Dampak Mencekam Kelebihan Dosis Obat pada Tubuh Manusia

Kelebihan Dosis Obat pada Tubuh Manusia
Ilustrasi Kelebihan Dosis Obat (Sumber: Media Sosial dari freepik.com)

Di balik kemajuan dunia medis yang luar biasa, melebihi dosis obat menimbulkan risiko. Dalam dunia kimia, kelebihan dosis obat adalah masalah serius yang dapat berdampak negatif pada kesehatan manusia.

Semua obat dalam bentuk pil atau sirup menjanjikan kesembuhan, tetapi juga memiliki risiko yang mengerikan jika dosis yang aman terlampaui.

Untuk menentukan dosis yang tepat dan efektif untuk setiap obat yang diresepkan oleh dokter, banyak penelitian dan uji klinis telah dilakukan. Tetapi tubuh melakukan perang kimia ketika seseorang melampaui dosis yang disarankan.

Setelah obat masuk ke dalam tubuh, komponennya yang aktif berinteraksi dengan sel-sel dan sistem biologis untuk mencapai efek penyembuhannya. Kelebihan dosis dapat mengganggu keseimbangan ini dan menyebabkan reaksi yang berlebihan atau efek samping yang merugikan.

Sebagai contoh, antibiotik yang dikonsumsi dalam dosis yang melebihi anjuran dokter dapat membunuh bakteri yang merugikan dan juga dapat merusak bakteri baik dalam tubuh. Ini dapat mengganggu flora usus dan menyebabkan masalah pencernaan yang serius.

Dosis berlebihan obat seperti analgesik atau antiinflamasi nonsteroid dapat merusak organ penting seperti hati atau ginjal. Keracunan juga dapat terjadi karena kelebihan dosis, terutama pada obat-obatan tertentu yang rentang keamanannya terbatas.

Selain itu, melebihi dosis obat tertentu dapat menyebabkan efek samping yang lebih serius. Contohnya, penggunaan obat penenang atau obat tidur yang berlebihan dapat menyebabkan depresi pernapasan atau bahkan koma.

Namun, kelebihan dosis tidak hanya terkait dengan obat resep; penggunaan obat bebas, seperti analgesik OTC, juga dapat berbahaya bagi kesehatan. Obat-obatan ini dapat dibeli tanpa resep, sehingga beberapa orang mungkin menganggapnya aman. Namun, mengambil lebih dari dosis dapat menyebabkan efek negatif yang serius.

Untuk tetap sehat dan aman, selalu ikuti petunjuk dokter dan informasi dosis yang tertera pada kemasan obat. Jika Anda mengalami ketidaknyamanan atau efek samping yang tidak biasa, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Kebijaksanaan dalam penggunaan obat dalam kimia adalah penting untuk menghindari bahaya yang dapat timbul akibat dosis yang berlebihan.

 

Penulis: Aisyah Ramadhani
Mahasiswa Kimia, Universitas Negeri Padang

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI