Mahasiswa UIB Gelar Penyuluhan Dampak Internet Bagi Remaja di Perumahan Centre View Batam

Perumahan Center View Batam

Mata Kuliah Pendidikan Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia.

Penyelenggaraan Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia.

Dengan demikian diharapkan mahasiswa mampu menempatkan diri secara tepat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penilaian akhir keberhasilan belajar mahasiswa pada matakuliah ini menggunakan pendekatan acuan patokan dengan unsur penilaian meliputi unsur-unsur kehadiran, tugas-tugas, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca juga: Mahasiswa UIB Gelar Webinar “Internet Aman dan Sehat: Malware” di SMAK AL-Azhar

Dalam Universitas Internasional Batam (UIB) menyediakan mata kuliah Pancasila menyediakan sebuah kegiatan yaitu Pancasila Sosial Experiment Project yang disingkat menjadi (PASEPRO).

Mahasiswa Universitas Internasional Batam telah melakukan proyek ini yang beranggotakan 5-6 orang dalam 1 kelompok untuk mengerjakan proyek mereka sesuai dengan topik masing-masing. Kelompok kami melakukan proyek sosialisasi yang berjudul ”Dampak Baik dan Buruknya Internet Bagi Remaja” dan berikut adalah anggota kami: Joenes Anderson 2141137, Sebastian 2141131, Junaidi 2141106, Kenny 2141069, Jeffry 2141184.

Pemilihan lokasi sebagai objek untuk diterapkan dalam project ini yaitu Perumahan Centre View Batam, Taman Baloi, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Alasan kami memilih lokasi ini sebagai project kami yaitu karena di dalam lingkungan tersebut banyak kenalan remaja-remaja yang duduk di bangku SMP-SMA.

Pemanfaatan internet telah mengubah pola hidup dan budaya manusia dalam belajar, bekerja, berkomunikasi, berbelanja dan aspek lainnya.

Saat ini masyarakat lebih banyak menggunakan internet dalam berkomunikasi seperti surat elektronik, serta jejaring sosial yang dianggap lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Mahasiswa UIB Gencarkan Sosialisasi Perlindungan HAM di SMP Kristen Basic Batam

Pengaruh konten negatif sudah sering diberitakan di berbagai media berupa pemuatan gambar porno, perjudian, penipuan, pelecehan, pencemaran nama baik dan berita bohong.

Selain itu penggunaan jejaring sosial juga memiliki dampak negatif, salah satunya adalah cyberbullying yang biasanya menimpa anak-anak dan sesama remaja.

Bahkan kejahatan dunia maya yang dikenal sebagai cybercrime sudah sampai pada peretasan situs-situs penting dalam negeri.

Untuk menghindari kejahatan di dunia maya, selalu ditekankan prinsip dasar yang harus diketahui dalam menggunakan internet. Prinsip dasar di dunia nyata berlaku pula di dunia maya.

Penggunaan internet secara sehat dan aman perlu ditanamkan semenjak dini melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat.

Hal ini perlu disampaikan untuk menghindari kebiasaan jelek di dunia nyata akan terbawa di dunia maya dan menimbulkan kembali efek negatif di dunia nyata.

Remaja-remaja sekarang pasti sering menggunakan internet untuk aktivitas setiap hari. Kami akan melakukan kegiatan penyuluhan tentang penggunaan internet sehat dan aman agar remaja di perumahan centre view bisa menggunakan internet secara sehat dan aman.

Pelaksanaan kegiatan yang kami ajukan adalah kegiatan penyuluhan dalam bentuk webinar kepada remaja perumahan Centre View Batam.

Kegiatan ini akan kami laksanakan secara online pada tanggal 10 Juli 2022 pada pukul 15.00 WIB. Bahan materi yang akan disampaikan dalam webinar ini adalah dengan tema “Penggunaan internet sehat dan aman”. Dalam kegiatan webinar ini yang melakukan pemaparan materi adalah dari kelompok kami sendiri.

Harapan dari kelompok kami yaitu semoga dengan diadakan sosialiasi ini dapat bermanfaat bagi para remaja yang mengikuti sosialisasi dan juga para pembaca artikel untuk menambah ilmu mengenai penggunaan internet yang aman bagi remaja-remaja.

Laporan Oleh: Kelompok 8 Kelas 2GAME

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI