Mahasiswa KKN UPN “Veteran” JaTim Sosialisasi Pengenalan dan Peluang Kerja Dunia IT kepada Anak-Anak Panti Asuhan Al-Mu’min

KKN UPN “Veteran” JaTim
KKN UPN “Veteran” JaTim

Dalam upaya memberikan akses dan pemahaman mengenai teknologi kepada anak-anak panti asuhan, sebuah acara sosialisasi yang bertujuan untuk memperkenalkan dunia digital telah diselenggarakan di Panti Asuhan Al Mu’min, Lidah Kulon, Surabaya.

Kegiatan ini diinisiasi oleh mahasiswa KKN Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur yang berkomitmen untuk membantu anak-anak yang kurang beruntung dalam menghadapi perkembangan teknologi yang begitu pesat.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh anak-anak panti asuhan serta pengurus dari panti asuhan Panti Asuhan Al-Mu’min.

Di mana dalam kegiatan tersebut, mahasiswa KKN memberikan sosialisasi mengenai pemahaman dasar tentang perangkat elektronik, internet, bagaimana cara memanfaatkan internet untuk hal-hal positif untuk pengembangan diri, serta pengenalan karier dalam dunia IT.

Selain pemaparan materi mengenai sosialisasi teknologi, para mahasiswa KKN juga membuat sebuah permainan yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan. Permainan ini bertujuan agar dapat membahas kembali materi-materi sebelumnya, namun dikemas dengan cara yang menyenangkan.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ibu Reisa Permatasari menyatakan bahwa edukasi mengenai teknologi kepada generasi muda itu penting agar anak-anak dari panti asuhan dapat mengerti serta memahami apa dampak negatif dan positif dari internet dan bagaimana kita bisa memanfaatkan hal tersebut bagi pengembangan diri.

Acara ini diharapkan dapat membangkitkan minat anak-anak terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memberikan mereka bekal untuk menghadapi tantangan di era digital. Selain itu, kegiatan ini menjadi contoh bagi panti asuhan lainnya untuk melibatkan teknologi sebagai bagian dari pembinaan anak-anak.

Dengan adanya sosialisasi semacam ini, semoga anak-anak panti asuhan dapat memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai teknologi, membuka peluang pendidikan dan pekerjaan di masa depan, serta meningkatkan kemandirian mereka dalam menghadapi perubahan zaman.

Penulis: Dhiya’ Ulhaq Ahmad Ramsi dan RM Mohd. Pujangga Kharisma Putra
Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI