Jakarta – Ferdiyan Textile, salah satu toko yang menjual bahan celana dan seragam di kawasan Cipadu melakukan perluasan promosi melalui digital. Kegiatan ini digelar oleh Mahasiwa Universitas Mercu Buana, yaitu Sevila Zahra Nur Mulia, Jihan Nur Shadrina, dan Ananda Ferdian sebagai bagian dari mata kuliah “Kuliah Peduli Negeri”. Dengan memanfaatkan TikTok dan Instagram, promosi dilakukan melalui produksi konten yang menjual dan mencerminkan identitas Ferdiyan Textile.
Ferdiyan Textile atau yang juga dikenal dengan Farhan Textile sendiri merupakan usaha tekstil yang sudah berjalan selama 2 generasi. Di masa COVID-19, Ferdiyan Textile sempat melakukan promosi di Instagram, namun karena kurangnya pemahaman mengenai pengelolaan media sosial, akun tersebut hanya diketahui beberapa pelanggan setia.
Mengetahui kondisi tersebut, ketiga Mahasiswa Universitas Mercu Buana berinisiatif untuk membantu mengelola promosi digital milik Ferdiyan Textile. Promosi digital diawali dengan survei target pasar, penyusunan konsep, dan pembuatan rencana konten.
Setelahnya, ketiga Mahasiwa Universitas Mercu Buana tersebut melakukan pengambilan konten secara langsung di lokasi. Video atau foto yang berhasil diambil kemudian masuk ke tahap penyuntingan sebelum akhirnya diunggah di media sosial.
Baca juga: Mahasiswa UNTAG Surabaya Magang di ORIN, Ikut Dukung Produksi Konten Digital
Kini calon pelanggan maupun pelanggan setia toko Ferdiyan Textile sudah dapat mengakses TikTok @farhan.textile dan Instagram @ferdiyantextile_ untuk melihat katalog, tips, dan konten promosi lainnya. Pelanggan pun dapat mengirimkan pertanyaan seputar produk melalui komentar ataupun direct message.
Tampilan Akun TikTok dan Instagram Ferdiyan Textile atau Farhan Textile (Sumber: TikTok @farhan.textile & Instagram @ferdiyantextile)
Berkat kegiatan promosi digital, Ananda selaku anak pemilik Ferdiyan Textile mengaku tokonya menjadi banyak dikenal khalayak luas, tidak seperti sebelumnya. Ananda juga bersyukur karena telah dibantu mengelola media sosial.
“Terima kasih kepada rekan-rekan Mahasiswa Mercu Buana, karena sejak ada bantuan, usaha saya dan orang tua saya jadi lebih dikenal banyak orang. Mereka bantu saya bikin, dari konten promosi, foto produk, sampai mengatur media sosial di toko saya,” ucap Ananda.
Sevila Zahra sebagai ketua kelompok juga menyatakan rasa bahagianya karena dapat berpartisipasi membantu UMKM lokal seperti Ferdiyan Textile. Ia berharap agar di masa depan Ferdiyan Textile senantiasa ramai dan berkembang di tengah persaingan UMKM yang ketat.
“Alhamdulillah kita senang karena bisa bantu Ferdiyan Textile untuk memperluas promosinya melalui TikTok dan Instagram. Semoga kedepannya toko ini semakin ramai dan terus berkembang di tengah persaingan industri UMKM lokal yang semakin ketat,” ujar Sevila.
Penulis: Sevila Zahra Nur Mulia
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Mercu Buana Jakarta
Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News