Pemantauan Coklit Pemilu 2024 di Kecamatan SEI Harapan dan Kelurahan Patam Lestari Kota Batam

Pemantauan Coklit Pemilu 2024
Mahasiswa UIB bersama petugas BAWASLU di TPS 03 dan 04 (Sumber: Dokumentasi Penulis)

Dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) melakukan kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih ke seluruh masyarakat Kota Batam.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kecocokan dan kebenaran data pemilih secara faktual. BAWASLU bekerja sama dengan mahasiswa Universitas Internasional Batam (UIB) dalam pelaksanaan tugas pengawasan dan pendampingan kegiatan Coklit dengan mendatangi rumah-rumah warga secara langsung.

Mahasiswa ditugaskan untuk mengambil sampling data Coklit dengan bimbingan petugas BAWASLU di TPS-TPS yang telah ditentukan di berbagai daerah di Kota Batam.

Bacaan Lainnya
DONASI

Masyarakat setempat memberikan sambutan hangat kepada mahasiswa yang berpartisipasi secara langsung dalam melakukan kegiatan Pemantauan Coklit dalam rangka pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu 2024.

Kegiatan pemantauan Coklit di Kecamatan Sei Harapan dan Kelurahan Patam Lestari bertujuan untuk meningkatkan kualitas data pemilih dan memastikan setiap pemilih yang memenuhi syarat mendapatkan haknya untuk mengikuti Pemilu tahun depan.

Mahasiswa UIB juga mendapatkan kesempatan untuk bersosialisasi dan bekerja sama dengan Pantarlih dan masyarakat setempat guna meningkatkan potensi untuk menjadi mahasiswa yang berkompeten dan berjiwa social, jujur, visioner, cerdas, disiplin, dan bertanggung jawab.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh Mahasiswa Universitas Internasional Batam TA 2022/2023 dalam rangka penyelesaian tugas Mata Kuliah Pancasila.

Kegiatan diawali dengan edukasi singkat dan bimbingan mengenai gambaran besar pelaksanaan kegiatan oleh pihak BAWASLU melalui pertemuan online pada Hari Jum’at, tanggal 3 Maret 2023.

Seusai pelaksanaan apel pagi di hari berikutnya, mahasiswa diberikan arahan mengenai prosedur pelaksanaan kegiatan yang baik dan benar.

Mahasiswa diturunkan ke beberapa daerah Kota Batam secara berkelompok bersama perwakilan dari pihak BAWASLU yang mendampingi pelaksanaan kegiatan pemantauan coklit.

Mahasiswa Universitas Internasional Batam melakukan pendataan dengan metode wawancara kepada warga setempat dengan mengikuti prosedur yang diberikan oleh BAWASLU.

Dengan dampingan dan bimbingan oleh pihak yang terlibat, mahasiswa belajar bekerja sama dengan masyarakat dan memahami pentingnya ketepatan dan keakuratan data warga dengan data pemilih yang tercatat guna mencegah adanya ketidaksesuaian pada daftar pemilih dalam Pemilu tahun 2024.

Pelaksanaan kegiatan ini melibatkan lebih dari 1000 mahasiswa Universitas Internasional Batam yang tersebar ke beberapa kecamatan dan kelurahan di Kota Batam.

Mahasiswa Suku Toraja 2 diberikan kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan pemantauan Coklit kepada warga di TPS 03, 04, 05, 06, hingga TPS 07 yang berlokasi di Kecamatan Sei Harapan dan TPS 45, 46, 47, 48, hingga TPS 52 di Kelurahan Patam Lestari.

Mahasiswa melakukan wawancara singkat mengenai data dan jumlah pemilih bersama warga setempat yang bersedia untuk bekerja sama.

Data yang dikumpulkan kemudian didokumentasi dan dimasukkan ke google form yang telah dipersiapkan pihak Universitas Internasional Batam dan BAWASLU.

Pendataan kegiatan Pemantauan Coklit dilakukan dalam bentuk laporan dan video dokumentasi kegiatan yang diunggah ke media massa.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat membantu tugas BAWASLU dalam memastikan validitas dan keakuratan data pemilih dalam Pemilihan Umum tahun 2024.

Keseluruhan kegiatan Pemantauan Coklit mahasiswa Universitas Internasional Batam berhasil diselesaikan dengan cukup lancar, meskipun muncul beberapa kendala dalam proses pelaksanaan.

Sambutan hangat dari RT, RW, Lurah, dan warga setempat menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk menjalankan kegiatan dengan baik.

Walaupun ada beberapa warga yang tidak bersedia untuk diwawancarai karena adanya urusan dan kesibukan yang lain, sebagian besar warga menyambut kehadiran mahasiswa UIB dan BAWASLU dengan ramah.

Selain membantu meringankan tugas BAWASLU dan Pantarlih, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman berharga dengan berpartisipasi langsung dalam kegiatan ini dan berinteraksi dengan warga setempat.

Pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) merupakan tahapan yang cukup krusial dalam pelaksanaan Pemilihan Umum.

Kegiatan Pemantauan Coklit yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Internasional Batam bersama BAWASLU dan Pantarlih di Kecamatan Sei Harapan dan Kelurahan Patam Lestari dilakukan dengan tujuan untuk memastikan kelengkapan, ketepatan, dan keakuratan data pemilih yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam Pemilu tahun 2024.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi dan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat untuk membantu memastikan setiap pemilih mempertahankan haknya untuk memilih dalam Pemilihan Umum.

Dengan validitas data pemilih yang akurat, proses Pemilu dapat dilaksanakan dengan lancar, kondusif, dan berlandaskan asas Luber Jurdil.

Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan Coklit membantu BAWASLU dan petugas Pantarlih untuk menjamin keakuratan data pemilih tetap agar dapat menghasilkan Pemilihan Umum 2024 yang berkualitas.

Kegiatan ini juga merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar bekerja langsung di lapangan, menumbuhkan rasa nasionalisme, dan mendapatkan pengalaman, serta pemahaman yang baru melalui interaksi dengan warga dan petugas berwenang yang terlibat.

Melalui serangkaian kegiatan yang telah dilakukan mahasiswa bersama petugas BAWASLU dan Pantarlih, kendala dan masalah yang dihadapi masyarakat terkait validitas data pemilih dapat diminimalisir, sehingga setiap warga yang memiliki hak pilih dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan Pemilihan Umum tahun 2024 mendatang dengan baik.

 

Penulis:

  1. Alda Fitriyani Ismail Basar
  2. Lee Kalia
  3. Rosita Tan
  4. Rosalinda
  5. Riski Widiyanti
  6. Madeline Natasha Arifin
  7. Vanesha Brecilia
  8. Harvey Vernando
  9. Muhammad Akbar Nanditama
  10. Muhammad Rasyidin
  11. Rusel Hutajulu
  12. Java Ardiandi Junus Loden
  13. Yoshua Tan
  14. Stenley
  15. Risky Kurniawan

Mahasiswa Ilmu Hukum, Universitas Internasional Batam

 

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI