beranda dari situs ini. Pilih saja pada cari data kemudian pilih lagi pada menu profil mahasiswa.
  • Lalu akan muncul sebuah halaman khusus untuk pencarian data mahasiswa.
  • Tuliskan kode pada perguruan tinggi. Kalau Anda tidak tahu kode dari perguruan tinggi Anda, silkan tulis namanya saja secara perlahan, nantinya akan tampil secara pelan. Lalu pilih saja perguruan tinggi Anda. Pastikan juga bahwa perguruan tinggi yang akan Anda cek telah terdaftar.
  • Selanjutnya pilih lagi profil Anda, masukkan nama atau NIM Anda.
  • Masukkan kode captcha yang ada, hal ini untuk konfirmasi bahwa Anda manusia dan bukan robot. Jika sudah langsung klik pada cari data mahasiswa.
  • Data akan tampil dan pilih nama.
  • Kemudian profil data detail dari setiap mahasiswa akan tampil secara lengkap.
  • Pilih riwayat studi untuk melihat detail dari setiap mahasiswa terkait bidang studi, tempat perguruan tinggi dan tahun studi.

Apa Kegunaan Data Mahasiswa di PDDIKTI ?

Banyak yang masih mempertanyakan dan penasaran dengan kegunaan dari kumpulan info data yang resmi dari Kemdikbud ini.

Secara resmi memang data base ini telah menjadi rujukan untuk apa pun terkait perguruan tinggi. Misalnya saja ingin mendaftarkan diri sebagai PNS, melamar pekerjaan dan melanjutkan jenjang studi ke tingkat selanjutnya.

Dari sini bisa di cek apakah mahasiswa terkait telah ada dan melakukan studi sesuai dengan keterangan atau tidak. Karena telah menjadi rujukan resmi setiap institusi, maka data ini sangat penting.

Bahkan seorang mahasiswa perlu pengakuan khusus kalau datanya tidak ada di FORLAP data base PDDIKTI.

Sebegitu pentingnya data terkait semua kegiatan dan personil di semua perguruan tinggi, perguruan tinggi di Indonesia wajib melakukan pelaporan terkait semua data yang ada. Semua akan menjadi rujukan resmi untuk berbagai hal.

Informasi yang Ada di PDDIKTI

Ada banyak informasi yang bisa diperoleh dari PDDIKTI. Mulai dari mencari data mahasiswa, mencari data dosen dan mencari data setiap perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Informasi mahasiswa pada bagian statistik misalnya bisa menampilkan grafik dari setiap bidang studi. Dengan membaca grafik ini saja, tentu bisa mengetahui jumlah dari mahasiswa yang mengambil bidang studi terkait.

Terlihat juga program studi yang banyak pelajarnya dan paling sedikit pelajarnya. Informasi dosen juga terlihat secara rinci dari setiap perguruan tinggi yang ada.

Misalnya grafik jumlah dosen berdasar jenis kelamin, grafik dosen berdasar ikatan kerja dan grafik dosesn berdasar jenjang pendidikan tertinggi.

PDDIKTI Versi Mobile Android dan Iphone

Cara cek dan cara mencari data mahasiswa, dosen maupun informasi perguruan tinggi ini sekarang bisa melalui aplikasi PDDIKTI. Aplikasi PDDIKTI telah hadir untuk Android dan Iphone yang bisa di install dari Play store dan App store.

Install dan lakukan pengecekan dimana saja dan kapanpun Anda inginkan. Selain itu juga bisa di cek melalui browser baik Android maupun Iphone. Tinggal pada kolom pencarian ketikkan saja nama Anda atau dengan format contoh Andri Universitas Gajah Mada.

Ini kalau tidak ingat dengan NIM Anda. Jangan terburu-buru untuk melakukan klik enter, pada bagian bawah akan ada informasi terkait yang muncul secara perlahan, jika nama Anda muncul langsung saja klik Nama Anda.

Bagaimana Mengenai perubahan data pada PDDIKTI ?

Untuk bisa melakukan perubahan data pada PDDIKTI ini perlu adanya syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Baik mahasiswa yang telah lulus maupun mahasiwa yang masih aktif bisa melakukan perubahan data.

Untuk syarat bagi mahasiswa yang telah lulus meliputi scan ijazah, scan transkip nilai,scan KTP, scan akta, scan kartu keluarga, dan scan surat pernyataan dari dewan pimpinan perguruan tinggi.

Untuk mahasiswa yang merupakan mahasiswa aktif syaratnya meliputi scan dari ijazah, KTP,KTM, Akta, Kartu keluarga dan surat asli dari pernyataan pimpinan perguruan tinggi. Perbuhanan pada NIM juga memiliki syarat meliputi scan ijazah, KTM, Transkip, KHS, Akta, Kartu keluarga, KTP dan surat asli dari pimpinan perguruan tinggi.

Semua syarat tadi harus terpenuhi untuk bisa melakukan perubahan data baik terkait nama atau kesalahan pada dokumen yang ada.

Persyaratan Umum dan Khusus Prosedur Perubahan Data Mahasiswa

Untuk selanjutnya mengenai prosedur dan proses pada perubahan data mahasiswa juga harus sesuai prosedur yang berlaku. Untuk mengubah data mahasiswa ada persyaratan umum dan ada persyaratan khusus.

Persyaratan Umum

Mahasiswa yang akan melakukan perubahan data bisa mengajukan surat pernyataan asli dari pimpinan perguruan tinggi melalui rektor akademik terkait. Selanjutnya, dicantumkan juga alasan mengapa ingin melakukan perubahan data.

Persyaratan Khusus

Nomor Induk Mahasiswa

Persyaratan akan meliputi KTM, KHS dan transkip nilai.

Nama Ibu Kandung

Akta kenal lahir, akta kelahiran atau kartu keluarga.

Nama Mahasiswa

KTP, ijazah ataupun transkip nilai jika memang sudha lulus. Selanjutnya juga dibutuhkan kartu mahasiswa.

Tempat Tanggal Lahir

Akta, KTM dan ijazah jika telah lulus.

Periode Pendaftaran

Surat penerimaan mahasiswa.

Jenis Kelamin

KTP dan KK asli.

Perubahan data kemudian melalui halaman resmi dari FORMLAP PDDIKTI. Kemudian akan dilakukan terkait validasi data dan verifikasi mengenai perubahan yang diajukan. Untuk waktu perubahan biasanya akan membutuhkan waktu verifikasi dan validasi selama maksimal 30 hari.

Ketika memang saat cek data mahasiswa Anda mendapati ada keterangan yang tidak valid. Perubahan data sebaiknya langsung segera ajukan ke pimpinan perguruan tinggi terkait. Ini untuk mengantisipasi kesalahan data pada semua dokumen nantinya. Sebelum banyak dokumen dengan kesalahan, tentu akan lebih mudah mencegahnya sejak dini.

Sekarang bagaimana dengan data mahasiswa Anda? Yuk cek status dan data detail mahasiswa Anda melalui PDDIKTI sekarang juga!

Kirim Artikel

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI