Tokopedia sebagai Wadah untuk Meningkatkan Penjualan

ilustrasi dari republika.co.id

Dalam hidup di dunia ini manusia pasti memerlukan kebutuhan masing-masing. Tergantung kepada kebutuhan, masing-masing manusia memiliki kebutuhan yang berbeda beda. Dalam memenuhi kebutuhan banyak cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, bisa dengan cara membeli barang sesuatu.

Dalam berjualan ada penjual dan pembeli, penjual bisa mendapatkan untung dari hasil penjualan, sementara pembeli bisa membeli barang yang diinginkan. Berjualan adalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan seseorang yang bisa meningkatkan ekonomi seseorang atau bisa membuka lapangan kerjaan yang luas.

Berjualan bisa dilaksanakan secara langsung atau online, tergantung usaha yang didagangkan seperti apa, contoh berjualan secara langsung yaitu seperti membuka usaha bengkel. Usaha tersebut sangat tidak mungkin membuka usaha secara online.

Bacaan Lainnya
DONASI

Baca Juga: Dapatkah Gojek dan Tokopedia Mempertahankan Merek GoTo?

Contoh usaha online sangatlah banyak, salah satu contohnya yaitu perabotan rumah, masih banyak yang lainnya. Usaha yang bisa dibuka secara online maupun secara langsung salah satunya yaitu dengan berjualan sajadah.

Berjualan memiliki banyak manfaat bagi kalangan orang, selain untuk meningkatkan ekonomi seseorang, dan bisa membuka lapangan pekerjaan yang luas, dan pembeli pun bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan juga, jadi sama-sama untung.

Menurut Zimmerer, pengertian wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan bisnis baru, dan orang yang biasanya langsung berhadapan dengan risiko mampu mengidentifikasikan dalam mencapai keberhasilan.

Tidak hanya selain itu, data orang yang membuka usaha atau berjualan (pengusaha) yang berada di Indonesia saat ini baru sekitar 3,4 persen dari jumlah penduduk yang ada, dan Indonesia masih sangat butuh pengusaha-pengusaha yang bisa membangkitkan ekonomi.

Menurut data juga, Indonesia membutuhkan 14 persen untuk menjadi Negara yang maju. Dengan data tersebut, Indonesia harus memilki pengusaha atau wirausahawan yang banyak agar bisa menjadi Negara yang maju, bukan lagi berkembang.

Baca Juga: Manajemen Bisnis Era Digital dalam e-Commerce

Selain yang sudah disebutkan di paragraf pertama, berjualan atau berwirausaha memiliki keuntungan yang sangat menggiurkan, apalagi di era digital saat ini, berjualan bisa lewat media sosial atau bisa juga menggunakan platform untuk berjualan.

Di era digital ini banyak cara untuk kita membuka usaha lewat online, bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah tidak heran lagi di kalangan masyarakat pada umumnya, yaitu seperti Tokopedia. Bahkan kita bisa membuat wibsite usaha sendiri untuk mempromosikan atau menaruh barang dagangan yang kita jual di website yang sudah kita buat sendiri.

Tokopedia adalah perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi semua unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

CEO Tokopedia semenjak tahun 2009 sampai saat ini adalah William Tanuwijaya, dan sekarang berpusat kantor di Jakarta. Mengapa harus Tokopedia? Karena Tokopedia sudah menjanjikan, selain didirikan pada tahun 2009.

Tokopedia juga terpecaya dan jika ingin membuka toko harus menggunakan verifikasi menggunakan KTP terlebih dahulu, dan selain itu, jika pembeli ingin memesan barang sesuatu, pembeli bisa memilih ekspedisi yang diinginkan, dan barang yang dijual semuanya terpecaya.

Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif E-Commerce & E-Business

Selain itu, kepercayaan orang juga berbeda-beda, hanya beda di persaingan saja, jika kita membuka usaha yang sama dengan orang lain, maka yang membedakan hanya persaingannya saja. Banyak keuntungan yang bisa kita raih dengan membuka usaha lewat Tokopedia, yaitu kita lebih praktis.

Apalagi di zaman pandemi seperti ini, mengurangi mobilitas orang agar kantor atau tempat berjualan kita tetap bersih dan nyaman. Sekarang sudah banyak dompet-dompet digital, jadi kita bisa menghubungkan toko yang kita buat ke dompet digital tersebut, jadi kita bisa menggunakannya kapanpun.

Karena sekarang, membayar menggunakan dompet digital bisa di semua tempat. Keuntungan yang lain ialah kita tidak memerlukan modal yang banyak, karena dengan cukup mengunduh aplikasi seperti Tokopedia, kita dapat membuka toko yang kita inginkan, apalagi pada zaman sekarang sudah banyak di Youtube cara membuka toko secara online.

Selain itu, tidak hanya keuntungan saja, ada juga kerugian dengan membuka usaha lewat Tokopedia, pelanggan atau konsumen bisa complain apabila barang tidak sesuai yang diinginkan. Dengan begitu, toko yang sudah kita buat bisa diberikan bintang 1, dan bisa menurunkan reputasi toko.

Selain itu, kerugian yang lainnya adalah ketika toko lain membuka usaha yang sama dan memiliki reputasi toko yang lebih bagus daripada toko kita, maka pelanggan akan memilih membeli barang tersebut ke toko yang lain. Karenanya kita sebagai penjual harus pintar-pintar dan teliti dalam membuka usaha.

Baca Juga: Pentingnya Database dalam Bisnis, Simak Kegunaannya!

Oleh karena itu, kesimpulannya adalah tergantung keinginan masing-masing untuk membuka usaha secara online atau secara langsung. Tetapi lebih baik membuka usaha secara online, karena mengikuti zaman yang sekarang, dan orang juga rata-rata menggunakan media online semua melalui handpone atau alat teknologi yang lainnya.

Tokopedia menjadi salah satu wadah untuk para wirausaha untuk membuka usaha secara online. Tetapi bagi yang ingin membuka usaha secara online, sebelumnya harus mengetahui pasar yang ada, harus pintar-pintar dalam bersaing dengan orang lain, dan yang terakhir, usaha online memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Penulis: Athar Maulana Ahmad
Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Editor: Ika Ayuni Lestari

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI