Seni sebagai Jalan Baru: Program Kreatif Mahasiswa dari IPB University untuk Remaja Tunarungu di SLB N Bogor

PKM
Program Kreatif Mahasiswa dari IPB University.

Lima mahasiswa dari IPB University melaksanakan Program Kreatif Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat di SLB Negeri Bogor dengan judul “Turn It Better: Art Therapy sebagai Coping Mechanism serta Alternative Side Job pada Remaja Tunarungu dengan Metode Renung Latih Telaah”. Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan emosional serta keterampilan alternatif bagi remaja tunarungu.

Program ini berfokus pada art therapy sebagai coping mechanism (pengelolaan stres) dan juga sebagai alternatif pekerjaan sampingan bagi remaja tunarungu.

Metode yang digunakan adalah “Renung Latih Telaah”, yang merupakan pendekatan unik untuk membantu para siswa dalam mengekspresikan diri melalui seni, serta mengembangkan keterampilan yang dapat menjadi sumber penghasilan tambahan.

Bacaan Lainnya
DONASI

Selama beberapa minggu, 5 mahasiswa IPB University berkolaborasi dengan guru-guru di SLB N Bogor untuk melaksanakan berbagai kegiatan seni seperti melukis, membatik, membuat tie dye, membuat ecoprint, dan mendesain di Canva.

Para remaja diajak untuk mengekspresikan perasaan dan pengalaman mereka melalui seni, dengan bimbingan langsung dari mahasiswa dan guru-guru di SLB.

Menurut salah satu siswa, kegiatan ini sangat membantu mereka untuk menemukan cara baru dalam mengekspresikan diri.

“Satya mau bilang terima kasih yang banyak untuk kakak-kakak IPB. Saya senang belajar membatik dan melukis. Saya senang bertemu dengan kakak-kakak IPB,” ujar Nida, salah satu siswa tunarungu.

Para guru juga menyambut baik program ini. Mereka melihat perubahan positif dalam sikap dan perilaku siswa setelah mengikuti terapi seni.

Dengan suksesnya program ini, diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak institusi pendidikan dan komunitas untuk mengadopsi terapi seni sebagai bagian dari kurikulum mereka. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat membuka peluang bagi para remaja tunarungu untuk mengejar karier di bidang seni, sekaligus memberikan mereka keterampilan yang bermanfaat di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Semakin Kritis dan Kreatif, Intip Keseruan Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur Mengikuti Program Studi Independen Bersertifikat Digital Marketing Bersama Productzilla Academy!

Program “Turn It Better: Art Therapy sebagai Coping Mechanism serta Alternative Side Job pada Remaja Tunarungu dengan Metode Renung Latih Telaah” membuktikan bahwa dengan pendekatan yang tepat, setiap individu dapat diberdayakan untuk menghadapi tantangan hidup dan menemukan jalan menuju kesuksesan dan kebahagiaan.

Para mahasiswa berharap bahwa inisiatif ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat jangka panjang bagi para remaja tunarungu di SLB N Bogor.

Penulis: Mirlan Sujana
Mahasiswa Matematika IPB University

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.