Mahasiswa Komunikasi UMM Tawarkan Solusi Inovatif Terkait Meningkatkan Branding Madrasah Qita

Branding Madrasah Qita
Dokumentasi Kegiatan Mahasiswa Komunikasi UMM (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Kelompok mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Nara Estara, berkolaborasi dengan Madrasah Qita untuk merancang program acara sekolah yang menarik dan inovatif.

Nantinya Nara Estara akan menggunakan sebuah metode (research and development) yang bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dari Madrasah Qita baik internal maupun eksternal. Hasil penelitian yang telah kita lakukan akan dipresentasikan kepada Madrasah Qita dan dosen UMM pada Penilaian Tengah Semester (PTS) genap.

Acara presentasi (pitching) yang telah dilaksanakan pada 13 Mei 2024 di Sekolah Madrasah Qita, dimana nantinya kita akan memaparkan ide kreatif yang telah dirancang sebelumnya dan akan dinilai oleh dosen UMM serta perwakilan Madrasah Qita. Pitching ini merupakan bagian dari mata kuliah Praktikum Public Relations 3.

Bacaan Lainnya
DONASI

Dosen mata kuliah Public Relations, Jamroji S.Sos, M.Comms, menekankan pentingnya kemampuan mahasiswa dalam mempersiapkan konsep dan mampu mempresentasikan program acara yang menarik dan sesuai dengan target audiens.

Keunggulan adalah segala sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang lain,” ujar Jamroji.

Kelompok Nara Estara akan mempresentasikan ide kreatif ke dalam  program acara Madrasah Qita. Ide yang meliputi:

1. Pra Acara:

  • “Qita Prologue” kegiatan yang unggul dalam akhlak yaitu berbuat baik meskipun tidak dibaikin.
  • Adab dan perilaku yaitu sebelum makan dahulukan berdoa.

2. Main Acara:

  • “Qita Raya” terdapat sebuah event di sekolah Madrasah Qita guna meningkatkan Branding dan mencegah kemerosotan akhlak pada anak melalui Tausiyah.

3. Pasca Acara:

  • Qita Workshop” bertujuan untuk publikasi dan pengenalan Madrasah Qita melalui Nilai-nilai akhlak.

Usaha kita adalah mengenalkan Madrsah QITA, Jadi sebaiknya Event dilakukan bertempat di madrasah QITA, agar orang-orang bisa melihat Seperti apa madrsah QITA bagaimana sekolah QITA Jadi kita bisa fokus Branding Akhlak di Madrsah QITA pada orang luar dari awal masuk Madrasah hingga keluar memberikan kesan yang dapat menonjolkan Akhlak itu lebih efektif,” Ujar Laila.

Peserta lomba bisa memilih dan menentukan. seperti kita memilih peserta  dengan latar belakang berbeda dan jika menang, Kita memiliki story telling yang kuat. Terdapat kuota beasiswa gratis guna meningkatkan marketing sekolah dan mau menonjolkan nilai berita seperti apa contohnya: anaknya pintar tetapi tidak mempunyai orang tua atau ada permasalahan ekonomi,” tambah jamroji.

Kolaborasi antara UMM dan Madrasah Qita ini mendapatkan sambutan baik dari kedua belah pihak. Sri Baroroh Atika Yulianty, ST.,MT.,M dan Laila Fitria Zuhratul Fadilah, SH., S.Psi., M.Si perwakilan dari Madrasah Qita, menghargai ide-ide kreatif para mahasiswa dan potensi kolaborasi lebih luas di masa depan.

Dengan adanya program yang dibuat oleh teman-teman Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM kita optimis dapat meningkatkan branding,” Ujar Atika.

 

 

Penulis: Raihan Adreal Ananda
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI