Istilah magang mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, karena magang merupakan salah satu rangkaian yang wajib dilakukan dalam menempuh Pendidikan tinggi.
Magang juga dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa ataupun mahasiswi tentang dunia pekerjaan yang sesungguhnya, selain itu juga dapat membantu mahasiswa maupun mahasiswi dalam mempersiapkan diri untuk menentukan masa depan mereka.
Terlibatnya mahasiswa maupun mahasiswi dalam kegiatan magang dapat memahami tuntutan dan harapan dunia pekerjaan, mengembangkan jaringan kontak dengan para pekerja yang sudah profesional, dan mengaplikasikan beberapa teori yang sudah didapatkan dalam dunia perkuliahan.
Baca juga: Menelisik Kebermanfaatan BPJS: Sudahkah BPJS Kesehatan Mencapai Tujuannya?
Saya Septiana Dwi Rahayu mahasiswi yang sedang menempuh Pendidikan tinggi di kampus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, telah memanfaatkan waktu magang selama 1,5 bulan dengan melaksanakan kegiatan magang di Bpjs Ketenagakerjaan kantor cabang Gunungkidul yang beralamat di Jl. KH Agus Salim No.97B, Ledoksari, Kepek, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul.
Saya memilih Bpjs Ketenagakerjaan kantor cabang Gunungkidul sebagai tempat magang saya atas dasar rekomendasi dari teman yang telah melakukan kegiatan magang di Bpjs Ketenagakerjaan kantor cabang Gunungkidul dan kebetulan juga jaraknya agak dekat dari rumah saya.
Waktu melaksanakan kegiatan magang di Bpjs Ketenagakerjaan kantor cabang Gunungkidul saya banyak melakukan berbagai pekerjaan. Beberapa pekerjaan yang saya lakukan berkaitan dengan Sumber Daya Manusia yakni sesuai konsentrasi yang saya ambil.
Salah satunya yakni melakukan kegiatan grebek aplikasi JMO kepada jajaran pemerintah kelurahan di Gunungkidul serta melakukan kunjungan kepada PKBU yang menunggak iuran lalu menanyakan kendala apa yang sedang terjadi pada PKBU.
Baca juga: DPP GMNI: Soal BPJS Adalah Soal Politik Keberpihakan
Kegiatan grebek JMO yakni adalah kegiatan rutin dan sudah dijadwalkan oleh Bpjs Ketenagakerjaan kantor cabang Gunungkidul.
Pada kegiatan JMO kami dari Bpjs Ketenagakerjaan memandu para perangkat desa untuk mendownload aplikasi JMO setelah itu dilakukan pendaftaran akun yang melewati beberapa langkah pengisian data diri maupun pembuatan sandi.
Setelah mempunyai aplikasi JMO para peserta akan mengetahui banyak fitur-fitur menarik di dalam aplikasi JMO. Salah satunya seperti fitur pengecekan saldo dan fitur kartu digital.
Fitur pengecekan saldo yakni salah satu fitur penting karena suatu saat jika para peserta akan melakukan klaim salah satu syaratnya yakni bisa mengetahui saldo di aplikasi JMO.
Banyak hal yang saya pelajari dalam mengikuti kegiatan magang di Bpjs Ketenagakerjaan kantor cabang Gunungkidul seperti melatih keterampilan berbicara saya dengan para peserta, kecekatan saya dalam bekerja dan melatih saya dalam mempergunakan waktu sebaik mungkin.
Selain itu pengalaman magang ini juga memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan interpersonal dan kepemimpinan. Dimana saya sering kali harus bekerja Bersama tim, berkoordinasi dengan rekan kerja, dan berkomunikasi dengan para peserta.
Kantor Bpjs Ketenagakerjaan cabang Gunungkidul selalu menerima anak magang dari berbagai Universitas di Gunungkidul maupun Yogyakarta, maka dari itu untuk mahasiswa dan mahasiswi yang selanjutnya akan melaksanakan program magang bisa melaksanakan kegiatan magang di Bpjs Ketenagakerjaan cabang Gunungkidul.
Karena di sini akan belajar tentang banyak hal yang sangat berguna saat kita sudah lulus kuliah dan menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.
Saya sangat mengucapkan banyak terimakasih kepada Bpjs Ketenagakerjaan kantor cabang Gunungkidul, karena kesempatan magang yang telah diberikan bisa mengubah cara berpikir saya bahwa memang dunia kerja tidak semudah yang dibayangkan.
Tentunya tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada ibu Nala Tri Kusuma, S.E., M.M., CHCM selaku dosen pembimbing magang, karena selama melaksanakan kegiatan magang ibu nala selalu membimbing saya dalam menyusun laporan maupun tugas-tugas lainnya.
Penulis:
1. Septiana Dwi Rahayu
2. Nala Tri Kusuma, S.E., M.M., CHCM
Mahasiswa Manajemen, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Editor: Anita Said
Bahasa: Rahmat Al Kafi
Ikuti berita terbaru di Google News