Sosialisasi Pemanfaatan Gadget pada Anak Sekolah Dasar di Desa Parsaoran

Di era digital ini, gadget telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia, termasuk anak-anak.

Di satu sisi, gadget dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk menunjang pembelajaran dan pengembangan diri anak sekolah dasar.

Namun, di sisi lain, penggunaan gadget yang berlebihan dapat membawa dampak negatif bagi anak, seperti kecanduan, gangguan kesehatan, dan paparan konten negatif.

Bacaan Lainnya
DONASI

Oleh karena itu, penting bagi orang tua dan pendidik untuk mendampingi dan mengarahkan anak dalam menggunakan gadget dengan bijak.

Baca juga: Menghadapi Tantangan Era Digital: Dampak Gadget pada Kesehatan Mental Anak-anak

Seperti yang sudah Tim PKM rasakan dalam menjalani dunia perkuliahan di Universitas Quality, dimana setiap kegiatan perkuliahan menggunakan teknologi (gadget) dan sangat  bergantung pada teknologi masa kini.

Ellis dan Hani sebagai  mahasiswa asistensi mengajar sekaligus TIM PKM di SD Negeri 2 Parsaoran 1 didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) melakukan kegiatan sosialisasi pemanfaatan gadget pada peserta didik tingkat sekolah Dasar yang dimana Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak di SD Negeri 2 Parsaoran 1 tentang pemanfaatan gadget yang bijak.

Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan materi tentang dampak positif dan negatif gadget, serta tips untuk menggunakan gadget dengan bijak.

Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak dapat memahami manfaat dan risiko penggunaan gadget, serta dapat menggunakan gadget dengan bertanggung jawab.

Selain itu, orang tua dan pendidik juga diharapkan dapat lebih aware terhadap dampak penggunaan gadget pada anak dan dapat mendampingi anak dengan lebih baik dalam menggunakan gadget.

Kegiatan PKM ini telah dilaksanakan di SD Negeri 2 Parsaoran 1 dan mendapatkan respon yang positif dari peserta didik dan pendidik.

Peserta didik antusias dalam mengikuti kegiatan dan menunjukkan pemahaman yang baik tentang materi yang disampaikan.

Baca juga: Belajar dan Mengenal UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dalam Rangka Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Gadget dengan Cerdas agar Berdampak Positif bagi Penggunanya

Pendidik juga merasa terbantu dengan kegiatan ini dan mendapatkan informasi yang bermanfaat tentang bagaimana mendampingi anak dalam menggunakan gadget dengan bijak.

Dengan edukasi yang berkelanjutan dan kerjasama yang baik antara pendidik, dan masyarakat, diharapkan anak-anak dapat menggunakan gadget dengan bijak dan mendapatkan manfaatnya secara maksimal tanpa terjerumus ke dalam dampak negatifnya.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan sebagai jalan alternatif mahasiswa universitas Quality sebagai Tim PKM untuk mengenalkan betapa pentingnya mengenal dan memahami teknologi gadget yang sangat membantu pendidikan anak sekolah dasar sebagai bekal mereka untuk dapat menggunakan gadget sesuai perkembangan zaman.

Dan siap dalam menghadapi dunia perkuliahan di masa yang akan datang. Tim PKM dari Universitas Quality mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak sekolah SD Negeri 2 Parsaoran 1 yang telah memberikan kesempatan kepada Tim untuk melakukan kegiatan sosialisasi.

Penulis: Mahasiswa Asistensi Mengajar Universiatas Quality

Dosen DPL : Rinci Simbolon, M.Pd

Mahasiswa Jurusan PGSD, Universiatas Quality

Editor: Anita Said

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.